≡ Menu

Spec baru Canon EOS R5 plus Canon Cinema EOS C300 Mark III

Tanggal 20 April 2020 ini Canon mengumumkan spesifikasi EOS R5. Kamera ini adalah kamera mirrorless Canon yang mengunakan mount baru, RF mount. Spesifikasinya cukup dashyat dengan konsentrasi ke video. Belum ada info kapan kamera ini akan hadir di Indonesia tapi jika ada, tentunya kamera ini adalah kamera dengan spec video yang terbaik saat ini.

Selain 8K itu sangat detail, bahkan menurut saya 4K sudah bagus untuk standar saat ini. Untuk youtube bahkan masih banyak yang mengunakan resolusi full HD. Mungkin keuntungannya saat ini adalah untuk cropping dan stabilization jika output-nya 4K.

Spesifikasi Canon EOS R5

  • 8K RAW internal video recording up to 29.97 fps
  • 8K internal video recording up to 29.97 fps in 4:2:2 10-bit Canon Log (H.265)/4:2:2 10-bit HDR PQ (H.265).
  • 4K internal video recording up to 119.88 fps in 4:2:2 10-bit Canon Log (H.265)/4:2:2 10-bit HDR PQ (H.265). 4K external recording is also available up to 59.94 fps.
  • No crop 8K and 4K video capture using the full-width of the sensor.*
  • Dual Pixel CMOS AF available in all 8K and 4K recording modes.
  • Canon Log available in 8K and 4K internal recording modes.
  • A Canon first, the EOS R5 will feature 5-axis In-Body Image Stabilization, which works in conjunction with Optical IS equipped with many of the RF and EF lenses.
  • Dual-card slots: 1x CFexpress and 1x SD UHS-II.

Selain bisa rekam 8K RAW, yang menggagumkan juga tidak ada crop dan stabilizer 5 axis yang akan sangat membantu untuk videografer yang memegang kameranya handheld di lapangan. Dan dual pixel AF bekerja untuk semua pilihan resolusi juga melegakan, karena kamera 1DX III yang baru saya uji tidak bekerja dual pixel AF nya saat merekam video 4K.

Yang mungkin agak disesalkan adalah memory card yang digunakan tidak sama. Yang utama CFexpress yang cepat dan berkapasitas tinggi, tapi satu lagi hanya SD card UHS-II.

Kamera ini akan menjadi kamera hybrid (foto dan video) terbaik 2020 jika terealisasi, dan specnya melampaui saingannya beberapa langkah ke depan. Karena specnya yang luar biasa, harganya diperkirakan akan sangat tinggi juga. Kemungkinan mendekati Rp 100 juta.


Soal Canon EOS Cinema C300 III, bentuknya seperti kamera video profesional dengan kemampuan mengganti lensa Canon EOS EF. Fitur barunya yaitu bisa merekam Cinema RAW langsung ke memory card, punya Dual Pixel AF, dan 4K-nya bisa sampai 120fps untuk slow motion.

Selain itu, mereka mengenalkan Dual Gain Output (DGO) yang memungkinkan dynamic range yang sangat luas (16+ stop). Tapi kamera ini mungkin gak terjangkau untuk sebagian besar videografer amatir karena harganya sekitar USD11000 atau sekitar Rp170 juta.


Selama wabah Covid-19 sebaiknya belanja #dirumahaja via toko online seperti Tokopedia, Bukalapak atau Shopee

Bagi teman-teman yang ingin mengikuti kursus online fotografi dasar, silahkan menghubungi WA 0858 1318 3069

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment