≡ Menu

Bahas foto: People Photography di Nepal

Setelah saya dan teman-teman kembali dari Nepal, saya melihat banyak foto-foto yang saya buat disana lebih banyak ada orangnya. Ini cukup menarik karena biasanya dalam sebuah tour, banyakan fotonya pemandangan, arsitektur, detail dll. Mengapa demikian? Sepertinya memang di Nepal sangat keren buat foto orang (people/portrait photography), karena Nepal itu memang multi-etnik, dari yang mirip orang Mongolia, orang Tibet, berkulit putih seperti orang Punjab di India utara, yang coklat sampai yang gelap juga ada. Selain itu turis dari berbagai penjuru dunia membuat Nepal menjadi berwarna-warni.

Dua foto yang saya sukai adalah foto dibawah ini: Yang pertama adalah seorang Bhiksuni Tibet yang sedang berjalan menuju pagoda Boudhanath di Kathmandu. Di usia senja, Bhiksuni ini tetap semangat secara rutin mengunjungi Pagoda.


Data teknis: Leica SL, lensa Leica SL 24-90mm f/2.8-4. ISO 50, f/5.6, 1/250 detik, 83mm.

Sedangkan yang bawah adalah pemudi yang saya jumpai di Kathmandu Durbar Square. Ekspresinya yang riang menarik perhatian saya untuk memotretnya.

Bhiksuni diatas dulu pernah muda seperti pemudi berbaju kuning ini, tapi karena waktu berjalan, semua dari kita akan menjadi tua juga. Meskipun demikian, yang penting saya pikir adalah semangat hidupnya.

Data teknis: Leica SL, lensa Leica SL 24-90mm f/2.8-4, ISO 100, f/4, 1/250, 63mm

Saya lantas mengingat kembali di masa pelajaran agama Buddha dulu. Di ceritakan bahwa Sidharta Gautama, seorang pangeran yang lahir di Nepal (Taman Lumbini), melihat kenyataan hidup di luar istana dimana ia melihat ada orang sakit, orang tua, dan pertapa sehingga akhirnya ia memutuskan meninggalkan kenikmatan duniawi dan memutuskan menjadi pertapa untuk mencari cara untuk terbebas dari samsara (lingkaran hidup lahir, tua, mati), akhirnya beliau bisa mencapai Buddha dan bebas dari samsara.

Dalam perjalanan kali ini saya melihat betapa menariknya mengamati orang-orang di Nepal, terutama di  bagian kota tuanya Kathmandu dan Bhaktapur. Dari mengamati generasi tua masih banyak yang beraktivitas di ruang publik, sebagai generasi muda saya menjadi lebih semangat untuk berkarya 🙂

Sebagai bocoran di tahun 2019, saya berencana akan membuat trip lagi yaitu ke Vietnam, Ladakh, Bhutan, dan mungkin Nepal kembali. Bagi yang berminat kabar-kabari ya via WA 0858 1318 3069.

Foto-foto lainnya bisa dilihat di instagram saya @enchetjin dan @infofotografi_official

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment