≡ Menu

Peran kamera ponsel dalam perkembangan fotografi

Smartphone, atau ponsel pintar, semakin lama semakin populer sebagai alat untuk fotografi terutama untuk 1-2 tahun terakhir ini. Hampir semua ponsel cerdas memiliki kamera, dari 2 MP sampai 12 MP. Semakin lama, kualitas foto pun sudah semakin tinggi dan ada yang sudah melampaui kamera saku, misalnya kamera Nikon N8.

Kamera seperti Nokia N8, kualitas fotonya sudah melebih banyak kamera saku dipasaran tahun 2010 ini

Kamera seperti Nokia N8, kualitas fotonya sudah melebih banyak kamera saku dipasaran tahun 2010 ini

Selain kualitas foto yang semakin meningkat, ponsel pintar juga jauh lebih praktis daripada membawa kamera saku secara terpisah. Ponsel cerdas bisa digunakan untuk merias foto, bisa juga langsung diunggah ke jejaring sosial seperti Facebook untuk dibagikan kepada teman-teman lain. Tentunya ponsel cerdas ini bisa melakukan hal-hal lain seperti menelepon, chatting, browsing dan sebagainya.

Dengan mengunakan aplikasi instagr.am di ponsel cerdas iPhone, Anda bisa mengubah nuansa foto menjadi klasik dengan mudah

Dengan mengunakan aplikasi instagr.am di ponsel cerdas iPhone, Anda bisa mengubah nuansa foto menjadi klasik dengan mudah

Dibandingkan dengan kamera saku biasa, kamera ponsel cerdas memang masih memiliki kekurangan-kekurangan. Tapi diantaranya malah merupakan kelebihan yang terselubung.

Misalnya kamera ponsel tidak memiliki lensa zoom seperti kamera saku, tapi justru karena tidak ada zoom, maka kita “dipaksa” untuk mengunakan kaki kita untuk zoom, akibatnya sudut pengambilan foto akan lebih baik.

Selain itu, banyak mengeluhkan kualitas foto yang dihasilkan oleh ponsel, tapi seperti yang disebut diatas, ponsel cerdas keluaran tahun 2010 ini, seperti Apple iPhone 4 dan Nokia N8, sudah bisa disejajarkan atau bahkan melebihi kualitas kamera saku. Dan lagi, untuk keperluan online seperti Facebook, sebenarnya foto berukuran 0.3 MB saja sudah cukup besar.

Yang terakhir yaitu kamera saku memiliki fungsi atau kontrol yang terbatas, seperti tidak memiliki fungsi manual. Tapi karena kesederhanaan fungsi tersebutlah yang membuat kita terfokus dengan komposisi dan aspek estetika lainnya.

best-cameraMaka dari itu, kamera cerdas saat ini lebih banyak digunakan dibandingkan dengan kamera saku untuk membuat foto. Bahkan banyak fotografer profesional yang mengunakan kamera ponsel untuk kegiatan kesehariannya seperti Chase Jarvis dan bukunya yang berjudul “The Best Camera is the one that’s with you

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 5 comments… add one }
  • gus de April 28, 2011, 4:17 am

    saran nie boss!! coba hp kamera sony K800 biarpun kecil resolusinya (3,1mp) namus bagus untuk pemula yang pake hp.

  • Riska February 13, 2011, 2:09 am

    Ketertarikan saya dengan dunia fotografi saat ini adalah berkat Nokia N8 yang saat ini saya miliki. Berusaha untuk terus mengoptimalkannya sebelum memiliki Camera DSLR yang diinginkan.

  • didik s December 16, 2010, 6:44 pm

    terima kasih atas komentarnya. Pak Enche kalo saya mau menggabungkan satu jenis kamera dengan lensa yang berbeda jenis kamera dan lensa apa yang paling cocok untuk itu dan cocok pula untuk hampir semua kebutuhan pemotretan…terima kasih pak

  • didik s December 15, 2010, 11:18 pm

    saya seorang pemula dan ingin memiliki kamera DSLR yang baik, tolong diberikan arahan dalam memilih kamera. Saat ini ada 2 kamera yang menarik hati saya yaitu Canon 550D dan Sony Alpha SLT A 55….tolong diberi perbandingan antara keduanya, terima kasih

    • Enche December 16, 2010, 12:44 am

      Sony SLT A55 adalah kamera dengan teknology hybrid, sehingga dia itu seperti DSLR tapi bukan DSLR karena tidak mengunakan cermin seperti di kamera-kamera DSLR. Kelebihan model kamera seperti ini adalah sewaktu merekam video, auto fokusnya bisa aktif dan terus mengikuti subjek foto yang bergerak, dan juga kecepatan tembak perdetiknya lebih tinggi.

      Kelemahaan utama SLT55 adalah ketika kita membuat foto, seperti auto fokusnya lebih pelan daripada DSLR biasa, seperti Canon 550D.

Leave a Comment