≡ Menu

Review Lumix S-PRO 24-70mm f/2.8

Lensa Lumix S 24-70mm f/2.8 adalah lensa profesional untuk kamera L-mount seperti kamera Lumix S1R, Leica SL atau Sigma fp. Rentang fokal 24-70mm boleh dibilang jarak fokal yang populer untuk berbagai jenis fotografi, dari pemandangan, arsitektur, dokumentasi, wedding sampai portrait dan fashion. 

Sebagai lensa berlabel Pro, Lumix 24-70mm ini menggunakan teknologi paling mutakhir dari Panasonic, diantaranya mengunakan 18 elemen lensa dalam 16 grup, termasuk 3 elemen aspherical, 4 elemen ultra low dispersion dan 1 elemen ultra extra low dispersion. Elemen-elemen lensa ini meningkatkan kualitas gambar dalam hal ketajaman, menghilangkan chromatic aberration dan memastikan kualitas foto yang tajam dari ujung ke ujung foto.

Crop dari foto diatas
Crop dari foto diatas
Crop dari foto diatas

Lensa ini punya desain yang unik karena ada lekuk-lekukannya yang memudahkan untuk memegangnya dengan erat, tidak seperti lensa sistem kamera mirrorless yang saat ini kebanyakan minimalist dan seperti tabung silinder. Saat di zoom, dimensi lensanya menjadi sedikit lebih panjang. 

Lensa ini tidak punya tuas AF-MF tapi untuk pindah ke manual fokus, mekanismenya mengunakan focus clutch, tinggal tarik kebawah gelang manual fokusnya dan putar sesuai keinginan.

Mekanisme autofokus lensa ini juga sangat cepat yaitu mengunakan linear dan stepper motor dengan kecepatan 480 fps sehingga fokus jadi lebih cepat dan akurat untuk foto maupun video tanpa focus breathing 

Lensa ini tidak bisa dibilang kecil, bobotnya 935 gram, panjang 14 cm, filter thread 82mm, yang semakin umum untuk lensa-lensa kelas profesional, dan sayangnya tidak memiliki image stabilizer, tapi untungnya, kamera-kamera Panasonic Lumix S saat ini semuanya punya in-body stabilizer yang bagus di body kameranya.

Sebagai lensa S-Pro yang di certified oleh Leica, lensa ini dibuat dengan ketahanan yang tidak diragukan lagi dengan splash, dust freeze proof, dan punya 11 bilah diafragma, memastikan bokeh / bagian blur latar belakang bulat dan mulus. Sepertinya lensa ini memang di rancang untuk penggunaan  jangka panjang.

Crop dari foto diatas menunjukkan bokeh yang halus di f/2.8

Salah satu keunggulan lensa yang mungkin akan sangat dihargai oleh videografer selain tiadanya focus breathing adalah mekanisme aperture yang mulus saat merekam video, sehingga saat syuting dari tempat yang gelap ke terang atau sebaliknya perubahan terang gelapnya sangat mulus dan tidak terkesan patah-patah. 

Teman-teman yang menginginkan lensa 24-70mm f/2.8 terbaik untuk L-mount tentunya tidak perlu melirik lensa yang lain lagi. Selain sangat padu saat dipasang di kamera Lumix S1R, lensa ini menghasilkan kualitas foto yang sangat bagus, tajam dan detail. Selain itu, lensa ini juga sangat fleksibel dan bisa digunakan bukan hanya fotografi tapi juga untuk videografi.

Saksikan video review Lumix S-Pro 24-70mm f/2.8 di Infofotografi

Bagi teman-teman yang tertarik membeli lensa ini bisa hubungi WA 0858 1318 3069 atau bisa di Blibli.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 1 comment… add one }

Leave a Comment