≡ Menu

Workshop Mastering the Art and Photography Techniques

Tujuan dari kelas ini adalah memberikan bekal pengetahuan dan kemampuan teknik serta artistik yang cukup bagi peserta supaya siap dalam memotret di berbagai kondisi dengan baik. Kursus/workshop ini ditujukan kepada penggemar fotografi yang sudah cukup menguasai dasar fotografi. Bagi pemula yang ingin belajar dasar fotografi lebih disarankan untuk memilih kursus kilat dasar fotografi.

Instruktur: Enche Tjin & Erwin Mulyadi

Lokasi belajar:
Rukan Sentra Niaga N-05
Green Lake City
Duri Kosambi, Jakarta Barat

Materi hari pertama: Mastering Photography Techniques

Angkatan ke 23 :

Sabtu, 16 Desember 2017
Waktu: Jam 10.00-16.30 WIB
Biaya: Rp 600.000

1. Memahami tentang Fokus
Mekanisme fokus penting dipahami untuk memastikan ketajaman foto. Kita akan membahas autofocus, manual focus, zone focus, hyperfocal focus, ruang tajam (DOF), mode fokus untuk subjek bergerak dan AF fine tune.

Praktik : Peserta akan dibantu untuk memeriksa akurasi lensa masing-masing dan mengkalibrasinya melalui AF fine tune (fitur yang hanya terdapat di kamera tertentu) dan praktik foto benda bergerak dengan tombol AF-ON.

2. Memaksimalkan ketajaman foto
Pernah lihat foto yang sangat tajam sampai detail-detailnya di kondisi cahaya yang gelap atau interior? Kemungkinan besar fotografernya mengunakan teknik yang sangat baik untuk memaksimalkan ketajaman foto plus tip editing untuk mempertajam foto. Kita akan belajar mengenal ultimate sharpness dalam fotogafi.

Praktik : peserta akan mencoba berbagai teknik untuk mencegah getaran dan memaksimalkan ketajaman foto.

100% zoom dari foto diatas

Teknik memotret dengan ketajamanan terbaik

teknik-mempertajam-foto

100% zoom dan crop dari foto diatas

3. Metering dan cara menggunakan spot metering dengan tepat untuk berbagai jenis fotografi
Spot metering mungkin adalah mode metering yang paling misterius, tapi kalau pemakaiannya tepat, eksposur/terang gelap foto kita akan ideal. Berguna untuk berbagai jenis fotografi, termasuk landscape, konser.

Praktik : peserta akan memotret dengan spot metering dan gray card untuk memahami tentang ekpsosur lebih dalam.

4. Mengatasi pencahayaan yang kontras misalnya saat foto sunset/sunrise dan interior
Sering stres karena langit dan bumi terang gelapnya jauh berbeda? Langit terang sekali sedangkan bumi gelap? Kita akan mengatasi semua itu dengan berbagai teknik, antara lain: auto lighting optimizer/Active D-Lighting, mengunakan Filter GND, dan built-in HDR.

Praktik: peserta akan memotret interior dengan jendela. Kita akan berusaha mendapatkan terang gelap yang seimbang antara luar ruangan dan interior.

Rooftop Photography

Foto night cityscape menantang karena pencahayaan yang kontras dan angin kencang

Wajib dibawa: Kamera, lensa, tripod
Tidak wajib tapi direkomendasikan: cable release

Materi hari kedua: Mastering Art of composition and editing

Minggu, 17 Desember 2017
Waktu: Jam 10.00-16.30 WIB
Biaya: Rp 600.000

1. Mengelola Warna
Warna adalah sesuatu yang sangat penting dalam fotografi untuk meningkatkan akurasi warna sesuai yang diinginkan baik di layar monitor atau saat cetak, kita harus mengatur setting hal-hal yang berhubungan dengan warna di kamera, dan kalibrasi monitor kita. Hal-hal yang dibahas meliputi CMYK/RGB, Gamut warna, White Balance (WB), WB Shift, picture style and control, hue/color tone.

Praktik : Kalibrasi warna monitor, setting WB untuk warna cahaya yang berbeda (mixed light) antara dalam dan luar ruangan.

2. Advanced Composition
Pembahasan tentang teknik dan langkah-langkah membuat komposisi foto yang artistik dan menarik. Pembahasan beberapa konsep komposisi, meliputi golden rasio, contrast, visual balance, harmony, isolation, storytelling, flow/action, banyak contoh foto untuk membantu pemahaman.

3. Post processing / editing
Pembahasan tentang konsep pengeditan foto dari awal sampai akhir. Tahapannya antara lain : Memperbaiki kelemahan foto, membuat subjek foto lebih dominan, memasukkan “rasa/feeling” ke dalam foto. Juga dibahas tentang beberapa gaya editing yang populer. Sebagian besar mengunakan Adobe Lightroom.

Akan dibahas persiapan teknik foto untuk HDR (penggabungan beberapa foto menjadi 1 dengan software Photomatix).

Kiri: tipikal foto dengan mode Auto, Kanan: perpaduan dua foto dengan teknik HDR

Kiri: tipikal foto dengan mode Auto, Kanan: perpaduan dua foto dengan teknik HDR

Atas: tanpa teknik HDR. Bawah: Teknik HDR mampu memunculkan detail di daerah yang gelap

Atas: tanpa teknik HDR. Bawah: Teknik HDR mampu memunculkan detail di daerah yang gelap

pagi-hari-situ-cileunca

Praktik: Latihan memotret dengan bracketing untuk HDR, dan latihan mengedit foto dengan software pengolah foto favorit Anda, sambil dibimbing dan diberikan masukan.

Wajib dibawa : Kamera, lensa, tripod, laptop
Tidak wajib tapi disarankan : foto-foto pribadi untuk diedit

Special Deal: Untuk peserta yang mengikuti dua kelas sekaligus, akan mendapatkan harga special, yaitu Rp 950.000 (Discount Rp 250.000).

Cara Mendaftar

  • Transfer bank atas nama Enche Tjin via Bank BCA: 4081218557 via Bank Mandiri: 1680000667780
  • Konfirmasi melalui e-mail (email: infofotografi@gmail.com), sms atau telepon (085813183069 / 085883006769) dengan menyertakan nama peserta dan nama penyetor.
  • Datang di hari H sesuai dengan jadwal yang tercantum