≡ Menu

Hasselblad meluncurkan X1D II medium format yang ringkas

Tren kamera medium format yang ukurannya makin ringkas dengan harga jual yang semakin rendah sepertinya sedang terjadi. Kali ini produsen kamera asal Swedia, Hasselblad mengumumkan generasi kedua dari kamera X1D dengan tidak merubah sensornya tapi banyak hal lain seperti bodi, kecepatan fokus, prosesor, layar LCD dan jendela bidiknya. Tetap dengan sensor 50 MP dengan permukaan 44×33 mm (1,7x lebih luas daripada permukaan sensor full frame), kini dikemas dalam bodi yang berbahan logam dengan grip yang enak digenggam, dengan konsep desain modern minimalis.

Hasselblad mengatakan bahwa meningkatkan kecepatan operasional kamera adalah salah satu tujuan utama mereka dalam merancang kamera ini. Dengan prosesor baru didapat peningkatan waktu nyala 46% lebih cepat, demikian juga dengan shutter lag dan waktu blackout di jendela bidik juga telah berkurang. Layar LCD yang sekarang berukuran 3,6 inci dengan resolusi 2,36 juta titik, mendukung layar sentuh dengan antarmuka yang dirancang ulang untuk lebih mudah dinavigasi. Pada sektor jendela bidik OLED memakai resolusi 3,69 juta titik dan perbesaran 0,87x dan 60 fps.

Yang mengejutkan, kamera Hasselblad X1D II ini akan dijual dengan harga yang lebih terjangkau daripada yang versi I, yaitu $5750 atau Rp 83.375.000 (patokan kurs 1 USD = Rp 14.500).

Desain antarmuka Hasselblad juga ditingkatkan dengan struktur menu yang sederhana dan mudah dibaca, terutama karena desain LCD nya yang relatif besar dan beresolusi tinggi.

Memang X1D II masih memakai autofokus deteksi kontras, namun diklaim lebih cepat dari sebelumnya, juga kecepatan pemotretan kontinu juga meningkat hingga 2,7 frame per detik. Bagi pengguna iPad, Hasselblad juga menyediakan Phocus Mobile sehingga bisa memotret dengan menyambungkan langsung ke iPad (melalui USB-C atau secara nirkabel melalui Wi-Fi).

Salah satu lensa yang bisa dipasangkan di kamera ini adalah XCD zoom 35-75mm f/3.5-4.5 yang bobotnya lebih dari 1 kg, kabarnya adalah lensa yang banyak dinanti karena kualitasnya menyamai ketajaman dari lensa fix. Lensa ini akan dihargai USD 5175 (Rp 75 juta) dan akan tersedia bulan Oktober 2019.

Saat mengumumkan X1D II, Hasselblad juga menggoda penggemar medium format dengan membocorkan pengembangan produk CFV II 50C & 907X yang bentuknya kotak seperti kamera jadul. Tapi keterangan produk ini seperti spesifikasinya akan diumumkan kemudian akhir tahun ini.

About the author: Erwin Mulyadi, penulis dan pengajar yang hobi fotografi, videografi dan travelling. Sempat berkarir cukup lama sebagai Broadcast Network TV engineer, kini Erwin bergabung menjadi instruktur tetap untuk kursus dan tour yang dikelola oleh infofotografi. Temui dan ikuti Erwin di LinkedIn dan instagram.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment