≡ Menu

Mengapa lensa mirrorless terbaru besar dan mahal?

Ada beberapa pemirsa Infofotografi di Youtube menanyakan mengapa diameter lensa ada yang besar dan ada yang kecil padahal jarak fokal dan bukaan lensa mirip?

 Bahasan melalui Youtube channel Infofotografi:

Canon EOS RF 50mm f/1.2 yang baru cukup membingungkan, karena lensa ini adalah lensa untuk kamera mirrorless Canon EOS R yang relatif baru, tapi kok ukurannya jauh lebih besar daripada lensa DSLR?

Kita tau bahwa Canon memiliki lensa DSLR Canon EF 50mm f/1.2 L, yang ukurannya lebih kecil dan ringan. Harganya pun tidak terlalu mahal.

Ada beberapa faktor yang menentukan, diantaranya:

  1. Lensa yang dirancang untuk sensor berukuran kecil otomatis ukurannya bisa lebih kecil (APS-C, Four Thirds)
  2. Lensa baru yang disiapkan untuk kamera beresolusi besar (50MP+) ukurannya akan lebih besar daripada lensa lama yang disiapkan untuk kamera film atau yang beresolusi kecil (12MP)
  3. Lensa baru yang kualitas gambarnya lebih bagus akan lebih besar karena perlu banyak elemen lensa untuk memperbagus ketajaman, mengurangi kelemahan/penyimpangan fokus cahaya ke lensa dst.
  4. Lensa baru jika ingin autofokusnya cepat, dan tahan cuaca ekstrim biasanya lebih besar daripada lensa manual fokus.

Mari kita lihat perbandingan ukuran dan berat lensa Canon 50mm.

  • Canon RF 50mm f/1.2 L : Berat 950 gram, Filter 77mm, Panjang 10.8 cm
  • Canon EF 50mm f/1.2 L : Berat 580 gram, Filter: 72mm, Panjang 6.6 cm
  • Canon EF 50mm f/1.4 : Berat 290 gram, filter: 58mm, panjang 5 cm
  • Canon EF 50mm f/1.8 STM : Berat 160 gram, filter: 49mm, panjang: 3.9 cm

Beberapa saat yang lalu, saya mencoba memotret dengan lensa RF 50mm f/1.2 dengan lensa EF 50mm f/1.8 STM. Ini bukan pertandingan yang seimbang, tapi menarik untuk diketahui bukan kehebatan dari lensa baru ini?

Tes Flare

Crop dari foto diatas, yang kanan (50mm f/1.2) tidak ada suar/flare.

Tes ketajaman di ujung gambar

Yang kanan (50mm f/1.2) lebih tajam dan tidak berpendar.

Tes Bokeh (bola-bola cahaya di latar belakang)

Bokeh dari lensa f/1.2 (kiri) terlihat lebih halus dan tidak ada “outline” di bola bokehnya.

Dari pengujian sederhana ini kita bisa menyimpulkan bahwa memang ada perbedaan diantara lensa Canon RF 50mm f/1.2 yang harganya 30jutaan ini dibandingkan dengan lensa Canon EF 50mm f/1.8 STM yang dibawah 2 juta.

Namun apakah RF 50mm f/1.2 itu terbaik? Kembali ke kebutuhan masing-masing. Misalnya jika kamera dan lensanya akan dibawa traveling yang banyak jalan kaki atau naik gunung, lensa ukuran kecil lebih menyenangkan untuk dibawa.


Ikuti kegiatan belajar fotografi dan trip di halaman ini.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 2 comments… add one }
  • Taufiq June 17, 2019, 9:36 am

    Semakin kesini ukuran, bobot dan terutama harga lensa semakin wow saja dan lucunya yg punya hobby fotografi membeli kamera dan lensa mahal2 bukan untuk motret sanak keluarga sendiri tetapi justru untuk motret orang lain terutama foto model, terlebih2 kalau modelnya cantik 😀

Leave a Comment