≡ Menu

Leica FOTOS : App baru untuk pengguna kamera Leica

Aplikasi untuk transfer foto dari kamera ke ponsel saat ini menjadi sangat penting di era sosial media. Leica sebagai perusahaan yang membuat berbagai jenis kamera dari compact sampai sistem kamera profesional tentunya perlu membuat terobosan di bidang software ini. Sebelumnya, hampir setiap type kamera Leica memiliki App masing-masing.

Hal ini cukup merepotkan pengguna beberapa kamera Leica, karena harus menginstall berbagai kamera Apps dan harus mempelajari lagi tiap Apps, karena antar mukanya berbeda-beda.

Dalam konferensi pers tgl 25 September 2015 di Photokina, Leica mengumumkan aplikasi baru bernama Leica FOTOS. App baru dari Leica ini bersifat universal dalam arti compatible dengan berbagai jenis kamera Leica diantaranya: S (Type 007), SL, M10, M10-P, Q, TL2, TL, T (701), CL, V-Lux, dan D-Lux.

Ada beberapa fitur Leica FOTOS ini antara lain:

  • Easy Connect: Untuk menghubungkan kamera dengan ponsel dengan mudah
  • Transfer on the go: Bisa mengendalikan jenis file yang akan ditransfer (RAW / JPG)
  • Immersive Viewing: Akses ke data exposure dan memeriksa gambar 100%.
  • Capture the moment: Dapat mengendalikan exposure, focus.
  • Easy Access: Akses setting secara mudah dan nyaman
  • Edit and Share: Bisa untuk editing foto juga supaya terlihat lebih menarik sebelum di sharing

Kedepannya, Leica akan menambah fungsionalitas App ini antara lain dukungan bluetooth untuk Leica C-Lux, Video Support, iPad Support, dan kemampuan menandai foto supaya mudah mencarinya dikemudian hari.

Dengan adanya Leica FOTOS ini, maka fotografer yang memiliki berbagai kamera Leica bisa mengunakan satu Apps saja untuk transfer foto atau sebagai remote. Tapi supaya compatible, setiap kamera diatas perlu diperbaharui firmware-nya sampai yang terbaru. Pembaharuan firmware bisa dilakukan di Leica Store terdekat secara cuma-cuma. Di Jakarta, Leica Store berada di Plaza Senayan, Lt. 3. Apps ini akan tersedia mulai tanggal 24 Oktober 2018.


Sudah punya kamera? Bisa belajar secara grup atau privat dengan kami di Infofotografi, Greenlake City, Jakarta Barat.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment