≡ Menu

Sony A7C, mirrorless full frame ringkas dengan 5 axis stabilizer

Rumor akan hadirnya kamera mirrorless Sony Alpha E-Mount yang bentuknya compact akhirnya kini sudah resmi diumumkan, dengan nama Sony A7C yang mengambil konsep A7 III dalam kemasan bodi gaya kamera rangefinder seperti A6000, dengan layar LCD lipat articulated dan sensor shift stabilizer 5 axis yang akan disukai konten kreator seperti travel vlogger.

Sony A7C dengan lensa kit baru, FE 28-60mm f/4-5.6 yang ringkas

Dengan sensor 24MP BSI CMOS full-frame dan prosesor Bionz X bisa dibilang kinerja dan kualitas hasil fotonya sama dengan A7 III, dengan harga yang lebih murah yaitu sekitar $1800 bodi saja. Juga sama dengan A7 III, kamera A7C ini diberikan kemampuan sistem Auto fokus ‘Real-time tracking’ yang bisa mengenali kepala, wajah, mata dan satwa/animal. Kecepatan memotret juga bisa 10 fps, dengan baterai tipe Z juga yang memberi tenaga lebih panjang hingga 740 kali jepret.

Perbedaan utama A7C ini dibanding A7 lainnya tentu selain form factor (yang mempengaruhi posisi dan ukuran jendela bidik), juga adalah layar LCD-nya. Bahkan desain ini tidak ditemui di semua keluarga A6000, karena A7C ini layarnya bisa dilipat ke samping, bukan ke atas. Cara melipat ini sebelumnya dipakai di Sony A7S III, yang juga ditujukan untuk kemudahan rekam video. Bonusnya, layar LCD bisa dilipat kedalam (menutup) untuk lebih aman saat disimpan. Sayangnya, di A7C tidak ditemui joystick yang mulai rutin ditemui di kamera Sony terbaru, dan hanya memakai satu slot SD card UHS-II.

Beberapa fitur utama dari Sony A7C ini diantaranya :

  • sensor BSI 24 MP full frame
  • 4K video 30p, 8-bit S-Log dan HLG
  • 10 fps
  • stabilizer 5 axis di sensor
  • mic dan headphone 
  • unibody magnesium alloy
  • fitur AF setara A7 III

Kekuatan utama A7C menurut saya adalah di ukurannya yang ringkas, bahkan sangat mirip seperti kamera A6000 series yang notabene pakai sensor APS-C. Memang sekilas sulit untuk membedakan antara produk keluarga Sony A6000 dengan Sony A7C full frame ini. Sony A7C paling mudah dikenali dari roda kompensasi eksposur di bagian kanan atasnya, yang sudah rutin ada di semua seri A7. Untuk saat ini A7C bisa dibilang adalah kamera full frame dengan sensor shift stabilizer terkecil yang akan cocok untuk generasi muda yang suka travel atau merekam video.

About the author: Erwin Mulyadi, penulis dan pengajar yang hobi fotografi, videografi dan travelling. Sempat berkarir cukup lama sebagai Broadcast Network TV engineer, kini Erwin bergabung menjadi instruktur tetap untuk kursus dan tour yang dikelola oleh infofotografi. Temui dan ikuti Erwin di LinkedIn dan instagram.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment