≡ Menu

Lensa Fujifilm XF 18mm f/1.4 lensa Fuji X dengan kinerja tinggi

Hari ini Fujifilm mengumumkan lensa baru, Fujifilm Fujinon XF 18mm f/1.4 R LM WR. Lensa ini dirancang untuk sistem kamera Fujifilm X. Lensa ini dibuat untuk kamera bersensor APS-C, oleh sebab itu, jarak fokalnya ekuivalen dengan 27mm di kamera full frame dan termasuk lensa fix lebar.

Saksikan review, contoh foto dan behind the scene menggunakan Fuji XF 18mm f/1.4 dan Fujifilm X-T4

Secara fisik, lensa ini mirip dengan lensa Fuji XF lainnya yaitu punya aperture ring untuk mengubah bukaan dari f/1.4-f/16 dan mode Auto Aperture. Ukuran dan bentuknya mirip dengan lensa zoom XF 18-55mm f/2.8-4, tapi setelah disandingkan, 18mm sedikit lebih besar, mengunakan filter 62mm sedangkan yang 18-55mm mengunakan filter 58mm.

Panjang lensanya 7.56cm, sekitar 0.5 cm lebih panjang dari 18-55mm. Lens hood LH-XF18 khusus berbahan alumunium untuk 18mm tersedia untuk kamera Fuji ini, melindungi dari benturan dan mengurangi flare & ghosting saat memotret di kondisi backlight. Lensa ini juga sudah dilindungi dengan WR (weather resistant) dan bisa fokus cukup dekat yaitu 20cm.

Lensa 18mm ini cukup lebar tapi tidak lebar sekali sehingga terlihat cembung/distorsi. Jarak fokal 18mm di APS-C ini cocok untuk berbagai jenis fotografi. Bukaan lensa yang besar sekali (f/1.4) membantu untuk memisahkan subjek dari latar belakangnya. Kualitas bokeh (background blur) mulus dan enak dilihat.

Saat lensa ini dipadukan dengan kamera Fuji X-T4 yang memiliki stabilizer di body, membuatnya sangat ideal untuk memotret di kondisi yang sangat gelap. Di bukaan terbesarnya, kualitas gambar sudah sangat baik dan tajam. Dalam pengujian di lapangan, saya mampu membuat gambar yang tajam dengan konsisten kurang lebih 1/2 detik, atau sekitar 4-4.5 stop tanpa tripod. Dengan performa seperti ini saya dapat mengunakan ISO rendah (160-400) saat memotret pemandangan kota dengan baik di malam hari.

Sebenarnya Fuji sudah punya lensa 18mm, yaitu lensa yang diluncurkan tahun 2012 bersamaan dengan kamera generasi pertama Fuji yaitu Fujifilm X-PRO 1. Lensa yang berukuran sangat tipis (pancake) tapi mengunakan teknologi optik dan motor fokus generasi awal sehingga tidak secepat dan sebaik yang XF 18mm f/1.4 baru ini.

Lensa 18mm ini adalah lensa ke-39 Fujifilm X dan menandakan komitmen Fujifilm untuk terus mengembangkan dan memperbaharui sistem kamera Fujifilm X. Kehadiran lensa 18mm f/1.4 ini memberi angin segar bagi content creator, photojournalist, street photographer yang membutuhkan lensa dengan kinerja tinggi.

Spesifikasi lensa Fujifilm XF 18mm f/1.4

Optik: 15 elemen dalam 9 kelompok
Bukaan : f/1.4-f/16
Kinerja autofokus: 0.04 dari fokus minimum ke infinity
Filter 62mm
Jarak fokus minimum 20cm
Panjang 7.56cm
Berat 370g

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 1 comment… add one }
  • Jaya April 17, 2021, 12:19 pm

    Koh review perbandingan lensa fuji vs lensa thirdparty dong koh,
    Misal fujinon XF 23mm 1.4 vs Viltrox XF 23mm 1.4
    Apa saja kekurangan dan kelebihan dari masing2 lensa mengingat harga yang terpaut jauh..
    Barangkali bisa jadi alternatif untuk yang minim budget dalam membeli lensa..

Leave a Comment