≡ Menu

Bahas foto: Foto sunrise dengan kamera ponsel Huawei P20 Pro

Sepuluh tahun yang lalu, apakah Anda percaya bahwa foto diatas dibuat dengan kamera ponsel? Mungkin tidak ya, tapi saat ini teknologi kamera ponsel makin berkembang dan kini jadi memungkinkan dengan ponsel yang memiliki kamera berkualitas tinggi seperti Huawei P20 Pro.

Foto diatas saya buat saat tour foto di Pangalengan pada saat matahari terbit/sunrise. Sebenarnya tujuan saya hanya ingin membuat snapshot saja dengan ponsel ini, karena di saat yang bersamaan saya juga mengunakan kamera Leica SL tapi saya pasang dengan lensa telefoto. Setting kamera diatur otomatis oleh ponselnya yaitu f/1.8, ISO 50, 1/8800 detik.

Saya coba olah di software Adobe Lightroom untuk memperkuat detail, dan ternyata hasilnya masih oke. Biasanya kalau di kamera ponsel yang saya punya sebelumnya jika saya edit biasanya detail-nya kurang, kalau dipaksa malah jadi seperti lukisan cat air.

Apakah kamera ponsel canggih seperti Huawei P20 Pro ini lebih bagus secara teknis dibandingkan kamera bersensor micro four thirds dan APS-C? Dari pengamatan saya, kualitasnya semakin mendekati.

Dulu perbedaannya hanya kira-kira 3-4 tingkat, tapi sekarang sudah makin sempit, sekitar 1-2 tingkat saja. Tapi keuntungan yang kita dapatkan yaitu kenyamanan menggunakannya karena ponsel jauh lebih mudah untuk memotret dan sangat ringan dibandingkan seperangkat kamera, lensa dan tripod.

Lantas berarti pakai ponsel saja sudah bisa foto keren terus dong? Ya, kadang kita harus mengingat-ngingat kembali bahwa fotografi itu tidak hanya gear saja, tapi juga harus didukung oleh ketrampilan dan kreativitas penggunanya.

Happy hunting!


Yuk, tingkatkan ilmu dengan mengikuti kursus/workshop Infofotografi:

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 2 comments… add one }
  • iman September 12, 2018, 10:16 am

    Koh, dgn perkembangan ponsel yg cepat, apa jg nantinya kamera ponsel ini bakalan cepat ketinggalan spt ponselnya?

Leave a Comment