≡ Menu

Review tas kamera Gitzo century compact messenger

Tas kamera berukuran kecil untuk selempang banyak pilihannya, tapi jarang yang memiliki fitur lengkap dan terlihat keren dan cocok untuk kebutuhan masa kini. Gitzo adalah pabrikan asal Italia yang terkenal atas tripodnya yang berkualitas tinggi dan yang pertama yang mengunakan bahan carbon fiber untuk bahan kaki tripodnya sehingga fotografer landscape dan travel bisa membawa tripod yang lebih ringan tanpa berkompromi dengan kestabilan.

Dalam rangka ulang tahun ke-100 nya, Gitzo membuat beberapa aksesoris fotografi baru selain tripod, salah satunya adalah seri tas kamera Gitzo Century yang terbagi atas beberapa jenis ukuran.

Artikel ini akan mengulas tentang Gitzo Century Compact messenger bag, tas berukuran paling kecil diantara tas Gitzo Century yang lain. Tas ini memuat kamera mirrorless compact dengan dua atau tiga lensa. Contohnya Fuji XT, Sony A7, Hasselblad X1D, Leica M, Leica Q, dan yang seukuran. Tas ini juga dapat memuat drone berukuran compact seperti DJI Mavic.

Merk Gitzo adalah merk premium dan tentunya dalam merancang tas juga tidak sembarangan, kualitas material nya tinggi dari bahan nylon dan kulit Italia asli. Meski tergolong tas mewah, tapi tas ini praktis digunakan. Tidak seperti tas dengan material kulit lainnya, tas ini tidak berat, dan fitur-fiturnya dirancang sesuai dengan kebutuhan fotografer masa kini.

Desain tas ini sangat cocok untuk kebutuhan fotografer street dan travel. Selain memiliki ruang untuk kamera, dua lensa dan tablet, terdapat ruang di bagian depan kamera yang bisa digunakan untuk menyimpan baterai, memory card tambahan, ponsel, powerbank dan aksesoris masa kini lainnya. Di bagian belakang tas terdapat trolley strap dan kantong untuk menyimpan buku catatan kecil atau passport.

Material tas ini terbuat dari perpaduan kulit asli asal Italia dengan desain menyerupai pola carbon fiber dengan lapisan water repellent sehingga tidak masalah saat berhadapan dengan hujan gerimis saat memotret. Tas ini juga dilengkapi dengan raincover dan kantong untuk melindungi tas dari debu dan kotoran saat tidak digunakan.

Meraih kamera atau lensa dari dalam tas dibuat mudah dengan adanya ritsleting untuk membuka bagian atas dari tas, atau jika mau membuka penutup tas juga mudah karena sistem desain dengan magnet. Tinggal tarik saja penutup tas sudah terbuka. Desain ini termasuk unik dan dinamakan G-Lock Flap Closing system. Bicara soal unik, tas-tasseri Gitzo Century ini selalu ada kantong kecil tersembunyi di bagian depan tas, yang berfungsi untuk menyimpan tutup lensa atau aksesoris kecil seperti filter.

Meskipun tas bukan produk utama Gitzo, tapi diluar dugaan saya Gitzo mampu mendesain dan membuat tas kamera dengan desain yang simple tapi lengkap fiturnya. Ditunjang dengan material yang bagus, Gitzo century messenger bag ini saya nilai cocok untuk fotografer yang suka travel domestik maupun internasional. Meski tas memiliki material yang mewah, tapi tidak terlalu menarik perhatian umum memberikan rasa aman dan dan kemewahan yang tidak dimiliki tas kamera pada umumnya.

Fitur:

  • Divider yang fleksibel, bisa ditekuk atau dilepas dari tas sesuai kebutuhan
  • Water repellant : lapisan special membantu mencegah butiran air agar tidak menempel atau menyerap ke tas.
  • Rain protector / cover untuk digunakan saat memotret di tengah hujan deras
  • Ruang untuk menyimpan tablet
  • Trolley connection untuk mengaitkan tas ke gagang koper.

Spesifikasi:
Berat: 750g
Bahan: Nylon dan kulit asli Italia

Cocok untuk berbagai jenis kamera, diantaranya: Canon EOS M5, Fujifilm X-Pro2, Fujifilm X-T1, Fujifilm X-T1 IR, Fujifilm X-T10, Fujifilm X-T2, Fujifilm X-T20, Olympus OM-D E-M1 II, Olympus OM-D E-M10, Olympus OM-D E-M10 II, Olympus OM-D E-M5 II, Panasonic Lumix DMC-G7, Panasonic Lumix DMC-G85, Panasonic Lumix DMC-GH4, Panasonic Lumix DMC-GH5, Panasonic Lumix DMC-GX8, Sony Alpha 7 II, Sony Alpha 7R II, Sony Alpha 7S, Sony Alpha 7S II, Sony Alpha 9, dan kamera-kamera yang ukurannya serupa.

Ukuran:
Interior: 20 x 29 x 7.5 cm
Laptop Compartment: 20 x 24.5 x 1.5 cm

Bagi teman-teman pembaca yang berminat memiliki tas ini, silahkan hubungi WA 0858 1318 3069 Terima kasih.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment