≡ Menu

Pengalaman mengunakan Leica SL 50mm f/1.4 Summilux untuk portrait studio

Beberapa kali saya berkesempatan menggunakan Leica SL Summilux 50mm untuk keperluan portrait studio. Ukuran lensa ini terasa sangat besar, dan berat, terlebih lagi saat dipasangkan ke kamera Leica CL saya yang compact. Diameter lensa ini sangat besar memenuhi telapak tangan saya saat menggenggam.

Apa yang telah dicapai Leica dengan lensa SL 50mm Summilux  adalah merupakan paradigma baru. Belum ada produsen lain yang menawarkan tingkat kinerja dengan fokus otomatis seperti Leica SL Summilux 50 mm ini. Lensa standard 50 mm merupakan patokan yang memberikan bidang pandang alami dengan performa dan ketajaman yang luar biasa di seluruh bidang gambar

Aperture maksimum f/1.4 yang super cepat sangat ideal untuk bekerja dalam kondisi pencahayaan yang sulit dan memberikan kontrol yang sangat baik atas posisi fokus untuk aplikasi fokus selektif. Leica SL Summilux 50 mm juga dirancang untuk tahan di segala cuaca melindungi terhadap debu dan kelembaban untuk mendapatkan manfaat yang bekerja dalam berbagai macam kondisi pemotretan.

Saat dipasang di Leica CL yang bersensor APS-C, 50mm ini ekuivalen dengan 75mm di format full frame. Jarak fokal ini sangat pas bagi saya, terutama untuk keperluan “Portrait Studio”. Jika anda berada di dalam ruangan yg areanya terbatas, maka jarak kita terhadap objek pun tidak perlu terlalu dekat juga tidak perlu terlalu jauh.

Bagi saya, tidak ada lensa yang sempurna. Jika ada lensa yang sempurna, kita tidak akan membutuhkan lensa lainnya lagi bukan? Tetapi yang jelas lensa SL Summilux ini dapat memenuhi selera hasil yang diperoleh cukup ideal.

Bagi saya, lensa sangat bagus, terutama digunakan untuk “Portrait”, jika Anda menginginkan karakter, rendering, dan nuansa keseluruhan gambar yang dihasilkan lensa, Anda akan mendapatkannya. Dari cahaya redup ke cahaya terang, lensa ini menghasilkan gambar yang bagus, tajam dan natural. Gradasi monochrome yang dihasilkannya pun sangat kaya, dari warna hitam hingga ke abu-abu dan putih.


Untuk mengikuti kegiatan belajar atau aktivitas fotografi, silahkan cek halaman jadwal Infofotografi.

Bagi yang ingin memesan lensa atau kamera Leica, kami juga dapat membantu: WA 0858 1318 3069 / infofotografi@gmail.com

About the author: Yoese adalah seorang geologist dan juga photography enthusiasts, terutama untuk genre travel dan portrait photography. Karya karya fotonya bisa dilihat di Instagram @yoese_mariam

{ 3 comments… add one }
  • Arief July 3, 2019, 1:55 pm

    Nice review and very informative, I will then try to get handy with Leica.

  • George Sergio July 2, 2019, 5:30 pm

    Interesting. Well informed membuat kita ingin beralih ke camera ini.

Leave a Comment