≡ Menu

Tour fotografi di desa Borobudur

Boleh jadi anda sudah berulang kali mengunjungi candi Borobudur yang megah, tapi sempatkah anda meluangkan waktu untuk mengenal aneka budaya dan kegiatan masyarakat di desa sekitarnya? Kali ini kami akan mengajak anda menikmati suasana pedesaan di sekitar candi Borobudur, Magelang. Jadi trip ini bukan masuk ke candi Borobudur, tapi untuk mengenal lebih jauh aktivitas masyarakat yang tinggal disana seperti pembuatan gerabah, topeng dan batik tradisional.

Perbukitan Menoreh dan hamparan tembakau yang sedang dijemur

Kegiatan ini dijadwalkan pada Maret 2020 dan saya (Erwin M.) akan mendampingi 8 (delapan) orang peserta yang berminat ikut tur ini. Selain memotret budaya dan masyarakat, kita juga akan menikmati sunset dan sunrise plus melihat gereja ayam yang terkenal sebagai lokasi shooting film bioskop.

Biaya tur sudah termasuk penginapan di dekat Borobudur, kendaraan (Hi Ace), makan selama di lokasi, dan bimbingan fotografi. Biaya belum termasuk tiket kereta/pesawat dari/ke Jogja dan tips pengemudi Hi Ace. Untuk mendaftar hubungi Iesan di 0858-1318-3069.

Proses pembuatan gerabah secara tradisional

Rencana kegiatan (acara bisa berubah sesuai kondisi) :

Sabtu (hari 1)

Pagi : kumpul di Bandara Jogja Adisucipto (bukan NYIA), lalu berangkat ke lokasi (estimasi 1,5-2 jam perjalanan)

Siang : makan siang, cek in, memotret pembuatan gula jawa, gerabah, topeng dan Jathilan

Sore : ke desa wisata, menikmati senja dari ketinggian

Minggu (hari 2)

Pagi : foto sunrise Puthuk Setumbu, lanjut foto street di pasar Borobudur sambil sarapan jajanan tradisional

Siang : Cek-out, makan siang, foto candi Mendut

Sore : menuju bandara Jogja

Peralatan yang dibutuhkan : kamera, lensa (wide dan tele lebih oke), tripod

 

About the author: Erwin Mulyadi, penulis dan pengajar yang hobi fotografi, videografi dan travelling. Sempat berkarir cukup lama sebagai Broadcast Network TV engineer, kini Erwin bergabung menjadi instruktur tetap untuk kursus dan tour yang dikelola oleh infofotografi. Temui dan ikuti Erwin di LinkedIn dan instagram.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment