≡ Menu

Bawa apa ke Photokina dan Eropa? (2018)

Seperti yang ceritakan sebelumnya, bulan September ini saya & Iesan akan berkunjung ke Cologne, Jerman dan selanjutnya jalan-jalan ke dua negara Eropa lain yaitu Kroasia dan Austria.

Di Cologne, kami akan berkunjung ke pameran akbar fotografi dua tahunan Photokina. Disana, saya akan banyak mengunakan kamera ponsel saya untuk memotret, yaitu Huawei P20 Pro, karena kamera ini sudah canggih sekali untuk mengambil foto di tempat gelap di indoor dan malam hari.

Tapi saya juga akan berkunjung ke Plitvice, taman nasional yang penuh dengan danau dan air terjun, maka itu saya juga akan membawa kamera utama saya dalam dua tahun terakhir yaitu Leica SL dan dua lensa:

  • Leica SL 24-90mm f/2.8-4 ASPH.
  • Samyang 8mm f/3.5 Fisheye (lensa DSLR) plus adaptor ke L mount.
  • Filter set: Benro CPL + ND 6 stop, 10 stop, GND

Di Plitvice, saya berniat membuat foto-foto slow speed dan perlu pasang filter CPL, jadi lebih praktis mengunakan Leica SL, saya juga akan bawa lensa Samyang 8mm fisheye, tujuan saya untuk memotret interior gereja tua, istana dan katedral yang banyak di kota-kota tua Eropa.

Untuk tasnya, tadinya saya pikir mau bawa tas selempang saja jika bawaannya ringan, tapi karena last minute saya berencana membawa Leica SL juga, maka saya putuskan untuk membawa tas ransel akan lebih mantap. Jadi saya akan kembali membawa tas KATA 467 seperti biasa. Iesan akan membawa tas ransel juga karena bawaannya lumayan juga, Panasonic G85, dan beberapa lensa: Lumix 7-14mm f/4, Lumix 12-35mm f/2.8, Lumix 35-100mm f/4.5-5.6, Panasonic Leica 15mm f/1.7. Iesan gak masalah bawa banyak lensa karena lensa sistem micro four thirds kecil dan ringan. Tas ransel pilihannya Benro Incognito B300.

Tripod merupakan alat yang tidak tergantikan untuk foto pemandangan atau saat sunrise dan sunset, jadi Tripod Benro Carbon 18+ juga saya bawa karena memiliki ketahanan kaki dan ballhead yang bagus tidak terlalu berat (1.57kg).

Okelah, kita siap-siap mau berangkat. Sampai jumpa lagi disana. Jangan lupa ikuti ig @infofotografi_official untuk liputan saya di Photokina 2018 dan @enchetjin untuk hasil foto-foto travel selama disana.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment