≡ Menu

Review buku : Literasi Visual karya Taufan Wijaya

Teman kita, photojournalist Taufan Wijaya kembali menghadirkan buku berjudul Literasi Visual yang telah terbit bulan Desember 2018.  Dengan buku ini, Taufan mengajak pemirsa untuk berpikir kritis saat melihat tampilan visual yang semakin marak saat ini.

Literasi visual ini penting bagi kita semua terutama di era sosial media yang dipenuhi dengan visual baik gambar maupun video. Apalagi di era sekarang, mudah sekali menyebarkan sebuah info/gambar ke banyak orang dengan mengunakan media sosial. Sebelum meyakini atau menyebarkan sebuah gambar memang sebaiknya dicari tahu dulu kebenarannya.

Dengan membaca buku ini, pembaca dapat lebih kritis dalam menilai sebuah gambar dan tidak terjebak dengan hoax atau hal-hal yang menyesatkan lainnya.

Isi buku ini sekitar 97 halaman, memang tidak terlalu tebal, tapi disajikan dengan lugas dan dengan bahasa yang mudah dimengerti bagi pelajar, praktisi fotografi atau awam.

Selain membahas tentang sejarah perkembangan foto, Taufan juga membahas soal budaya kontemporer seperti budaya visual kontemporer (kekinian) misalnya swa foto (selfie), sosial media. Etika fotografi dalam proses membuat foto juga dibahas di buku ini, beserta beberapa skandal foto yang pernah terjadi

Pada akhirnya, tujuan Taufan dalam menulis buku ini bukan untuk mengkritik tapi bertujuan supaya pembacanya bisa lebih kritis dan memikirkan lebih mendalam tentang visual yang terlihat di setiap hari sebelum menyebarkannya ke jaringan sosial media masing-masing.

Buku ini bisa diperoleh di Toko Buku Gramedia, atau bisa juga pesan via kami di Infofotografi. Hub 0858 1318 3069 / infofotografi@gmail.com

Harga buku Rp 99.000

Buku Taufan Wijaya yang lain:

  1. Buku foto penderita Kanker payudara: Dekat Perempuan 2013
  2. Fotojurnalistik 2014, penerbit Gramedia Pustaka Utama
  3. Photo Story Handbook 2016, penerbit Gramedia Pustaka Utama
  4. Buku dokumenter Kopi Toraja 2017

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment