≡ Menu

Mencoba lensa Leica SL 16-35mm f/3.5-4.5

Di kesempatan mentoring cityscape Bundaran HI lalu, saya berkesempatan mencoba lensa lebar Leica SL 16-35mm f/3.5-4.5 yang tentunya membuat penasaran bagaimana kualitas hasilnya bila dipakai untuk cityscape. Sebagai info, lensa ini adalah lensa dengan mount, yang saya pasang ke bodi kamera Leica SL mirrorless 24 MP full frame dan foto diambil dari atap gedung hotel Mandarin, mengarah ke Bundaran HI dan ke arah jalan Sudirman UOB.

Lensa SL 16-35mm f/3.5-4.5 ini berbagan logam yang mantap, bobotnya juga terasa cukup berat, dengan ring zoom dan ring manual fokus yang enak diputar. Meski saya yakin dengan kualitas optik lensa ini, tapi tetap saja perlu dibuktikan untuk melihat ketajaman khususnya di bagian tepi yang biasanya kerap jadi kelemahan semua lensa wide. Dan tidak mengejutkan, lensa ini memang tajam sampai tepi, memberikan foto cityscape yang punya ketajaman merata di semua bagian sehingga tidak ada kompromi dalam menikmati hasil fotonya.

Foto dengan fokal lensa 16mm, apa adanya (distorsi perspektif tidak dikoreksi lewat editing)

Dari foto bundaran HI, saya menemukan detail dan ketajaman yang tinggi seperti crop foto berikut ini :

dan sebagai bonus, kebetulan saya sudah 3x naik ke atap Mandarin, saya tampilkan tiga foto yang mengarah ke jalan Sudirman, dengan tiga kamera dan lensa yang berbeda. Bisakah anda menebak foto yang mana yang diambil dengan lensa Leica SL 16-35mm ?


Bagi teman-teman yang ingin mengikuti kegiatan mentorship foto cityscape atau belajar fotografi dari dasar, silahkan periksa jadwal kita di halaman ini.

About the author: Erwin Mulyadi, penulis dan pengajar yang hobi fotografi, videografi dan travelling. Sempat berkarir cukup lama sebagai Broadcast Network TV engineer, kini Erwin bergabung menjadi instruktur tetap untuk kursus dan tour yang dikelola oleh infofotografi. Temui dan ikuti Erwin di LinkedIn dan instagram.

{ 1 comment… add one }
  • Indera June 22, 2019, 10:46 am

    Foto ketigakah? 🙂

Leave a Comment