≡ Menu

Leica 35mm f/2 APO Summicron | Bisa fokus dekat sampai 30cm

Pakem bahwa lensa Leica M untuk kamera rangefinder tidak bisa fokus lebih dekat dari 70 cm kini tidak berlaku lagi setelah kemunculan lensa baru: Leica 35mm f/2 APO-Summicron. Hal ini karena lensa ini bisa fokus sampai dengan 30cm.

Lensa manual fokus Leica M biasanya memiliki focus throw sekitar 90° . Dengan kemampuan close focus, lensa ini memiliki focus throw 300° untuk manual fokus yang lebih presisi.

Formula lensa ini yaitu 10 elemen dalam lima kelompok. Terdapat empat lensa aspherical, 6 mengunakan elemen khusus untuk mengurangi Chromatic abberation (CA). Lensa ini punya 11 bilah bukaan untuk bokeh yang mulus. Lens hood berbahan logam sudah termasuk dalam pembelian lensa. Bentuk dan desainnya seperti lensa di Leica Q dan cocok untuk filter berukuran 39mm.

Meskipun mampu fokus ke subjek dari jarak yang relatif dekat, kualitasnya tetap sangat baik seperti tradisi Leica. Dengan kemampuan fokus dekat ini, bokeh (background blur) semakin mudah dihasilkan. Karena ketajaman lensa dan kemulusan bokehnya, foto berbagai subjek terlihat lebih berdimensi termasuk foto portrait.

Contoh foto close-up dari lensa ini.

Lensa dengan focal length 35mm f/2 populer dikalangan pengguna kamera Leica M, karena ukurannya sangat kecil dengan berat 320gram, ideal untuk street dan travel photography. Dengan peningkatan kualitas gambar dan bisa fokus dekat lensa dan tetap ringkas, dan menjadikan lensa ini sempurna dan mungkin satu-satunya lensa yang dibutuhkan untuk fotografer Leica M.


Harga Lensa ini sekitar Rp130 juta-an, harga bisa naik sewaktu-waktu. Jika berminat mendapatkan lensa in atau lainnya bisa menghubungi kami di WA 0858 1318 3069

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment