≡ Menu

Pentax K-3 Mark III, DSLR APS-C yang makin ditingkatkan fiturnya

Setelah di tahun 2015 Pentax merilis K-3 Mark II, di tahun 2020 lalu Ricoh mengumumkan bahwa K-3 Mark III sedang dalam tahap pengembangan; dan akhirnya sang flagship DSLR APS-C kelas menengah ini resmi diluncurkan Maret 2021, dengan meningkatkan fitur di berbagai sisi, sebutlah misalnya dari sensor, titik fokus, shutter unit dan kemampuan videonya. Pentax K-3 Mark III kini dibandrol seharga $2000 dan kini menjadi salah satu DSLR APS-C dengan segmen serius yang cukup mahal, setara dengan Canon 7D Mark II atau Nikon D500.

Dibalik harganya yang termasuk tinggi, Pentax kini memberikan sensor 25,7 MP APS-C tanpa AA filter, berjenis BSI yang lebih baik (ISO up to 1,6 juta), dengan 5 axis stabilizer (up to 5,5 stop) yang dibalut bodi magnesium yang tentunya sudah weathersealed. Seiring jaman yang menuntut kemampuan rekaman video 4K, maka Pentax K-3 Mark III juga sudah bisa merekam video 4K 30p dengan tetap bisa menikmati IS di bodinya. Urusan auto fokus yanng sebelumnya memiliki 25 titik AF, kini meningkat drastis jadi 101 titik AF dengan 25 diantaranya jenis cross-type, dan bisa memfokus di keadaan gelap hingga -4 Ev. Untuk urusan kecepatan menembak kamera ini bisa memotret 12 fps berkat desain shutter mekanik yang baru, sebelumnya hanya bisa 8 fps. 

Perbandingan kinerja ISO tinggi di Pentax K3 Mark III dengan Pentax K1 Mark II yang full frame 36 MP

Pentax K-3 Mark III juga tetap mempertahankan fitur-fitur andalan seperti Pixel Shift Resolution, AA Simulator dan Dual Slot memory. Jendela bidik prismanya memiliki perbesaran 1,05x dan 100% view, termasuk sangat mewah untuk ukuran sebuah prisma. Dengan bobot 735 gram, kamera dengan K-mount ini bahkan sudah menyediakan fitur Wireless LAN bagi yang memerlukan upload foto secara nirkabel.

Penuh dengan roda, tombol, hingga layar LCD tambahan

Dari sisi penampilan fisik luarnya, Pentax K-3 Mark III terlihat gagah dan solid. Di seluruh bodinya terdapat berbagai tombol, tuas dan roda (termasuk ada joystick juga) untuk memudahkan pengguna mengatur setting kamera. Layar besar 3,2 inci yang mendukung touchscreen ini tidak bisa dilipat, mungkin Pentax memilih jenis layar fix untuk memastikan kekokohan bodi secara umum, barangkali digunakan untuk kondisi yang sulit maka layar fix akan lebih aman.

Mode kamera yang lengkap

Menurut saya, Pentax K-3 Mark III ini akan menggoda pengguna Pentax APS-C lama untuk upgrade, atau cocok dipakai untuk jurnalis dan liputan di alam terbuka. Hanya saja dengan landscape tren kamera di masa kini yang sudah didominasi oleh kamera mirrorless, Ricoh Pentax perlu membuktikan diri untuk bisa stand-out dan tetap diminati loyalisnya.

About the author: Erwin Mulyadi, penulis dan pengajar yang hobi fotografi, videografi dan travelling. Sempat berkarir cukup lama sebagai Broadcast Network TV engineer, kini Erwin bergabung menjadi instruktur tetap untuk kursus dan tour yang dikelola oleh infofotografi. Temui dan ikuti Erwin di LinkedIn dan instagram.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment