≡ Menu

COLBOR Light CL100 – Lampu LED Profesional untuk video & foto

Sudah cukup lama saya mengunakan lampu LED untuk kebutuhan foto dan video, terutama untuk membuat konten video untuk Youtube. Perkembangan lampu LED dalam beberapa tahun belakangan sangat baik dan dalam beberapa tahun kedepan mungkin menjadi lebih populer lagi bukan untuk video tapi juga untuk foto.

Kesan pertama terhadap COLBOR CL100 ini yaitu dimensi lampu yang sangat ringkas dan saat diangkat relatif ringan. Panjangnya hanya 20 cm, lebar dan tingginya 11.6cm dan beratnya hanya 1.1kg. Dari ukurannya, Colbor CL100 ideal bukan hanya di dalam ruangan tapi juga untuk di luar ruangan.

LED light dua warna & efek-efek khusus untuk video

Fitur COLBOR CL100

Lampu LED CL100 ini bi-color, artinya memiliki warna yang bisa diganti dari 2700-6500 Kelvin, kualitas warna CRI > 97 dengan tingkat kecerahan yang bisa diatur dari 0-100. Jika kecerahan kurang cukup, kita bisa mengaktifkan overclock mode untuk mendapatkan kecerahaan ekstra, setara 120W selama 60 detik.

Bagi yang bekerja dengan beberapa lampu, setiap lampu CL100 bisa diatur group A sampai E. Setting kamera juga bisa diatur dengan remote.

Ada beberapa efek lampu yang tersedia diantaranya: Candle (Lilin), Bonfire (Api Unggun), BLN (Kelap-kelip), Faulty Bulb, Flash, dan Lightning (kilat). Di setiap efeknya ada lima tingkat kita dapat mengatur frekuensinya.

Supaya bisa bekerja dengan baik dan tidak kepanasan (overheat), ada mode SMART dimana kecepatan kipas akan menyesuaikan dengan suhu internal dan eksternal secara otomatis, sedangkan mode QUIET berarti kipas tidak akan menyala sampai kondisi suhu internal sangat panas. Mode QUIET cocok untuk adegan yang senyap, supaya suara kipas tidak masuk ke dalam rekaman video.

Kelebihan & Kekurangan COLBOR CL100

Colbor CL100 tidak sendirian di dunia lampu LED, tapi produk Colbor ini punya keunggulan yang unik, pertama ukurannya yang ringkas dan ringan memudahkan untuk mobilitas terutama saat digunakan di luar ruangan. Kedua, kualitas warna dan kecerahannya sangat baik, setara dengan lampu yang lebih mahal yang tersedia di pasaran.

Satu-satunya kekurangan CL100 ini adalah bahan casing yang sebagian besar terbuat dari plastik ABS yang tidak tahan banting dan saat dipasang dengan softbox besar (1 meter atau lebih) agak sulit mengunci dengan presisi saat posisinya menunduk.

Di sisi lain, pilihan material dan fisik lampu ini membuat casing Colbor menjadi ringan. Untuk ekosistem aksesorisnya, Colbor memang belum memiliki softbox yang dijual terpisah sampai artikel ini ditulis, tapi aksesoris dengan Bowen mount sangat mudah ditemukan di pasaran.

Menurut saya, Colbor CL100 ini cocok bagi fotografer dan videografer yang menginginkan lampu yang praktis untuk digunakan berbagai kondisi, di dalam dan di luar ruangan. Fitur, ukuran dan harga yang terjangkau membuat saya sangat merekomendasikan lampu ini.

Colbor CL100 bisa dinyalakan dengan battery v-mount seperti lighting video lainnya

Di dalam Box CL100

  • Tas kotak lengkap dengan tali
  • Adaptor dan kabel Power supply
  • Satu unit lampu Colbor CL100
  • Standard Reflector Bowen mount
  • Remote Control
  • Manual
Saksikan pembahasan dan demonstrasi LED lighting dari Colbor CL100 ini

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment