≡ Menu

Mendingan beli ponsel atau kamera compact untuk fotografi

Sejak saya aktif mengunakan ponsel Huawei P20 PRO untuk motret, banyak teman-teman yang mulai menanyakan ke saya, mendingan beli ponsel Huawei atau beli kamera compact canggih  seperti Sony RX100 VI atau Leica C-Lux sebagai kamera cadangan atau back-up kamera terutama buat sehari-hari dan travel.

Alasan utama mengapa ponsel dibandingkan dengan kamera compact adalah harganya yang tidak terpaut jauh, yaitu sekitar 10 jutaan. Sebenarnya sah-sah saja orang-orang lagi bingung dan kejadian ini tentunya bukan sesuatu yang baru juga. Sejak kamera ponsel iPhone 4 muncul delapan tahun lalu (2010), kebingungan sudah berlangsung.

Dari kualitas gambar secara teknis, dan rentang zoom, iya, memang compact kamera canggih sekarang lebih unggul. Ini masalah fisik, kamera digital punya sensor gambar yang lebih besar, lensa juga besar, otomatis bisa lebih oke. Tapi kamera ponsel kebanyakan punya processor yang lebih cepat dan canggih, soalnya mesti memproses bukan hanya data gambar, tapi juga banyak aplikasi lainnya. Processor yang canggih dan cepat itu bisa membantu kamera ponsel dalam hal penerapan (Artificial Intelligence/AI) yang membantu membuat foto lebih menarik langsung dari kamera karena mampu mengenal apa yang dipotret.

Tapi kalau saya boleh pilih memang keduanya bagus, karena fungsinya beda. Kalau ponsel karena saya bawa kemana-mana, udah seperti semacam sketch book, bisa tangkap bagi saya menarik dimana saja, kapan saja. Selain itu juga bisa untuk rekam video klip pendek, entah untuk IG story atau koleksi pribadi dan langsung bisa upload dan share.

Sedangkan kamera compact canggih saya bawa biasanya saat saya mau traveling light. Menurut saya agak kurang efektif kalau kita bawa kamera full set seperti seri kamera Sony A7 + 24-105mm f/4 trus dipadukan dengan RX100, karena keduanya nanti jadi overlap (tumpang tindih), kalau nenteng keduanya, mendingan saya foto pake A7 dong. Justru saat tidak mau bawa A7, tapi tetap mau foto dengan kualitas lebih bagus dari ponsel baru bawa kamera compact. Motret street photography, atau travel ke tempat yang agak rawan kriminalitas juga lebih aman pakai compact, atau medan sulit, misalnya saat treking/hiking supaya tidak cepat capek.

Bagi saya, harga yang pantas juga penting, kalau tidak pantas tentunya saya malas beli. Ponsel dengan kamera canggih menurut saya pantas untuk dibeli duluan, karena dipakai tiap hari, sedangkan kamera kan tidak dipakai setiap hari. Tapi semua berpulang kepada masing-masing penggemar fotografi itu sendiri. Idealnya sih, sekalian dibungkus dua-duanya, he he he.


Bikin foto yang bagus tentunya bukan tergantung pakai ponsel atau kamera canggih saja, tapi juga ketrampilan. Maka itu Infofotografi selalu membuka rutin kegiatan belajar fotografi dari dasar sampai tour fotografi. Jadwalnya bisa diperiksa di halaman ini.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment