≡ Menu

Fujifilm luncurkan kamera medium format 100 MP

Fujifilm Indonesia secara resmi meluncurkan Fuji GFX 100 ke Indonesia tgl 25 Juli 2019 di West Mall, Grand Indonesia, Lt. 5. Fujifilm GFX100 dilepas dengan harga Rp 154.999.000 dengan promo bonus gratis License Capture One Pro Fujifilm. Sebagai bagian dari peluncuran kamera GFX100 di Indonesia, Fujifilm juga menggelar pameran dan workshop fotografi di Grand Indonesia, West Mall Lantai 5 selama tanggal 24-28 Juli 2019. Pameran foto berisi foto-foto yang dibuat dengan kamera medium format seri GFX dari GFX 50 dan GFX 100.

Apa signifikannya Fuji GFX 100 ini?

Fuji GFX merupakan kamera dengan ukuran medium format 43,8mm x 32.9mm dengan resolusi 102 MP. GFX dilengkapi dengan teknologi mutakhir diantaranya autofokus phase detection yang cepat, mencakupi seluruh frame foto sehingga fotografer dapat dengan leluasa mengunci autofokus ke subjek foto dengan cepat dan mudah. Face dan eye detect/tracking juga tersedia. Kinerja medium format secepat ini pertama kali di dunia fotografi medium format.

Selain itu, Fuji GFX dilengkapi dengan IBIS (In Body Image Stabilization) yang di klaim mampu menstabilkan sampai dengan 5.5 stop dan weathersealing (Water proof dan dust proof) di 95 titik dan ketahanan suhu sampai -10 C, sehingga fotografer outdoor tidak merasa kuatir saat harus memotret di kondisi cuaca buruk.

Contoh tes foto di lokasi:

Fuji GFX100, lensa 32-64mm f/4, di 64mm f/4, 1/30 detik, ISO 800

Crop foto diatas

Beberapa fotografer dan sinematografer ternama seperti Tompi, Wirawan Sanjaya, Dewandra Djelantik, Govinda Rumi dan Jan Gonzales (X-Photographer asal Filipina) akan menjadi pembicara dalam workshop Fuji ini. Pameran & Workshop akan terbuka untuk umum.

Fuji melalui Wonder Photo Shop (WPS) juga akan menghadirkan layanan cetak profesional (Professional Printing Services). Yang menarik adalah ada dua kertas foto unggulan Fuji yang akan ditawarkan yaitu:

Fujicolor Crystal Archive Maxima
Rancangan khusus kertas silver halide yang dapat digunakan untuk high-end exhibition seperti museum dan galeri seni. Kertas ini dikenal memiliki lifespan yang panjang dan kepadatan warna yang tinggi sehingga menghasilkan detail bayangan yang indah dan hitam yang sangat pekat.

Fujicolor Crystal Archive Pearl
Sebuah kertas silver halide yang memberikan kesan berkilau seperti mutiara dengan ketajaman yang tinggi dan reproduksi warna yang tegas. Kertas ini biasa digunakan untuk foto fashion, komersial, hingga high-end display.

Ukuran yang tersedia mulai dari 40 x 50 cm hingga 120 x 200cm. Layanan cetak ini bisa diperoleh di Wonder Photo Shop Central Park Mall dan Fujifilm Showroom Grand Indonesia mulai pertengahan Agustus mendatang.

Lebih lengkap tentang spesifikasi Fuji GFX100 bisa dibaca di artikel ini. Nantikan review lengkapnya di Infofotografi.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment