≡ Menu

Liputan Canon Marathon 2018

Hai, nama saya Yessy, hari ini saya akan menceritakan pengalaman saya saat berada di acara “Canon Photomarathon Indonesia 2018” Canon Photomarathon merupakan sebuah ajang kompetisi fotografi terbesar di Indonesia, acara yang digelar di Grand Chapel Universitas Pelita Harapan (UPH), Karawaci, Tanggerang, pada Sabtu, 29 September 2018, dihadiri oleh kurang lebih 1300 pencinta foto yang ikut mengambil andil dalam kompetisi untuk memperebutkan hadiah senilai ratusan juta rupiah dan sebuah hadiah utama berupa Trip PhotoMarathon Asia Championship ke Jepang sekaligus mengikuti kompetisi antarnegara.

Diawali dengan proses registrasi ulang, pada pukul 07.00 yang telah dibuka. Merchandise pun diberikan saat kita sudah mendaftar ulang yang berupa, topi merah berlogokan Canon, baju senada yang diberikan kepada semua peserta, fan USB, dan tidak lupa, nametag sebagai nomor urut peserta.

Setelah registrasi ulang peserta diperkenankan untuk berkumpul di lantai 6, sebagai acara pembuka yang diresmikan oleh Merry Harun – Canon Division Director pt. Datascript di damping Mr. Alex Chan – Director of Canon Regional Headquarter bersama para juri yang terdiri dari para fotografer dari beragam latar belakang fotografi, yakni Agustinus Tri Mulyadi, Edy Santoso, Ichsan, Kiki Trestianto, Misbachul Munir, Parolan Harahap, Priadi Soetjanto, Risman Marah, dan Roni Bachroni serta fotografer yakni Azcha Tobing, Jilmi Astina, Arief Yudo Wibowo dan Julian Samadewa, sebagai pembicara seminar.

Tahun 2018, merupakan tahun kali ke – 10 Canon Photomarathon Indonesia digelar dengan antusiasme pencinta fotografi dari berbagai kalangan, terdapat 2 kategori yakni kategori umum dan pelajar dengan misi memupuk fotografer muda di Indonesia. Peresmian acara yang digelar dengan meriah, sebagai kata sambutan oleh Canon Division Director PT. Datascript- Merry Harun, dan tarian daerah yang dipersembahkan, serta menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Pembacaaan peraturan pun diberikan sebelum acara mulai berlangsung, peraturan yang diberikan sebagai berikut, settingan waktu pada setiap kamera 20-10-2020 untuk menyetarakan waktu pengambilan foto setiap peserta sehingga tidak terjadi kecurangan, serta menjaga barang- barang pribadi.

Setelah hitungan peresmian acara pun dibuka yang akan berlangsung dalam 3 sesi, tema 1 yang diumumkan oleh ibu Merry Harun Canon Division Director pt. Datascript, yaitu “Menjulang Tinggi”, batas waktu pengumpulan pada sesi pertama yakni pukul 10.15 WIB. Setelah tema pertama diumumkan , para peserta segera melaksanakan dan mencari spot foto yang mereka rasa menarik,interpretasi yang berbeda dari setiap fotografer membangun rasa kompetisi dan terlihat antusiasme dari para peserta yang menarik. Untuk tema pertama ada yang mengincar gedung-gedung bertingkat, ada yang mengambil dari sisi yang berbeda seperti foto dari refleksi air maupun kaca, pencarian spot fotopun beragam, hingga keluar dari area Universitas Pelita Harapan (UPH), seperti berjalan di daerah pertokoan dsb. Setelah tema 1 selesai peserta diperkenankan untuk berkumpul kembali di lantai 6 untuk pengumuman tema 2 yakni “Interval”, dengan batas waktu yang lebih singkat hingga pukul 11.45, dan dilanjutkan dengan sesi terakhir yang mengusung tema “Saat yang Tepat”. Dibatasi oleh waktu tidak mematikan semangat dan kreativitas para peserta.

Penyelenggaraan Canon Photomarathon Indonesia 2018, juga memberikan apresiasi- bagi komunitas- komunitas foto yang mengikuti acara tersebut seperti salah satunya komunitas Peduli Anak Berkesulitan Belajar (ABB).

Acara Canon Photomarathon Indonesia 2018, juga dimeriahkan oleh penampilan spesial aktris dan musisi ternama Maudy Ayunda yang tampil dengan membawakan lagu- lagu hitsnya. Rangkaian acara diakhiri dengan pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah, juara umum Canon Photomarathon Indonesia 2018 – Tanggerang diraih oleh Arief Wicaksono yang membawa pulang kamera DSLR Canon EOS 750D dan lensa Canon EF-S 18-55mm, serta mengikuti Trip PhotoMarathon Asia Championship ke Jepang bersama dengan juara umum dari Yogyakarta dan mewakili Indonesia untuk berkompetisi dengan juara utama dari Negara- Negara penyelenggara Canon PhotoMarathon Asia 2018 lainnya.

 

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment