≡ Menu

Photo Story: Toraja dan Rambu Solo

Awal Januari 2020 yang lalu, Infofotografi mengadakan tour ke Tana Toraja, tepatnya ke Rantepao, Toraja Utara. Disana kami menghadiri upacara Rambu Solo (upacara adat pemakaman). Dari aspek fotografi, banyak yang bisa diangkat, misalnya portrait orang-orangnya, prosesi upacaranya, arsitektur, dan alamnya. Tapi yang paling berkesan bagi saya adalah hewan yang akan dijadikan kurban.

Hewan yang populer menjadi kurban biasanya adalah babi dan kerbau. Jumlahnya tergantung status sosial keluarganya, semakin tinggi semakin banyak.

Yang menarik bagi saya adalah jenis kerbau (Tedong dalam bahasa Toraja) dan harganya. Kerbau biasa dihargai puluhan juta, tapi kerbau yang belang / setengah albino (Tedong Saleko) bisa dihargai lebih dari 1 milyar.

Kerbau ini diestimasi sekitar Rp 1.5 Milyar.

Meski harganya sangat mahal, akhirnya kerbau-kerbau akan dikurbankan dengan tujuan untuk membalas budi kepada yang telah meninggal. Semakin banyak kerbau yang dikurbankan lebih baik karena kerbau tersebut diyakini akan menjadi kendaraan bagi yang telah meninggal ke alam yang dinamakan Puya.


Infofotografi secara rutin mengadakan acara belajar dan tour fotografi & videografi, bagi yang berminat boleh mengunjungi halaman jadwal kami atau hubungi 0858 1318 3069

Foto-foto diatas dibuat dengan kamera Leica SL dengan lensa Leica SL 24-90mm f/2.8-4.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 1 comment… add one }

Leave a Comment