≡ Menu

Ebook baru : Hasil Maksimal dengan Flash Eksternal

Kita tentu sepakat kalau pencahayaan adalah hal penting dalam fotografi, dan salah satu sumber cahaya yang bisa diandalkan setiap saat adalah cahaya flash. Dengan flash banyak foto menarik dan berkarakter yang bisa dibuat, seperti potret, produk, konseptual bahkan foto dokumentasi pun akan jadi berbeda dengan pencahayaan yang baik. Bila memang cahaya adalah penting, dan flash adalah sumber cahaya yang bisa diandalkan, tapi mengapa masih banyak orang yang tidak mau pakai flash saat memotret? Dari hasil saya bincang-bincang dengan beberapa kenalan, umumnya mereka berpendapat kalau cahaya flash menghasilkan warna yang tidak natural, atau terlalu keras dan memantul, atau menghasilkan bayangan yang mengganggu. Pendapat yang bisa dimaklumi karena memang bila tidak menguasai cara memakainya dengan baik, cahaya flash justru menghasilkan foto yang kurang enak dilihat (dan malah lebih menarik hasil foto dengan cahaya sekitar / available light).

Isi buklet PDF flash yang kami buat

Disini Flash eksternal akan mampu menghasilkan foto yang baik bila dipahami bagaimana memakainya. Flash eksternal punya ciri bisa dipasang di flash hot shoe kamera, dengan kepala flash yang bisa diarahkan atas bawah atau ke kiri kanan. Di bagian belakang dari flash eksternal ada yang simpel dengan hanya beberapa tombol dan indikator tapi banyak juga yang rumit dengan layar LCD yang dipenuhi icon dan angka, dan perlu memakai 2 atau 4 baterai AA untuk bisa dioperasikan. Sebagai perangkat elektronik modern, flash eksternal memang perlu dipelajari cara memakainya dengan teliti, tapi anda juga pelu membekali diri anda dengan pengetahuan praktis mengenai bagaimana memotret dengan pencahayaan buatan seperti flash. Boleh jadi anda sudah mencoba memakai flash eksternal tapi kecewa dengan hasilnya, atau masih bingung dalam mengatur settingnya. Buku ini mencoba menjelaskan secara lugas mengenai konsep pencahayaan, cara kerja flash, fitur flash, setting kamera dan penggunaan wireless flash, untuk hasil yang lebih maksimal.

Di buku ini juga dibahas mengenai sistem wireless flash, trigger, grup dan channel yang kerap membuat orang bingung.

Untuk itu buklet ini hadir, dengan investasi Rp. 95.000,- ebook 24 halaman ini akan membuat anda paham konsep-konsep dalam flash photography, dengan penjelasan teknis disertai contoh fotonya sehingga bisa lebih dipahami. Untuk memesan silahkan menghubungi 0858-1318-3069 atau email ke infofotografi@gmail.com disertai bukti transfer (BCA 4081218557 atau Bank Mandiri 1680000667780 a/n Enche Tjin) dan buklet PDF ini akan dikirim ke email anda.

About the author: Erwin Mulyadi, penulis dan pengajar yang hobi fotografi, videografi dan travelling. Sempat berkarir cukup lama sebagai Broadcast Network TV engineer, kini Erwin bergabung menjadi instruktur tetap untuk kursus dan tour yang dikelola oleh infofotografi. Temui dan ikuti Erwin di LinkedIn dan instagram.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment