≡ Menu

Pengalaman dengan Panasonic G85

Tulisan ini mungkin terasa agak lama terbitnya karena pertama kali saya hunting setelah kameranya dibeli adalah di tgl 17 Agustus pas lagi perayaan hari Kemerdekaan RI. Berhubung bukan kamera pinjaman, jadinya saya merasa tidak ada beban atau tanggung jawab harus cepat-cepat review. Lagipula, kamera ini sudah diumumkan 2 tahun lalu dan kemungkinan sudah basi untuk dibahas.

Dengan beda harga sekitar 13 juta, tentu saja kamera ini ada yang berbeda dengan G9. Saya sendiri dengan lugunya berharap dengan G85 ini bisa setara dengan G9 (hukum “harga ga bohong” berlaku disini). Saya agak sedikit menyesal sebenarnya. Pengennya jual kembali kemudian beli G9. Upps… Padahal sudah diwanti-wanti oleh Enche dari awal untuk dipikirkan kembali keputusannya (dan dia sebenarnya tidak keberatan kalau saya beli G9). Memang dasarnya saja saya ingin memilih yang lebih murah dengan kualitas terbaik. Pada umumnya orang yang pelit akhirnya akan menghabiskan dana lebih banyak (pelit disini maksudnya punya dana tapi tidak membeli yang sesuai/memilih berdasarkan harga saja).

Masalah pertama adalah warna dari hasil fotonya. G85 terlihat lebih warna lebih ‘ngejreng’ sedangkan saya sendiri lebih suka warna yang ‘soft’. Dengan bantuan Enche dan pak Momi, kamera saya diutak-atik bagian profile Natural (sharpness +1, noise reduction -2, dan saturation -2). Selain itu, white balancenya lebih cocok kalau diset ke daylight (gambar matahari). Setidaknya dengan perubahan ini, saya mengurungkan niat untuk menjual kamera ini.

Yang kedua adalah rentang dinamiknya/dynamic range yaitu perbedaan antara bagian gelap dan terangnya. Kalau perbedaannya terlalu jauh kemudian diedit dengan menerangkan bagian black/shadow maka akan berakibat munculnya noise. Ini berlaku untuk semua kamera bersensor kecil ya, meskipun G9 akan sedikit lebih baik dalam prosesnya.

Jika tipe Anda selalu mengambil gambar berkontras tinggi (perbedaan gelap terang yang cukup jauh) dan Anda anti dengan ‘noise’, maka saran saya lebih baik memilih kamera bersensor lebih besar seperti fullframe. Bagi saya, noise bukan masalah besar. Saya lebih mementingkan body dan lensa yang kecil sehingga lebih santai untuk mengambil foto dan tidak cepat lelah dengan beban berat. Keperluan foto pun hanya untuk dipajang di layar laptop atau smartphone. Lagipula, berapa orang yang menikmati foto sampai zoom ke 100%?

Kemudian, saya mencoba untuk mengedit salah satu foto menjadi hitam putih. Saya cukup gembira dengan hasilnya.

Saat malam tiba, saya mencoba untuk mengambil foto di ISO 3200. Hasilnya tidak bisa saya terima makanya tidak saya tampilkan. Hahaha…

Intinya, hunting pertama di Sunda Kelapa ini, saya belajar kelebihan dan kekurangan kamera ini lalu menerima apa yang bisa dan apa yang harus dihindari jika menggunakan kamera ini ke depannya. Ibaratnya kita memiliki ikan piaraan. Ikan itu pintarnya berenang (habitat di air), kalau ikannya disuruh terbang, yang ada kita yang stress. Ikannya juga ikutan stress.

Keesokan harinya di tgl 18 Agustus, saya pun ikutan hunting ke Ancol karena kabarnya akan ada Panjat Pinang Kolosal. Saya tidak menemukan kesulitan mengoperasikan kamera lagi karena ini hunting kedua saya. Kekurangannya hanya ada pada diri saya sendiri yang kurang berani mendekat ke objek foto sehingga semuanya tampak jauh dan kecil.

** Yang sering mengikuti tulisan saya pastinya tahu saya paling ga bisa foto yang ada objek manusianya (kecuali Enche sebagai model). Foto pose di atas hanya kebetulan pemenangnya sangat ramah dan ingin didokumentasi, bukan saya yang mulai berkomunikasi untuk mendokumentasikan mereka. Saya masih belum berani untuk meminta ijin. Hehe…

Setelah dua kali menyesuaikan diri dengan kamera baru ini, saya pun ikut trip ke Pangalengan yang setiap tahunnya diselenggarakan Infofotografi (salah satu tempat favorit saya untuk belajar foto). Hari pertama kami tiba di Cukul cuaca berkabut tebal. Saya malah senang dengan suasana yang ditimbulkannya. Banyak foto-foto yang saya senangi di trip kali ini. Sepertinya untuk 10 hari ke depan saya masih bisa aktif posting foto di IG jika diposting satu foto per hari.

Tak lupa di trip kali ini, saya juga membawa beberapa mainan dan sangat puas dengan hasilnya. Untuk stok foto mainan saya mungkin bisa posting sampai 20 hari ke depan.

Jadi bagi teman-teman yang masih kurang puas dengan gearnya, jangan buru-buru upgrade atau menyerah dalam fotografi. Perbanyak hunting dan mengenal kekurangan dan kelebihan kameranya. Bagi yang berminat mempelajari dasar fotografi, ada jadwalnya di tgl 15-16 September ini. Bagi yang ingin langsung praktik foto, boleh bergabung di acara mentoring tgl 9 September ini. Untuk info dan pendaftaran bisa menghubungi 085813183069.

About the author: Iesan Liang adalah seorang penggemar fotografi yang aktif berkontribusi untuk acara Infofotografi. Salah satu buku karangan Iesan adalah Kursus editing dengan Adobe Lightroom. Temui Iesan di Instagram atau Google+

{ 16 comments… add one }
  • Udin October 29, 2022, 6:21 am

    Mau tanya sy pakai g85, saat foto hasilnya malah seperti video pendek?settingan yg salah apa ya?

  • arif April 2, 2020, 8:00 pm

    Menurut gw sih kamera ini unggul di Video Karena udah bisa 4K + ada Stabilizer di Body kameranya , kalau mau memaksimalkan fitur photo yah harus inves di Lensa , 2020 kamera ini masih oke untuk ngerjain project Video atau Photo ,…. Gambar yg bagus ga harus pakai kamera mahal2 ko , asal pas setup kamera nya ,….

    http://www.akproduction.id

  • DION November 7, 2019, 5:53 pm

    koh saya rencana mau beli lensa sigma 16 mm f/1.4 mft bagus ngak buat foto dan video di lumix g85 apa pada saat auto focusnya berisik saat merekam video dengan lensa itu? dan apa lensanya tahan air?? seperti lensa kitnya??

  • Emanuel Anggono June 6, 2019, 5:29 pm

    Hallo ci Iesan dan ko Enche,
    Ini yang saya cari nih, pengalaman user G85 dengan ISO di atas 1600.
    Saya beberapa kali suka foto langit di malam hari. Dan sejak pakai g85 ini, hasilnya selalu mengecewakan. Noise’nya parah banget
    Saya kurang tau apa karena ada setting yang saya tidak tau di kamera ini.
    Contohnya misal saya coba foto milky way, yg tertangkap hanya bintangnya saja. Luminance (maaf kalau saya salah istilah) dari milky way’nya itu sendiri ga pernah tertangkap.. Bisa saya paksakan untuk naikan ISO, tapi noise’nya itu loh, ampun.

    Mohon pencerahannya ko Enche dan ci Iesan..
    Padahal saya suka kamera ini kebetulan weatherproof, bisa diajak jalan2 ke tempat agak ekstrem. . Hehehehe

    • Enche Tjin June 10, 2019, 10:42 am

      Halo Emanuel, maaf agak lama balasnya. Memang sensor 4:3 kalau diatas ISO 1600 kurang oke, maka itu kurang mantap untuk foto milky way yang membutuhkan ISO tinggi. Solusinya memang pakai kamera dengan sensor full frame. Atau kalau mendingan dikit, bisa invest di lensa bukaan yang sangat besar, misalnya Lumix Leica 12mm f/1.4

  • ipanase January 5, 2019, 12:26 am

    saya tertarik dengan g85 untuk video, tapi masih galau jadi ganti a6000 saya ke g85 ini atau a6300-a6500 om

    • Enche Tjin January 5, 2019, 1:38 am

      Tergantung kebutuhan hehe

      • ipanase January 31, 2021, 5:46 am

        dan akhirnya pakai g85 setelah banyak pertimbangan, minus autofocusnya saja yang sabar hehehe.,

  • Agus September 11, 2018, 9:56 pm
  • Priyatna Zulkarnain September 8, 2018, 1:22 pm

    Kalo buat 60% foto 40% video, mending g85 ini atau a6300 sekalian?

  • Subaidi September 7, 2018, 5:58 am

    Kok jadi ragu untuk membeli kamera ini… Hihi

  • riez September 5, 2018, 6:02 pm

    Jadi penasaran kalo di adu hasil fotonya side by side.. Dengan kamera APSC dengan harga setara…
    Kalo gk jauh2 banget bedanya..
    Kyknya bakal pindah haluan juga ni ke lumix…hehe

  • Junior September 5, 2018, 8:43 am

    Saya selalu tertarik dg body kamera weather sealed dan ada stabilizer, plus dukungan lensa weather sealed.
    Terimakasih bnyk utk review yg sederhana,tp sngt mudah dimengerti.
    Koh Enche, mas Erwin, mas Poernomo punya gaya bahasa tersendiri, saya suka membaca, walau bagi saya butuh wkt memahami apa yg dimaksud… hehe
    Review mba lesan langsung bisa dipahami.
    Terimakasih utk reviewnya.
    Saya pembaca setia blog infofotografi.

Leave a Comment