≡ Menu

Sony RX0 II, kamera “tough” super mini

Tanggal 26 Maret 2019 Sony secara resmi mengumumkan kamera unik RX0 II di Art&Science Museum, Singapura. Kamera ini merupakan kamera yang dirancang sekecil mungkin tapi kokoh: anti air (sampai 10m), tahan banting (sampai 2m), dan tahan tekanan (sampai 200kgf).

Dibandingkan pendahulunya, RX0, versi ke-2 ini memiliki layar yang bisa dilipat ke depan untuk selfie/vlogging. Selain itu, teknologi autofocus juga ada peningkatan karena bisa mendeteksi mata & wajah serta mampu mereproduksi warna kulit secara natural.

Berkat sensor baru jenis 1 inci stacked 15.3 MP Exmor RS CMOS sensor, kini vlogger dapat merekam video 4K 30p langsung ke memory card. Aplikasi baru Imaging Edge Mobile juga tersedia untuk mengedit video 4K. Selain itu, image stabilization secara elektronik dalam kamera & editing juga tersedia.

Untuk mendukung kamera ini, aksesoris shooting grip merangkap mini tripod type VCT-SGR1 juga siap membantu (dijual terpisah). Dengan grip ini, vlogger dapat mengatur fungsi kamera seperti memotret/merekam video dan digital zoom 2X. RX0II juga memiliki mic input jack untuk memasang external microphone.

Kamera yang sering dianggap action cam karena ukurannya kecil ini dapat menghasilkan gambar yang lebih bagus dan detail berkat lensa fix 24mm f/4 bermerk Zeiss, sensor 1″ dan processor baru.

Meskipun fisik dan monitornya kecil, tapi menu yang di dalamnya mirip dengan kamera compact seri RX100, dan memiliki tombol-tombol kecil yang sangat membantu untuk navigasi menu.

Kamera ini paling cocok untuk adventure travel, karena daya tahannya yang kuat dan ukuran yang sangat mungil.

 

Contohnya, vlogger asal Thailand mengunakan RX0 II yang bisa kita lihat reviewnya dibawah ini:


Sony Indonesia mengatakan bahwa Sony RX0 II juga akan tersedia di Indonesia dalam waktu dekat. Setelah itu, Infofotografi juga akan mencoba me-review RX0 II.

So Stay Tuned 🙂

Spesifikasi utama RX0 II

  • 15MP 1 inch type sensor
  • Zeiss lens, ekuivalen 24mm f/4
  • Movie recording 4K/30p, internal recording
  • Autofocus face/eye-detect, contrast detect, AF-S only
  • Micro SD Card
  • Waterproof max 10m, 30 minutes
  • Crushproof, Shockproof
  • 1/32000 electronic shutter for still
  • Tiltable LCD screen
  • Multi camera wireless connection

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment