≡ Menu

Refleksi foto favorit instagram Best Nine 2018

Seperti tradisi yang dimulai dua tahun yang lalu, saya mulai membuat foto kompilasi best nine Instagram untuk tahun tersebut. Tujuannya supaya bisa melihat foto-foto jenis apa yang disukai pembaca Infofotografi di instagram sekaligus mengingat kembali foto-foto yang telah saya ambil tahun lalu (2018).

Seperti tahun lalu, foto saya yang banyak di like adalah foto alam (4 foto), human interest (3 foto), foto urban/street (1 foto) dan kamera (1 foto).

Sebagian besar foto saya buat di tanah air yaitu sebanyak 7 foto, 1 di Tibet, dan 1 di Cologne, Jerman. Tahun 2018 adalah tahun yang cukup aktif bagi saya karena banyak trip terutama ke luar negeri seperti Tibet (sampai dua kali), Nepal, Kamboja, Jerman, Kroasia, Austria. Untuk foto-foto lainnya bisa lihat di instagram @enchetjin

Yang menarik dari foto-foto tahun 2018 adalah ada dua foto yang mengunakan ponsel Huawei P20 Pro, menandakan bahwa kamera ponsel makin bagus dan di instagram akan makin sulit membedakan foto yang dibuat dengan kamera ponsel dengan kamera digital.

Beberapa foto favorit 2018 pernah saya bahas di Infofotografi juga, yakni: foto panjat pinang, foto sunrise dengan huawei p20pro, dan foto mystic tree.

Tahun ini juga akan cukup ramai acara fotografi, boleh lihat-lihat di halaman kursus dan tour Infofotografi, mana tau ada yang cocok bisa ikutan.

Selamat tahun baru 2019! Makin aktif ya tahun ini 🙂

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 3 comments… add one }
  • Andi January 3, 2019, 6:01 pm

    Koh mw tanya, maaf oot, perdedaan processor kamera nikon yg tidak ada huruf dgn yg ada hurufnya apa y? Contoh expeed 3 dan 3a, 5 dan 5a.
    Trus apakah nikon d5200 masih layak digunakan untuk pemula hingga beberapa tahun mendatang?

    • Enche Tjin January 3, 2019, 8:04 pm

      yang a lebih baru daripada yang gak ada, contohnya expeed 3a lebih baru dari 3, tapi 3a tidak lebih canggih dari expeed 4 atau 5.

    • Enche Tjin January 3, 2019, 8:04 pm

      Nikon D5200 masih bisa digunakan, tidak masalah.

Leave a Comment