≡ Menu

Sharing 5 (lima) tips untuk pengguna kamera Sony A7

Tips 1 : maksimalkan fitur SteadyShot dengan baik. Set ke posisi ON bila memotret tanpa tripod, khususnya saat shutter agak lambat atau pakai lensa tele. Set ke posisi OFF bila diatas tripod, supaya foto lebih tajam maksimal. Untuk setting Adjustment bisa set ke Auto, sehingga kamera akan memberikan efek stabilisasi sesuai fokal lensa. Bila pasang lensa fix manual misal lensa 50mm, maka tentukan sendiri Focal Length SteadyShot ke angka 50mm.

Pengaturan SteadyShot

Tips 2 : Manfaatkan pengaturan viewfinder dan monitor LCD dan gunakan setting Sunny Weather untuk outdoor. Ini membantu membuat layar tampak terang saat outdoor (meski membuat baterai lebih cepat habis).

Auto akan membuat jendela bidik menyala bila kamera mendeteksi kita mendekatkan mata ke jendela bidik

Tips 3 : atur level Noise Reduction sesuai kebutuhan (baik untuk Long Exposure NR dan High ISO NR). Bila saat memotret dengan shutter lambat kita tidak mau menunggu proses Long Exposure NR yang lama (misal motret dengan 30 detik, akan tambah lagi 30 detik untuk NR), bisa set ke Off. Resikonya mungkin akan muncul noise di hasil foto, meski pakai ISO rendah.

Untuk High ISO NR, akan mengurangi noise saat pakai ISO tinggi. Pilihannya ada Low, Medium dan High. Memilih High ISO di posisi High kurang disarankan karena akan menurunkan detail foto dan terlihat sangat halus.

Tips 4 : Manfaatkan tombol Center untuk kustomisasi AF. Tombol tengah lingkaran di belakang bila ditekan akan bisa memberi fungsi yang spesifik saat auto fokus. Namun syaratnya fungsi tombol tengah ini harus diatur ke Standard, bukan di kustomisasi ke fungsi yang lain. Tombol tengah ini akan berfungsi :

  • Memulai/mengakhiri trakcing Lock-on AF (bila posisi Wide Area AF dan di menu Center Lock-on AF di set ke On)
  • Menjadi Center focus area (bila posisi Wide Area AF dan di menu Center Lock-on AF di Off)
  • mengembalikan titik fokus ke tengah Saat di posisi Zone atau Flexible Spot

Tips 5 : Kenali pengaturan dual slot SD card, bila kameranya mendukung dual slot memory (misal A7 III). Bila anda punya SD card UHS-II pasanglah pada slot yang sesuai (yaitu slot 1), untuk menikmati kecepatan baca tulisnya. Bila tidak, maka kecepatannya akan diturunkan seperti standar UHS-I. Bila kartu anda hanya yang berjenis UHS-I maka dipasang di slot manapun kecepatannya tetap sama.Untuk setting Prioritize Record Media, sebaiknya tidak usah diubah, biarkan di slot 1 karena slot itulahyang mendukung UHS-II. Untuk Auto Switch Media, normalnya ini di posisi off. Tapi bila di On, dan recording mode diset ke Standard, dan di kedua slot terisi SD card, maka bila slot 1 penuh, akan dilanjutkan memakai slot 2.

Info : anda pengguna Sony A7 III bisa mendapatkan ebook 10 setting A7 III dengan memesan ke Iesan 0858-1318-3069.

About the author: Erwin Mulyadi, penulis dan pengajar yang hobi fotografi, videografi dan travelling. Sempat berkarir cukup lama sebagai Broadcast Network TV engineer, kini Erwin bergabung menjadi instruktur tetap untuk kursus dan tour yang dikelola oleh infofotografi. Temui dan ikuti Erwin di LinkedIn dan instagram.

{ 1 comment… add one }
  • Cecep February 26, 2021, 11:47 am

    Saya pemakai a7,steadyshotnya di posisi off ga bisa diubah,knapa ya? ..terimakasih

Leave a Comment