≡ Menu

Nikon Z6 vs Canon EOS R vs Sony A7III

Sony kini tidak sendiri lagi dalam menawarkan kamera mirrorless bersensor full frame. Karena dalam seminggu terakhir, Nikon dan Canon sudah meluncurkan sistem mirrorless full frame barunya. Kamera yang diluncurkan memiliki berbagai perbedaan, dan tentunya memusingkan bagi yang ingin mirrorless full frame ini.

Saat mempelajari ketiga jenis kamera ini, saya teringat masa lalu, ketiga perusahaan juga bersaing ketat di sistem DSLR full frame, yaitu Canon 5D II, Nikon D700 dan Sony A900. Saat itu yang populer untuk landscape dan portrait 5D mk II, dan Nikon D700 populer karena kemampuan di low light dan kinerjanya. Saat itu, Sony A900 punya resolusi sensor terbesar yaitu 24MP tapi kinerjanya agak pelan dan noise di ISO tingginya kurang enak dilihat.

Tapi sepertinya sekarang keadaannya berubah. Sony sudah berada di mirrorless full frame ini sudah 5 1/2 tahun, jadi punya kelebihan banyak dibanding masa DSLR terutama pilihan lensa dan aksesoris.

Jika melihat hanya dari spesifikasi kamera, sepertinya Nikon Z6 unggul, karena kualitas gambar, kualitas fisik (magnesium alloy, weathersealed), kualitas LCD dan viewfinder lebih baik, mount juga besar, sehingga potensial merancang lensa-lensa berkualitas tinggi kedepannya lebih bagus.

Sedangkan dari segi lensa, saya lebih menyukai pilihan Canon EOS R, sepertinya lebih praktis dan dibutuhkan sebagian besar orang. 24-105mm ideal untuk sehari-hari, travel dan dokumentasi, 28-70mm f/2 untuk wedding dan portrait, untuk video juga mantap karena bukaannya yang sangat besar dan rentang zoomnya fleksibel. Lalu ada 50mm f/1.2 lensa spesialis portrait dan 35mm f/1.8 IS makro untuk food dan detail.

Sony A7 III sebagai juara bertahan punya keunggulan utama di sistem autofokusnya yang lebih canggih (eye-AF tracking), kinerja foto berturut-turutnya juga sangat baik, juga fitur videonya, dan harganya juga terjangkau dengan pilihan lensa native Sony FE sudah ada 25 lensa, tidak perlu menunggu lagi.

Singkatnya Nikon Z6 dan Z7 sepertinya akan cocok untuk studio dan landscape photography. Sony A7III untuk photojournalism/documentary, kalau Canon sepertinya akan populer untuk wedding, portrait dan vlogging.


Ingin belajar fotografi, editing atau ikut trip fotografi? Jangan lupa periksa jadwal Infofotografi.

Jika berencana membeli kamera, lensa atau peralatan lainnya, boleh hubungi kami di 0858 1318 3069. Kami akan membantu.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 7 comments… add one }
  • Galih Dirza November 1, 2018, 4:12 pm

    Terimakasih koh sudah buat artikel ini. Pas banget saya sedeang galau antara ketiga ini

    Yang ingin saya tanyakan, Kalo boleh diurutkan dari atas yg cocok untuk kriteria saya kira-kira apa ya koh?
    Saya suka foto konser, tetapi saya terkadang ada job foto food & wedding. Dilema ketika saya tau sonny bagus autofokusnya tetapi nikon juara dalam food.

    Kira” kamera apa yg pas buat saya ya koh? Dengan satu kamera, saya bisa dapat semua kriteria yg saya inginkan.

    Terimakasih. Sukses terus Infofotografi!

    • Enche Tjin November 3, 2018, 6:53 am

      Ya sayangnya belum ada yg sempurna untuk semua ya hehe. Tp kalau yang cukup lengkap Sony A7III.

  • aswin nugroho September 23, 2018, 8:35 pm

    Salam kenal Koh, mhn info update harga nikon Z6 , canon eos R dan sony Aiii bln sept ini.

  • riez September 6, 2018, 8:52 pm

    Babak baru mirrorless dimulai…. Bye2 DSLR …

  • Junior September 6, 2018, 7:07 pm

    Trimakasih review singkatnya koh Enche.
    Kesimpulan koh Enche tepat, jelas, dan mudah dimengerti. Jadi tdk bingung
    membuat keputusan bagi org baru spt saya. Hehe..

  • Sarwo Wibowo September 6, 2018, 7:56 am

    Mantap Koh, artikel yg saya tunggu2, ditunggu artikel yg sama dgn data yang lebih komprehensif setelah Canon & Nikon betul2 telah meluncurkan kamera tersebut di pasar Indonesia. Karena sampe saat ini saya masih bimbang utk memilih salah satu dr 3 kamera tersebut di atas.

    Btw denger2 EOS R masih pakai low pass filter, apakah betul Koh?

    • Erwin Mulyadi September 6, 2018, 12:04 pm

      Iya, EOS R pakai low pass filter, karena bakal banyak dipakai utk video jadi jangan sampai banyak moire-nya

Leave a Comment