≡ Menu

Tiga alasan mengapa perlu balik/pindah ke Nikon Z

Nikon akhirnya membuat sistem kamera mirrorless baru dengan nama Nikon Z. Sistem baru ini memiliki sensor full frame. Kelahiran sistem ini membuat saya berpikir, apa keunggulannya dibandingkan dengan sistem yang sudah ada? Sampai saat ini baru ada dua sistem mirrorless full frame yang ada dipasaran, yaitu Sony A7/A9 dan Leica SL. Ulasan spesifikasi Nikon Z sudah dibahas oleh Erwin Mulyadi di artikel ini.

Nikon Z memang generasi pertama, tapi bukan berarti kualitasnya jelek, karena Nikon selama lima tahun belakangan ini aktif memantau dan belajar dari kelebihan dan kekurangan Sony A7 yang diumumkan pertama kali tahun 2013 yang lalu. Saat itu banyak kelemahannya, tapi saat ini Sony sudah sampai generasi ke-3, dan bisa dibilang kameranya sudah matang, lensa juga sudah hampir lengkap.

Tapi lensa memang tidak bisa dikebut semalam suntuk, Nikon butuh waktu setidaknya tiga tahun untuk mengejar ketinggalan, itupun kalau tidak ada kendala dibidang desain dan produksi. Seringkali produksi dan distribusi lensa bisa tertunda, terutama jika sistem kameranya masih baru.

Begini roadmap Nikon Z:

2018: Nikon Z 50mm f/1.8, Nikon Z 35mm f/1.8, Nikon Z 24-70mm f/4

2019: Nikon Z 58mm f/0.95, Nikon Z 20mm f/1.8, Nikon  Z 85mm f/1.8, Nikon Z 24-70mm f/2.8, Nikon Z 70-200mm f/2.8, Nikon 14-24mm f/4

2020: Nikon Z 50mm f/1.2, Nikon Z 24mm f/1.8, Nikon Z 14-24mm f/2.8

Yang menarik bagi saya adalah lensa Nikon Z 58mm f/0.95, biarpun agak besar, lensa ini adalah lensa pertama yang memiliki bukaan sebesar f/0.95 sayangnya cuma manual fokus. Kualitas gambar dan bokehnya mungkin juga akan spektakuler. Sayangnya lensa ini baru akan tersedia tahun depan.

Lensa ini dimungkinkan karena mount Nikon ini sangat besar, bahkan mungkin jika dimasukkan sensor medium format juga sepertinya akan cukup. Dengan mount yang 17% lebih besar dari mount DSLR Nikon F, maka insinyur Nikon bisa lebih leluasa merancang lensa berbukaan besar, berkualitas tinggi dan bisa autofokus, sedangkan Sony yang ukuran mount-nya agak kecil akan menyulitkan insinyur untuk membuat lensa autofokus berbukaan lebih besar dari f/1.4.

Lensa-lensa lainnya saya pikir adalah upaya Nikon untuk membuat duplikat lensa-lensa DSLR yang sudah ada ke sistem Z ini. Jadi kedepannya saya rasa pengguna DSLR Nikon akan digiring untuk pindah ke Nikon Z secara perlahan, cepat dan pasti.

Selain itu, Nikon Z sepertinya akan pas jika kita punya banyak lensa DSLR Nikon AF-S, karena kita bisa pasang ke Nikon Z dengan adapter. Dengan adapter khusus ini, kinerja autofokus, bukaan lensa bisa diatur di kamera secara otomatis sehingga pengalaman memotret akan lebih baik daripada memasang lensa Nikon ke kamera mirrorless lain.

Sebagai ringkasan, ada tiga alasan utama mengapa sistem Nikon Z ini menarik bagi saya dan mungkin sebagian besar pembaca:

  1. Mount lensa besar, memungkinkan lahirnya lensa seperti 58mm f/0.95, 50mm f/1.2
  2. Dengan adapter, kamera ini bekerja dengan baik dengan lensa-lensa DSLR Nikon (F-mount)
  3. Pegangan yang lebih ergonomi, desain antarmuka dan menu yang lebih tertata khas Nikon

Sudah punya kamera tapi ingin belajar mengoperasikan dan belajar fotografi? Boleh belajar privat atau grup, dan bahkan secara online. Periksa jadwal dan topiknya di halaman ini, atau WA 0858 1318 3069

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 9 comments… add one }
  • Aidil September 18, 2018, 1:59 pm

    Apakah bagus hasil gambarnya nikon mirorles menggunakan adapter khusus untuk lensa mirorles, atau menggunakan lensa bawaan nikon mirorles asli.
    Sedangkan lensa nikon mirorles masih sedikit..

    • Enche Tjin September 18, 2018, 2:11 pm

      Hasil gambarnya tergantung kualitas lensanya baik yang mirrorless atau yang DSLR. Tapi yang terbaik tentu yang lensa mirrorless untuk Nikon Z itu sendiri pasti lebih bagus dari segi kualitas gambar, autofokus dan ukurannya juga lebih sebanding.

  • Indra Adhy August 27, 2018, 5:25 pm

    Koh Enche

    untuk lensa DSLR yang tipe AF – D apakah kalau dipasang dengan adapter bisa jalan autofocus dan meteringnya?

    terimakasih

    • Enche Tjin August 27, 2018, 9:16 pm

      Autofokusnya gak jalan alias manual saja. Exposure metering mestinya jalan normal.

      • Indra Adhy August 28, 2018, 8:50 am

        koh Enche

        dengan kata lain hanya lensa AF-S ya yang jalan autofocusnya?

        terimakasih

        • Enche Tjin August 28, 2018, 8:41 pm

          Iya, AF-S jalan, AF-P juga jalan, AF/AF-D, AI, AIS gak jalan.

  • Eric August 24, 2018, 5:54 am

    Sistem AFnya apakah lebih baik (dapat diandalkan) drpd Sony A7iii?

    • Enche Tjin August 24, 2018, 9:13 am

      Sekilas saya nonton reviewnya tidak jelek, tapi apakah lebih bagus saya ragu, mungkin setara atau kurang dikit.

Leave a Comment