≡ Menu

Cara update firmware flash Godox V860IIC

Saya punya sebuah flash Godox V860IIC yang biasa saya pakai untuk di DSLR Canon 70D. Salah satu fitur flash tersebut adalah terdapat port USB untuk firmware update. Tadinya saya berpikir apa perlunya update, dan lagipula apakah akan tersedia firmware updatenya di masa depan? Toh ini kan ‘cuma’ sebuah flash. Tapi setelah mulai ramai kabar kalau beberapa DSLR Canon terbaru ‘bermasalah’ dengan flash pihak ketiga, ditambah kabar adanya sebuah update firmware penting dari Godox untuk mengatasi masalah itu, lantas saya mulai mencari tahu bagaimana caranya.

Dari halaman download Godox, tampak bahwa untuk flash V860IIC pada 26 April 2019 sudah dirilis firmware terkini versi 1.8 untuk mengatasi masalah kompatibilas dengan DSLR Canon terbaru seperti 1500D dsb. Bagi anda yang pakai flash Godox TT685C pastikan melihat firmware yang sesuai (versi 3.4).

Daftar pilihan update yang tersedia, dalam hal ini saya pilih yang V860IIC dan per tahun ini tersedia sampai versi 1.8

Saya akhirnya mencari tahu bagaimana proses updatenya dan sudah berhasil melakukan update hingga flash saya meningkat dari versi 1.3 menjadi versi 1.8. Bagi anda yang ingin tahu prosesnya, saya susunkan panduan langkahnya beserta tangkapan layar yang bisa saya ambil.

Isi program update G1 yang di download dari web Godox

Langkah 1 adalah persiapan :

  • download software Godox G1 dan firmware yang sesuai disini
  • ekstrak .rar file yang sudah di download menjadi .exe dengan WinRar atau 7Zip
  • instal file Godox_G1_Ver0.2.exe  (kecuali Windows 10 jangan instal dulu sebelum anda lakukan prosedur tambahan yang saya tulis di bagian berikutnya)
  • siapkan kabel USB yang berkualitas baik saat akan menghubungkan flash ke komputer

Beginilah proses instalasi program Godox G1 berjalan..

dan setelah instalasi program Godox G1, otomatis dilanjutkan dengan instalasi driver perangkat, baru setelah itu klik Finish.

Langkah 2, gambaran proses secara umum :

  • penting : flash harus dalam keadaan OFF saat akan di-update
  • sambungkan flash ke komputer via kabel USB, Windows akan instalasi driver
  • buka software Godox G1 di komputer
  • dari software Godox G1, klik Select File lalu cari firmware yang sudah kita download (berekstensi .fri)
  • setelah memilih file, klik connect
  • setelah terkoneksi, klik Upgrade
  • tunggu hingga selesai, bila sudah klik Disconnect dan Exit

Setelah membukan software Godox G1, klik Select File lalu Cari file yang sudah disimpan di hard disk, dalam hal ini saya simpan di My Document (file berekstensi .fri)

Proses meload firmware 1.8 berhasil, selanjutnya klik Connect dan Upgrade

Sampai disini proses udpate sudah selesai, klik Disconnect, lalu klik Exit dan cabut kabel USB.

Langkah diatas sebetulnya cukup simpel kan. Tapi saya sempat mengalami kendala karena komputer yang dipakai adalah Windows 10 yang lebih banyak proteksinya. Jadi khusus untuk anda yang pakai Windows 10 64bit, ada langkah tambahan yang harus dilakukan sebelum menginstal software Godox G1. Ada sebuah fitur yaitu “driver signature enforcement” yang prinsipnya akan mencegah instalasi driver untuk peranti yang tidak dikenal seperti flash (karena flash bukan aksesori komputer). Untuk itu kita perlu restart dulu komputer lalu masuk ke mode advanced start-up. Caranya (saya pelajari dari sini) tekan tombol shift saat meng-klik Restart lalu tunggu sampai Win10 melakukan restart. Nanti tampil layar biru dan ada beberapa langkah berurutan yang penting :

  • choose an option : pilih Troubleshoot
  • pilih Advanced options
  • dari pilihan yang ada di Advanced option, cari dan pilih : Startup setting
  • di layar berikutnya klik tombol Restart
  • setelah Win10 restart, pilih angka 7 (Disable driver signature enforcement)
  • lalu nanti akan masuk ke Windows seperti biasa

Lalu setelah itu bisa mulai instalasi software Godox G1 dan dilanjutkan dengan langkah 2 diatas. Namun ada satu perbedaan yaitu saat akan membuka software Godox G1, pastikan dengan cara klik kanan ikon software Godox G1, lalu klik Run as Administrator. Yah begitulah Win10 memang agak ribet keamanannya..

Jangan lupa bagi Windows 10, buka program Godox G1 dengan klik kanan lalu Run as Adminstrator

Info tambahan : Bila anda memakai Windows 10 dan menyambungkan flash Godox ke komputer tanpa melakukan Disable driver signature enforcement maka device akan ditandai sebagai Unknown USB dan tidak akan bisa dikoneksi seperti contoh berikut ini :

Ini terjadi akibat saya mencolokkan langsung flash ke Windows 10 tanpa Disable Driver Signature Verification

Solusinya, hapus saja device yang unknown itu, lalu jalankan prosedur Disable driver signature enforcement yang saya ulas diatas, instal ulang software Godox G1 dan saat flash dihubungkan ke komputer akan dikenali sebagai Godox_usb seperti contoh berikut ini :

Ini menandakan flash Godox sudah dikenal sebagai device di komputer

Semoga panduan ini ada manfaatnya, dan sebagai bukti inilah foto layar Godox V860IIC saya yang sudah menjadi versi 1.8 :

dan akhirnya flash V860II saya menjadi versi 1.8 (sebelumnya 1.3)


Buat anda yang perlu belajar tentang pengaturan setting flash eksternal, bisa memesan ebook-nya melalui halaman ini.

About the author: Erwin Mulyadi, penulis dan pengajar yang hobi fotografi, videografi dan travelling. Sempat berkarir cukup lama sebagai Broadcast Network TV engineer, kini Erwin bergabung menjadi instruktur tetap untuk kursus dan tour yang dikelola oleh infofotografi. Temui dan ikuti Erwin di LinkedIn dan instagram.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment