≡ Menu

Postcard dari Zagreb : Lavender

Zagreb adalah ibukota negara Kroasia yang belakangan terkenal karena tim sepakbolanya berhasil menjadi juara kedua (runner-up) Piala Dunia 2018. Tadinya saya tidak begitu antusias ke Zagreb karena saya pernah ke Prague (Praha) yang kota tuanya bagus sekali sampai dijuluki kota sejuta menara. Sedangkan Zagreb, saya cek di internet terkesan agak kecil kota tuanya. Maka itu, saya dan Iesan hanya mampir ke Zagreb sebagai kota transit untuk kemudian ke Plitvice dan Dubrovnik (tempat syuting serial TV populer Game Of Thrones).

Sambil transit kita jelajahi kota tuanya, ternyata sesampai disana, saya cukup senang karena meskipun lebih kecil, suasananya enak, selain arsitekturnya cukup kompak, misalnya genteng-nya rata-rata orange semua). Nah saat melintasi jalan-jalan kota tua yang penuh cafe dan rumah makan di pagi hari itu, saya tertarik dengan dekorasi bunga Lavender yang berada di atas meja sebuah cafe. Lavender rupanya merupakan bunga yang populer di Kroasia, mungkin karena musim pas saya kesana pas lagi panen.

Maka itu, saya coba abadikan dengan Leica SL dan 24-90mm f/2.8-4 dengan setting: ISO 50, f/4, 1/400 detik, 73mm.

Apa yang saya sukai dari foto diatas adalah pencahayaan yang dari samping yang cukup lembut memberikan kesan dimensi, dan adanya perulangan/pola dar meja dan bunga lavender, asbak dan menu di meja dibelakangnya. Untuk yang di latar belakang, sengaja saya buat blur dengan memilih bukaan f/4 yang tidak terlalu besar, tapi cukup blur tapi kita masih bisa melihat bentuknya dengan cukup jelas. Kamera dan lensa Leica yang saya gunakan dapat menangkap warna dengan baik sesuai keinginan saya sehingga tidak perlu saya edit lagi.

Saat jalan-jalan, kadang ada detail-detail yang menarik untuk ditangkap, maka itu, jika kita memperhatikan dengan seksama, bisa enak dilihat juga. Dengan demikian, kita tidak perlu hanya mengandalkan grand vista saja.


Infofotografi secara rutin mengadakan workshop, trip foto lokal maupun mancanegara. Bagi yang berminat silahkan periksa jadwal kami atau hubungi 0858 1318 3069. Terima kasih.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment