≡ Menu

Bahas foto : Motor bebek dan sepeda tua

Beberapa waktu yang lalu, saya menyempatkan diri untuk pulang ke kampung halaman saya di kota Medan, disana saya diajak oleh sepupu saya Widodo untuk hunting di sekitar Medan, salah satunya ke Vihara Gunung Timur di jalan Hang Tuah.

Di Vihara ini sebenarnya cukup menarik untuk hunting foto karena cukup besar dan banyak patung-patung dengan berbagai jenis, dupa dll. Tapi dua foto yang saya suka justru di dekat toilet Vihara karena sepertinya sepeda dan motor tua bukan subjek yang lazim untuk dipotret ha ha.

Bagi teman-teman yang rajin mengikuti Infofotografi, tentu mengetahui saya suka foto sepeda, dan tidak saya sia-siakan saat saya berkunjung ke Vihara ini.

Panasonic S1R & Panasonic S 24-105mm f/4 OIS – ISO 200, f/5.6, 1/13 detik, 28mm

Panasonic S1R & 24-105mm f/4 OIS – ISO 400, f/5.6, 1/30 detik 28mm

Yang lucu ternyata sepupu saya memotret BTS (Behind the Scene) saat saya beraksi dengan Nikon D750 dan 20mm f/1.8 yang lebar. Melihat aksi saya jadi lucu sendiri. Tapi ya memang untuk mendapatkan komposisi yang baik kadang kita harus jongkok, atau malah  tiarap.

Ya, mungkin apa yang bisa di take away adalah jika memotret subjek yang memang pendek contohnya seperti motor, mobil atau anak-anak, supaya tidak cembung maka caranya adalah mensejajarkan kamera dengan subjek fotonya.

Trims candidnya, jarang-jarang saya punya foto candid saat memotret 🙂

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 6 comments… add one }
  • Heru Purwanto April 12, 2019, 12:43 pm

    Om enche, gimana rasa perbandingan antara dua kamera itu, yang secara sensor sama-sama full frame bahkan lensa bisa tukeran, leica sl dg Panasonic s?
    Mengenai semuanya mungkin bisa diulas disatu topik di blog ini
    Hhee

    • Enche Tjin April 12, 2019, 6:32 pm

      Iya menarik, perbedaan jelas di resolusi, tapi kalau desain banyak yang berbeda. Leica SL lebih simple, Panasonic lebih ramai hehe.

  • Dian p April 11, 2019, 11:22 pm

    Selamat malam bang enche
    Saya pengguna sony a6000
    Yg mau saya tanyakan mending lensa sony e 55-210mm atau sony e 18-105mm f4 G
    Untuk kebutuhan saya memfoto balap motor dengan jarak kamera dan objek kurang lebih 15 meter ?
    Terimakasih

  • Agus April 11, 2019, 9:03 pm

    Om rendering warnanya kelihatan beda dengan Leica ya..? Trus itu fresh dari kamera ya, kalau fresh IMHO naturalnya dapat banget, detail foto pecahan spatbord dapat banget plus mesin air dibelakang pintu masih kerasa gimana gitu. Ngelihat kedua fotonya serasa saya ada disitu om.
    Ahhh ratjunnnnnn….

    • Enche Tjin April 11, 2019, 11:04 pm

      Haha saya setuju dengan detail yang ditangkap sensor 47MP ini memang sangat baik.

Leave a Comment