≡ Menu

Keunggulan dan kelemahan sistem kamera DSLR : Canon, Nikon, Sony, Pentax dan Olympus

Banyak yang menanyakan apa keunggulan dan kelemahan suatu sistem kamera DSLR. Pada umumnya, semua kamera DSLR hampir sama: memiliki sensor berukuran besar lebih besar dari kamera saku/ponsel, memiliki fungsi manual dan otomatis. Yang membedakan biasanya adalah desain, fitur dan koleksi lensa dan aksesorisnya.

Sulit mengatakan sistem mana yang terbaik karena masing-masing punya keunggulan dan kelemahan. Selain itu juga tiap model berbeda-beda dan punya keunggulan-kelemahan sendiri pula.

Menurut pengamatan saya selama dua tiga terakhir ini, saya akan ulas secara singkat beberapa keunikan sistem kamera DSLR yang populer.

canon-1000d

Canon 1000D, salah satu kamera pemula termurah saat ini

Canon: Salah satu sistem kamera DSLR kamera yang paling populer di dunia. Canon memiliki koleksi lensa yang lengkap dari yang berkualitas rendah sampai tinggi. Kamera-kameranya juga lengkap dari untuk pemula sampai yang sangat canggih untuk profesional kelas atas.

Saya menyukai kamera-kamera pemula merek Canon dibandingkan dengan merek lainnya karena kamera pemula Canon seperti 1100D, 600D dan 650D saya pikir mudah digunakan, antar muka dan menunya juga sangat rapi dan terorganisasi dengan baik. Kekurangan kamera pemula Canon yaitu bahannya agak murahan dan tidak begitu enak gengamannya.

Satu-dua tahun terakhir ini, Canon lebih fokus dalam pengembangan kamera DSLR yang bisa merekam video clip. Sampai saat ini, hampir semua kamera DSLR Canon melampaui pesaingnya dalam urusan merekam video. Link pembelian kamera Canon : Bukalapak | Lazada

Nikon D3S, kamera canggih idaman fotografer, terutama yang untuk event atau photojournalistik

Nikon D3S, kamera canggih idaman fotografer, terutama yang untuk event atau photojournalistik

Nikon: Sama seperti Canon, sistem Nikon bisa dibilang cukup komplit. Banyak lensa Nikon yang berkualitas tinggi dan lebih mahal dari Canon. Saya menyukai kamera Nikon terutama yang canggih (D700, D3s) karena auto fokusnya bekerja sangat baik, mungkin yang terbaik dibandingkan merek lain. Pengendalian noise di ISO tinggi juga sekelas diatas merek lain, sehingga cocok digunakan untuk foto di kondisi ruangan yang gelap.

Tidak seperti Canon, saya tidak begitu menyukai kamera pemula Nikon (D40, D60, D3000, D3100) karena antar mukanya saya pikir kurang baik. Contohnya menu yang susunannya kurang rapi dan juga tombol-tombol yang tersedia kurang untuk mengakses settingan yang sering dipakai. Selain itu, kamera pemula Nikon tidak memiliki motor auto fokus sehingga untuk beberapa lensa lama, tidak bisa mengunakan auto fokus (hanya manual). Bukalapak | Lazada

Sony: Sony adalah pendatang yang relatif baru, tapi teknologinya mengunakan teknologi Konica Minolta yang di akuisisi Sony beberapa tahun yang lalu. Sony cukup agresif dan banyak mengeluarkan model-model baru setiap tahunnya, tapi model-model kamera tersebut mirip-mirip. Sony juga memiliki deretan model kamera dari yang untuk pemula sampai untuk yang profesional, meski yang untuk profesional tidak secanggih dan sebanyak Canon & Nikon.

sony-nex-5

Sony NEX-5, kamera mirip SLR yang dikembangkan Sony satu tahun terakhir ini

Ada beberapa keunikan di kamera-kamera Sony dibanding Canon dan Nikon. Misalnya kamera-kameranya ada fitur built-in steady shot yang membantu mencegah foto blur karena getaran tangan kita (kalau Canon & Nikon fitur ini terletak di lensa). Lalu banyak kamera Sony juga memiliki dua sensor auto fokus sehingga auto fokus saat mode live view (seperti kamera saku) jauh lebih cepat daripada kamera merek lain. Selain itu, banyak model kamera Sony yang memiliki layar LCD yang bisa di putar sehingga memudahkan komposisi foto diatas kepala atau dibawah kaki.

Dalam perkembangannya, kamera pemula Sony tidak begitu berubah dalam fiturnya, paling hanya desain yang sedikit berubah. Untuk pilihan kamera canggihnya, Sony tidak menawarkan banyak, A700 dan A900 sudah cukup lama belum di perbaharui.

Di pihak lain, Sony gencar dalam memproduksi kamera-kamera mirip DSLR seperti Sony A55, A33, dan Sony NEX-5, NEX-3 dst.  Bukalapak | Lazada

Pentax: Pentax bisa dibilang pemain kecil di kancah kamera DSLR, tapi desain kamera Pentax sebenarnya cukup baik. Fokus Pentax dalam beberapa tahun terakhir adalah tampil beda (Be Different). Kamera DSLR Pentax seperti km, kx kecil tapi kokoh dengan fitur yang cukup bersaing. Keunikan kamera ini adalah memakai batere AAA universal, sehingga kalau kehabisan batere, bisa langsung membeli di toko terdekat. Pentax k-x juga tersedia dalam berbagai warna seperti putih dan merah.

Warna warni Pentax k-x hanya tersedia di Jepang

Warna warni Pentax k-x. Sebagian besar hanya tersedia di Jepang

Lalu Pentax juga memiliki K5, yaitu kamera SLR canggih yang berukuran tidak begitu besar, tapi tahan di cuaca yang buruk, termasuk di kondisi sangat dingin. Secara sistem, koleksi lensa Pentax tidak sebanyak the big three (Canon, Nikon, Sony) tapi Pentax memiliki lensa – lensa prime/fixed yang sangat kecil dan berkualitas tinggi seperti Pentax 70mm f/2.4, 31mm f/1.4 dan sebagainya. Seperti Sony, semua model kamera Pentax juga terdapat built-in peredam getar. Bukalapak

Olympus: Keunikan sistem DSLR Olympus terletak pada ukuran kamera dan lensa yang relatif lebih kecil dan kurus. Hal ini karena Olympus memakai sensor 4:3 (four thirds), yang lebih kecil dari DSLR yang ada diatas. Akibatnya kualitas foto maksimal dari sensor 4:3 ini agak kurang terutama di ISO tinggi. Namun demikian, kualitas foto Olympus jauh lebih baik dari kamera saku. Meski kecil, kamera Olympus kecuali model E-420, juga terdapat fitur built-in peredam getar.

Olympus E-620 termasuk salah satu kamera DSLR termungil

Olympus E-620 termasuk salah satu kamera DSLR termungil

Tahun lalu adalah tahun yang kurang menggembirakan dalam perkembangan sistem DSLR Olympus. Di tahun itu, Olympus mengumumkan akan mengkonsentrasikan diri ke pengembangan micro four thirds (kamera mirip DSLR yang berukuran lebih kecil) dan menghentikan pembaharuan lensa untuk DSLR.

Demikianlah sekilas pandang sistem kamera yang ada di pasaran saat ini, semoga bisa jelas dan membantu. Bukalapak

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 895 comments… add one }
  • nia March 4, 2012, 8:27 am

    Untuk pemula lebih baik canon 550D atau canon 1100D?? Makasih..

    • Enche March 5, 2012, 12:04 am

      Saya usulkan Canon 550D Nia. Sama-sama untuk pemula, tapi fitur 550D dan kualitas fotonya lebih baik.

  • walid March 1, 2012, 4:52 am

    bg enche mo nanya d3100 ama sony nex5 kualitasxa bgusan mnaa???
    menurut agan dengan budget dbwah 7 jt rekomendasii mna????
    tnks….

    • Enche March 2, 2012, 12:58 am

      @walid, secara kualitas foto sama baiknya. Sony NEX punya filosofi berbeda dengan kamera DSLR. Sony NEX didesain untuk orang yang suka desain kamera yang sederhana (tidak banyak tombol) dan berukuran kecil dan tipis. Sedangkan kamera DSLR lebih ditujukan kepada yang hobi fotografi yang menginginkan kamera yang memiliki banyak tombol (untuk memudahkan mengganti setting kamera) dan koleksi lensa & aksesoris yang lebih lengkap. Yang mana yang terbaik tergantung walid sendiri.

  • rama February 29, 2012, 10:48 am

    mas, saya mau membeli kamera DSLR untuk pemula dengan budget maks. 5 juta kamera apa ya mas?
    Lalu apakah saya perlu langsung membeli lensa nya juga?klo untuk lensa buat pemula jenis nya apa ya mas.
    terimakasih banyak mas.

    • Enche March 2, 2012, 12:59 am

      @rama Kalau kamera baru mungkin Canon 1100D cukup. Otomatis akan dapat lensa, tanpa lensa ga bisa buat foto 🙂

  • yuda February 28, 2012, 11:51 pm

    bg enche mau nanya, saya ingin mempelajari tentang fhotografi tpi saya punya canon 1100D???
    gimana tanggapan nya bg??

    • Enche February 29, 2012, 12:25 am

      Bisa, gak masalah asal bisa fungsi manual aja sudah bisa belajar fotografi dengan baik.

  • Bella February 28, 2012, 12:33 am

    Kak, mau tanya, kamera dslr 5-6 jutaan merek canon yang paling bagus tipe apa ya?mohon referensinya dong!:) thx kak

    • Enche February 28, 2012, 12:35 am

      Lensa seperti apa yang diminati? Lensa itu banyak kategorinya antara lain lebar, standar, telefoto, trus ada yang bisa zoom dan ada yang gak bisa zoom.

    • Enche February 28, 2012, 6:21 am

      @Bella untuk budget segitu, Canon 1100D

  • Diana February 27, 2012, 5:31 am

    Kira2 camera yg bgus apa ya n kisaran berapa hrga.a?

  • Ponci February 25, 2012, 11:33 am

    antara nikon dan canon bagusan mana? trus seri berapa yg bagus tp harga tidak selangit.

    • Enche February 26, 2012, 1:25 pm

      Tergantung masing2 modelnya, masing2 ada yang dari murah sampai mahal. Anggarannya berapa?

  • sigun February 25, 2012, 9:01 am

    Klo canon 60D vs nikon D5100 bagus mana?

    • Enche February 26, 2012, 1:24 pm

      @sigun Canon 60D lebih bagus

  • hartoko February 25, 2012, 8:33 am

    bang,kamera nikon D7000 ama canon 60D bagusan mana?
    trus harga msing” skrng brp bang + kit nya?
    makasi bang…^_^

    • Enche February 26, 2012, 1:25 pm

      @hartoko : Bagus Nikon D7000

  • deni February 25, 2012, 7:02 am

    Enche, kekurangan dan kelebihan canon 600d dong

    • Enche February 26, 2012, 1:24 pm

      kelebihannya punya LCD putar dan mudah dipelajari, kekurangannya sedikit agak besar dan harganya relatif mahal untuk kamera DSLR pemula (dibandingkan 550D)

  • ALISAR February 21, 2012, 10:56 am

    gua maunanya , kelebihan dan kekurangan canon 500D ..??
    mhon bntuanya

    • Enche February 22, 2012, 8:51 am

      Kelebihannya, relatif kecil dan ringan, relatif mudah digunakan, kualitas foto lumayan baik. Kelemahannya kinerjanya kurang cepat, kualitas foto di iso tinggi (kondisi gelap) kurang begitu bagus. Bahan material plastik.

  • Enche February 19, 2012, 12:14 pm

    Tergantung modelnya, tapi biasanya model Canon lebih di minati karena formatnya lebih mudah di edit, dan bisa dikendalikan secara manual meskipun pakai kamera pemula juga sudah bisa.

  • unul February 19, 2012, 11:44 am

    untuk hasil video, yg lumayan lebih baik, nikon atau canon bang?

  • unul February 19, 2012, 11:33 am

    untuk video canon 550D dengan 5D apa kelebihan dan kekurangan nya masing-masing ya bang,,?

    • Enche February 19, 2012, 11:42 am

      Dari kualitasnya, 5D dengan sensor yang lebih besar menghasilkan video dengan kualitas lebih baik, latar belakang yang lebih blur. Keunggulan 550D untuk video, terletak di harganya yang lebih murah dan pilihan lensa yang lebih bervariasi.

  • Uenk marcello February 19, 2012, 10:50 am

    harga D3100 brapa skrng

    • Enche February 19, 2012, 10:51 am

      5.2jt dengan lensa VR, 4.7 dengan lensa non-VR

  • aria February 7, 2012, 11:56 pm

    nikon d90 vs canon eos 60d lbh bagus mana

    • Enche February 8, 2012, 6:53 am

      Bagus Canon 60D

  • bang pani January 12, 2012, 4:24 am

    sekrng hrga canon 550d with lensa 135/200 brpa y?

  • awalian December 31, 2011, 9:24 am

    kamera dslr nikon yang bentuknya paling kecil apa ya?

    • Enche December 31, 2011, 12:48 pm

      Nikon D3100

  • denis plano attack December 30, 2011, 10:36 am

    bang ENCHE,,,,
    ane kan mau blajar fotografi, tapi ane bingung pilih kamera untuk pemula yg mudah, “MURAH” & berkualitas ! kira2 kamera yg cocok apa ya?

    ane jga dpet saran dr temen2 yaitu :
    1. canon 1000d
    2. canon 1100d
    3. canon 550d
    4. nikon d3000
    5. nikon d3100

    • Enche December 31, 2011, 1:22 pm

      Canon 550D 🙂

  • dedi saputra December 30, 2011, 6:07 am

    Makasih bg

  • dedi saputra December 30, 2011, 5:17 am

    Bg enche, saya mau tanya, apa bener kamera Nikon D5100 cepat blank (gambar potert jadi gelap)?

    • Enche December 30, 2011, 5:44 am

      Kurang tau ya

  • Sumi December 29, 2011, 9:46 am

    Harga Nikon D90 berapa sekarang mas ??

    • Enche December 29, 2011, 10:15 am

      6.8 juta badan aja

  • Drew'z December 28, 2011, 12:26 am

    Kk mohon sarannya !! ^^
    Camera Class pemula yang bagus untuk foto luar ruangan apa y???
    Kenapa???
    Berapa Harganya???? ^^ hehehee

    Makasih !

    • Enche December 28, 2011, 11:43 pm

      Canon 550D, harganya sekitar 6 juta

  • frans December 27, 2011, 1:18 pm

    Om enche, saya kan mau beli canon EOS 7D. Itu bagus gk ya om?
    Trs klo saya mau plih Nikon, saran dari om enche nikon seri apa yg hrs saya pilih yg sekelas sm 7D.yg lbh bgs dari 7D. Mengapa nikon itu om?makasi.

    • Enche December 27, 2011, 1:38 pm

      Canon 7D itu bagus. Kalau yang sekelas dengan 7D, Nikon D300S, tapi kamera ini tidak lebih baik dari Canon 7D. Yang lebih baik yaitu Nikon D700, tapi ini kelasnya lebih tinggi lagi.

  • Enche December 27, 2011, 4:21 am

    VR = Vibration Reduction atau peredam getar. Fitur ini membantu mencegah getaran tangan kita mempengaruhi hasil foto saat shutter speed diset lambat.

    Meski sangat membantu terutama jika kita memotret di kondisi lapangan yang kurang cahaya, sebagian besar fotografer mengunakan tripod untuk hasil maksimal.

    Fitur VR penting terutama untuk lensa telefoto karena lensa panjang sangat sensitif terhadap getaran tangan kita.

  • Galih December 27, 2011, 4:14 am

    Kak,bedanya “VR” sama nggak ada VR apa ?trims

  • Galih December 27, 2011, 4:05 am

    Kak,pilih Nikon D3100 atau Canon 1100 D ? katanya kalo Canon udah error susah dibenerinnya,bener apa nggak ? trims

    • Enche December 27, 2011, 4:07 am

      Secara kualitas Nikon D3100 lebih baik. Soal error, tergantung errornya apa. Setau saya layanan servis Canon di Indonesia cukup baik.

  • afif December 23, 2011, 12:40 pm

    menurut mas enche perbandingan antara Canon 7D dan Nikon D7000 mana yg lebih bagus kualitas hasilnya? dan mengapa bgitu? thx mas..

    • Enche December 26, 2011, 10:28 pm

      @afif Nikon D7000 lebih baik kualitas hasilnya, karena kualitas sensornya lebih baik dan lebih baru.

  • dodi rama jayaprana December 21, 2011, 10:59 am

    kalau nikon d5000 apa kelebihan dan kekurangan nya terus dia masuk kategori pro apa semi pro.

    • Enche December 26, 2011, 10:33 pm

      @dodi Nikon D5000 termasuk kamera pemula

  • Rini December 21, 2011, 7:15 am

    pilih canon 600D atau nikon D5100? trus apa kelebihannya?

    • Enche December 26, 2011, 10:33 pm

      @Rini saya sendiri pilih Nikon D5100 karena kualitas foto yang dihasilkan lebih baik

  • alma December 21, 2011, 4:28 am

    om enche,,..
    aku mau nanyak,,
    aku kan mau nyoba pke kamera SLR aku bingung mending canon pa nikon ya?

    terimakasih..

    • Enche December 26, 2011, 10:37 pm

      @alma coba aja di toko, dan pilih yang kamu suka (dari segi enak digenggam, susunan tombol, menu dll)

  • roy December 20, 2011, 11:00 pm

    Kang Ence, kalo camera nikon d7000 apa kelebihannya dibanding canon d60 dan apa benar kalo kita beli d7000 sdh lengkap dgn filternya….katanya kalo nggak ada filternya kualitas gambarnya jadi putih

    • Enche December 26, 2011, 10:39 pm

      @roy Coba baca perbandingan Nikon D7000 dengan Canon 60D. Filter biasanya beli terpisah tapi seringkali toko memberi bonus filter (biasanya yang berkualitas jelek). Soal kalau gak pakai filter gambar jadi putih itu tidak benar.

  • Enche December 20, 2011, 12:41 am

    Nikon D90, kedepannya maksudnya bagaimana ya? 😀 Sebagai info D90 diperbaharui dengan nama D7000

  • Rudy December 20, 2011, 12:34 am

    Kalo Nikon d80 dan Nikon Dd90 bagus yg mana? untuk jenjang kedepannya bagaimana?

  • Ricky A Razak December 19, 2011, 11:26 pm

    Kang ..anak sy punya Canon 60 D , ngotot mau beli tambahan lensa yg merk Canon juga contoh yg 135 mm , 200mm , padahal ada merk lain yg jugabagus utk Canon spt Sigma or Tamron dengan harga yg relatif lebih murah …, ada ga’ kelemahannya .., mohon sarannya thanks.

  • angie December 18, 2011, 1:21 am

    mas mau tanya saya baru belajar foto kamera dulu saya sih pake sony alpha yg lama, saya senang dangan hasil foto dengan warna yang tajam , foto indoor, outdoor kadang dalam ruangan remang juga, terutama malam hari seperti mengambil objek city light misalnya, nah untuk masalah ini buat pemula seperti saya mending beli canon atau nikon ya? (tipe nya?)

    • Enche December 19, 2011, 11:36 pm

      @angie: sebenarnya gak masalah sih merek dan tipe apa, tergantung dana dan apakah ingin kamera yang canggih atau pemula?

  • JoeDana December 16, 2011, 6:39 am

    hmmm selain auto fokus yang cepat
    antara canon 5D mII sama Nikon D700
    mana yang lebih jago dalam hal ketajaman dan pengkoreksian Noise

    ..:: Makasih ::..

    • Enche December 16, 2011, 10:30 am

      Nikon D700

  • JoeDana December 16, 2011, 6:14 am

    Mas mau tanyak..?? Menurut anda klo disuruh milih camera antara Canon EOS 5D mark II sama Nikon D700, Pilih Yang Mana? dan mengapa pilih yang ITU..??

    ..:: Makasih ::..

    • Enche December 16, 2011, 6:27 am

      Saya pilih Nikon D700 (ini pengalaman nyata) sebelumnya saya pakai Canon 40D. Alasannya Nikon D700 lebih sesuai dengan pekerjaan saya pada waktu itu yang menuntut kamera yang berkinerja cepat dengan auto fokus yang cepat dan akurat.

  • balibestone.com December 16, 2011, 2:52 am

    Thanks infonya…, sangat membantu dan berguna…
    Thanks untuk Sharingnya…GBU

  • ayya norma December 15, 2011, 7:26 pm

    kang, klo canon 1000d itu termasuk slr ya apa semi slr ?

    • Enche December 15, 2011, 11:34 pm

      SLR

  • Enche December 12, 2011, 1:12 pm

    Sepertinya memang seperti itu karakteristiknya. Biasanya kalau mau rekam video , pakai alat khusus merekam audio lalu baru di kombinasikan.

    Kalau suara dengungnya keras sekali mungkin rusak.

  • Rusmawan Mawardi December 12, 2011, 12:52 pm

    Om Enche, Seminggu yg lalu Saya beli Camera Canon EOS 7D With Lens 18-135 mm, setelah dicermati ada suara dengung di lensa ketika switch IS posisi on, suara dengung ikut terekam ketika saya rekam video. Saya coba dengan lensa lain spt 18 – 55 mm, 55 -250 mm, dan Prime 50 mm hasilnya bagus tanpa suara berdengung.
    1. Apakah Lensa 18 -135 karakternya spt itu ( berdengung ) atau cacat produk
    2. Bgmn mensetting Camera supaya Lensa tdk berdengung tapi IS tetap On

    Terima kasih atas pencerahannya

  • Aulia December 11, 2011, 9:11 am

    kalau untuk pemula, lebih baik mana canon 550D dengan nikon D3100 pak?

    • Enche December 12, 2011, 1:27 am

      Saya sarankan Canon 550D, karena antarmuka tombol dan menunya lebih baik

  • ANDHI December 10, 2011, 9:37 pm

    Kalo Nikon d90 dan Nikon D5100 bagus yg mana? untuk jenjang kedepannya bagaimana?

    • Enche December 13, 2011, 1:34 pm

      Nikon D90 termasuk kamera DSLR kelas menengah, sedangkan D5100 untuk pemula. Dari fisiknya, D90 lebih baik bagi fotografer yang lebih serius. Misalnya banyak tombol, dan ada dua roda komando sehingga mengubah setting menjadi lebih cepat dan efisien. D90 juga cocok dipakai untuk banyak lensa Nikon yang bertipe AF-D, yaitu yang tidak memiliki motor fokus. Tapi D5100 lebih baru, jadi punya sensor gambar yang beresolusi lebih besar dan kualitas foto yang lebih bagus. Selain itu D5100 memiliki layar lipat dan resolusi videonya lebih besar.

  • Enche December 9, 2011, 12:47 pm

    Canon 60D

  • Alex December 9, 2011, 12:41 pm

    Canon 600D, Canon 60D, Nikon D5100 kalo cuma melihat kemampuan videonya pilih yang mana pak Enche, supaya ga mubazir penggunaannya. thx u

  • Enche December 9, 2011, 12:11 pm

    Cocok tyas

  • tyas asih December 9, 2011, 10:24 am

    Canon 550D cocok buat pemula y mas??

  • Andri Hu December 8, 2011, 4:18 am

    Mas Enche…saya pny option kamera :
    1. Nikon D5100
    2. Canon 600D
    3. Sony SLT a35K
    Kira” yg cocok untuk super pemula dngan segi kualitasnya..recomended nya yg bagus yg mana ya..? Ty

    • Enche December 13, 2011, 1:43 pm

      @Andri Hu Saya rekomen Nikon D5100

  • ade December 7, 2011, 5:18 pm

    Kang Ence, sy ikut nanya. Sy baru sebulan lebih beli Pentax K-R double kit 18-55mm sama 55-300mm, sy beli itu karena di review snapsort dibilang paling bagus dijajaran entry level. Tapi sy kesulitan memfocuskan objek di cahaya minim dan bukaan terlebar, padahal sebelum motret udah “klik” (tanpa focus).
    Terutama kalo dipake moto orang banyak dan jarak objek agak jauh di atas 4m.

    Temen2 di komunitas Pentax bilang kalo pentax K-x atau K10, harus di kalibrasi dulu atau di debug biar AFnya pas. Sy gak tau apa itu Kalibrasi & debug, terus apakah K-r jg harus di gituin dulu padahal dah punya fungsi AF Adjustmen.

    Mohon pencerahannya.. makasih.

    • Enche December 13, 2011, 1:47 pm

      @Ade saran saya sama seperti teman di komunitas Pentax

  • annas December 7, 2011, 10:21 am

    mas mau tanya klo disuruh milih canon 550D dengan nikon D5100, enaknya pilih yang mna?

    • Enche December 7, 2011, 1:32 pm

      saya pilih Nikon D5100

  • tyas asih December 6, 2011, 8:41 pm

    Mas enche mw tanya neh….

    Kamera yg cocok untuk pemula,yg penggunaannya mudah,serta tidak lupa harganya lumayan terjangkau,,kira-kira merek apa y??

    • Enche December 7, 2011, 1:38 pm

      Bagaimana kalau Canon 550D?

  • Alex December 6, 2011, 5:50 am

    pak Enche numpang tanya
    kasih saran dong kamera yg paling bagus untuk video tapi yg harganya kisaran Canon 600D aja, jangan terlalu mahal 🙂
    thx u

    • Enche December 7, 2011, 1:38 pm

      @Alex Bagaimana kalau Canon 600D?

  • seno December 5, 2011, 5:01 am

    itu sistem/cara makeknya sama g sm picture style?kalo beda, mhon penerangannya..
    maap kalo OOT

  • Alex December 4, 2011, 1:42 pm

    pak Enche numpang tanya
    kasih saran dong kamera yg paling bagus untuk video tapi yg harganya kisaran Canon 600D aja, jangan terlalu mahal 🙂
    thx u

  • seno December 3, 2011, 11:19 pm

    bang enche,.nubitol numpang nanya..kalo d canon kan ada picture style, nah kalo d nikon apa y?

    • Enche December 4, 2011, 12:17 am

      di Nikon istilahnya picture control

  • Obeth December 2, 2011, 3:59 am

    Dear Bpk Ence,
    Boleh saya minta review kelebihan dan kekurangan dari NIKON D5100 ini Pak?
    Tx B4.

  • Rio December 1, 2011, 3:26 am

    Dear Mas Enche,

    Maap nih saya mau nanya yg paling dasar bgt, secara baru mau beli canon 1100D. Kemarin pas sampe mau beli penjualnya nanya “mau mesin yang auto atau yang manual, krn kalau yg auto lensanya bisa maju mundur secara otomatis tapi kalau yg manual walaupun pake lensa otomatis tapi lensanya harus di maju-mundurin secara manual alias otomatisnya ngga berfungsi”. Apa bener tuh mas? need advicenya yah …..

    Salam fotomania

    • Enche December 2, 2011, 12:48 pm

      Ga ngerti juga apa maksud penjualnya Rio 🙁

  • lucifer November 30, 2011, 6:59 am

    Sebenernya agak capek juga denger pertanyaan yang senada..
    Bagus mana C or N? Type nya bagus mana xx D or D xx…
    Lensa baiknya pilih apa?
    Buat semua yaaa.. Cara beli kamera and lensa ituu:
    1. Pilih merk yang banyak dipake sama lingkungan/temen2nya..(biar bisa pnjm lensa.. 😀 )
    2. Liat dompet or tabungan..
    3. Beli semahal yang bisa dibeli..
    4. Pake tanpa mikir lagi..

    Belajar konsep or ‘melihat’ itu lebih penting daripada ngeliat review2..
    Moto/jepret kamera itu gampang bangettt lha wong tinggal pencet tomobol doang…yang susah justru mikirin komposisi dan isi jiwa dari foto sebelum foto itu dijepret…
    Ga usah belaga jadi pixel peeper nyari2 review mana yg bagus, moto aja dulu..
    gimana foto mau bagus kalo cuman baca and nanya2 review melulu…

    Foto yang bagus itu:
    1. Kita senang ngeliatnya
    2. Susah ngedapetinnya
    3. Kayaknya blm pernah ada sebelumnya

    Hanya orang bodoh kalo liat foto bagus nanyanya pakai lensa apa? pakai body camera apa?
    Harusnya tuh nanyanya, lokasi dimana? jam brp? pakai bukaan berapa (ini jg tergantung cuaca)? pakai teknik low speed or high speed or even strobist? Exposurnya bagaimana? ISO berapa?

    Entje, sorry ya numpang 😀
    Lu taro di artikel jg gpp kok :p

    Salam Jepret!!!!

  • adie November 30, 2011, 5:52 am

    mas, saya mau tanya..
    saya pemula neh dibidang fotografi, menurut mas lebih bagus mana nikon d3100 vs canon 1100D ??
    dari segi penggunaannya lebih mendukung yang mana yah?
    terima kasih..

    • Enche December 2, 2011, 12:52 pm

      Secara kualitas, Nikon D3100 lebih baik, tapi Canon 1100D lebih mudah digunakan, lebih banyak tombol dan pengaturan menunya lebih sederhana

  • Bagus November 30, 2011, 5:41 am

    Mas , maap ni banyak tanya , kalau mas di suruh pilih brand canon , nikon , sony . mas lebih pilih mana ? dan tipe apa ?

    • Enche November 30, 2011, 6:42 am

      Nikon D700, kamera yang sudah cukup berumur (hampir 4 tahun) dan masih saya pakai sampai sekarang.

  • Enche November 30, 2011, 12:49 am

    Lensa telefoto Nikon yang murmer tapi lumayan adalah Nikon 55-200mm VR.

  • Bagus November 29, 2011, 10:06 pm

    mas , Lensa Tele buat nikon yang standard pemula tapi udah bagus lensa apanya mas ?

  • lia ayoe November 29, 2011, 5:47 pm

    mas … kalo mau motret aurora kira2 pake d3100 cukup gak mas..lensanya 18-55mm.. thank you

    • Enche November 30, 2011, 6:44 am

      maaf saya kurang tau untuk motret aurora pakai peralatan apa yang pas 🙁

  • Enche November 29, 2011, 3:57 pm

    Karena pesaingnya Canon dan Nikon terkenal sejarahnya dan sudah cukup lama. Nikon sudah terkenal sejak 50-60 tahun lalu, Canon juga, EOS nya dari sekitar tahun 1987, sebelumnya juga sudah terkenal dengan kamera SLR FD.

    Sepak terjang Sony termasuk cukup baru,yaitu di tahun 2006 saat Sony mengakuisisi Konica Minolta.

    Menurut saya, Sony belum begitu sukses menjaring fotografer profesional, karena 2 hal:
    1. Produknya kurang konsisten, contohnya A77 ini bukan kamera DSLR, tapi Kamera SLT, inovasi baru. Sony suka berubah-ubah karena insinyurnya gemar berinovasi. Fotografer profesional tidak mau repot belajar model atau ganti-ganti sistem baru.
    2. Lensa, aksesorisnya tidak sebanyak dan selengkap kamera Canon atau Nikon.

  • Bagus November 29, 2011, 3:54 pm

    ternyata saya salah mas , bukan A77 tapi A65 jadi lebih bagus mana ni ? NIKON D7000 VS Sony A65 ?

    • Enche November 29, 2011, 4:04 pm

      kalau vs Sony A65, Nikon D7000 unggul tipis buat fotografi. Kalau buat videografi, Sony A65 lebih bagus karena auto fokusnya bisa mengikuti subjek dengan mudah. Kualitas foto Nikon D7000 diatas sedikit kalau di tempat gelap. Kalau ditempat terang, gantian A65 lebih unggul. Lalu A65 punya LCD putar dan punya layar elektronik OLED. D7000 punya jendela optik.

      Saya sarankan untuk mencoba kedua kamera di toko kamera sebelum membeli. Karena pemakaian dua kamera ini agak lain. Yang satu sistem SLT, satunya lagi sistem SLR.

  • Bagus November 29, 2011, 3:39 pm

    tapi kenapa photografer profesional jarang memakai brand “SONY” ?

  • Bagus November 29, 2011, 3:01 pm

    Mas , kalau di suruh pilih NIKON D7000 dengan Sony Alpha SLT A77 pilih yang mana ? butuh cepat jawabannya , trims 🙂

    • Enche November 29, 2011, 3:17 pm

      Secara pribadi saya pilih Sony A77. Spesifikasi dan fiturnya cukup jauh diatas Nikon D7000

  • adit November 29, 2011, 11:15 am

    Numpang tanya kalo nikon D7000 ma canon 60D milih mana maz

    • Enche November 29, 2011, 11:20 am

      @ayue Kamera DSLR atau sistem lain? Kalau kamera DSLR coba cari Canon 550D, kalau sistem lain Panasonic GH2
      @Obeth Nikon D5100 bagaimana?
      @adit Nikon D7000

  • Obeth November 28, 2011, 10:12 pm

    Dear Bpk Enche,
    Mau minta sarannya, dengan budget 5-7jt kira2 kamera dslr untuk pemula itu apa y Pak?,Setelah membaca review Bpk diatas antara cannon/nikon saya prefer ke nikon. mohon pencerahannya!!

  • ayue November 28, 2011, 12:05 am

    numpang tanya donk :
    saya pemula banget untuk urusan fotografi…pingin beli kamera yang bagus, fokusnya stabil, dan memiliki hasil video shooting yg baik disaat malam hari. harganyapun terjangkau (ga mahal2)..kasih masukannya donks…trims

  • Enche November 26, 2011, 11:46 pm

    Halo Ichram, lensa 18-55mm tidak bisa foto makro (kedua merek ga bisa).
    Enche

  • ichram November 26, 2011, 7:35 pm

    mas mau nanya ni..
    aku bingung x mau ambil canon 600d ato nikon 5100??
    apa betul lensa canon 600d EF-S 18-55mm F3.5-5.6 IS II,sudah bisa photo macro?
    gimna dengan nikon 5100,bs juga atau tidak??
    mohon masukkannya ya mas..
    Terima kasih

  • fian November 26, 2011, 3:32 am

    trz,mnurut anda bgs yang mn????
    nikon or canon…./???

    • Enche November 26, 2011, 11:58 am

      Bagus itu relatif, yang terbaik tergantung kebutuhan dan selera masing2

  • aghi November 25, 2011, 2:27 am

    Nikon: Sama seperti Canon, sistem Nikon bisa dibilang cukup komplit. Banyak lensa Nikon yang berkualitas tinggi dan lebih mahal dari Canon. Saya menyukai kamera Nikon terutama yang canggih (D300s, D700, D3) karena auto fokusnya bekerja sangat baik, mungkin yang terbaik dibandingkan merek lain. Pengendalian noise di ISO tinggi juga sekelas diatas merek lain, sehingga cocok digunakan untuk foto di kondisi ruangan yang gelap.

    PELER ..JELAS AJA ITU KAN KAMERA MAHAL ..DASAR GUOBLOG..
    HARGA MEMPENGARHI KUALITAS

  • Enche November 23, 2011, 4:11 am

    1. Tidak secara langsung. AF Cross Type menentukan seberapa akurat dan cepat kamera bisa mengunci fokus. Jika subjek foto yang bergerak, tentunya keberadaan AF cross-type lebih penting lagi supaya fotonya bagus.

    2. Gak rusak, mountingnya Nikon D5100 kan logam

  • Hendi November 23, 2011, 4:06 am

    Pak Enche,

    Trims atas jawabannya sebelumnya. Saya ada pertanyaan lagi :
    1. Jumlah AF Cross Type signifikan tidak terhadap image quality ?
    2. Jika saya beli D5100 kemudian suatu hari saya beli lensa nikkor 17-55mm f2.8 itu rusak ngak mounting nya soalnya kameranya agak berasa plastik ?

    Terima kasih

  • Haris Fadillah November 20, 2011, 8:29 am

    Om saya mau tanya
    Saya baru awal untuk fotografi jadi masih mencari2 kamera yang sesuai, rencananya kepengen yang langsung bagus sklian biar seenggaknya buat 3-4 taon mendatang ga perlu ganti senapan lagi buat perang
    Saya kepengen beli nikon D90 BO aj dan cari lensa yang agak murah tapi cukup lah,kira2 rekomendasinya tipe lensa apa ya?
    Kalo saya pilih Canon kira2 yang mana ya…apakah 550D cukup bagus?klo dari harga sepertinya 550D kit harganya malah sama dengan D90 BO,jadi bingung… 🙁 ato sklian 600D 😀
    Mohon bimbingannya

    • Enche November 21, 2011, 11:52 pm

      550D dan 600D tidak terlalu berbeda, bedanya cuma di layar putar. D90 itu agak beda dengan 550D, misalnya punya layar LCD kedua, punya dua roda komando (yang canon cuma satu). Bodinya juga lebih kokoh, kinerjanya lebih cepat.

      Tergantung dana saya pikir sih, kalau kepepet 550D, kalau agak longgar, D90

  • she November 19, 2011, 7:55 am

    NumPang tanya jg ya mas..
    Saya tertarik jg nih dg fotografi dan DSLR tp budget msh terbatas dan belum memungkinkan (blm prioritas)..
    Kalo utk foto2 pemandangan alam, petualangan/jalan2, pertunjukan musik, kamera DSLR apa yg cocok ya? Yg bisa utk rekam video jg (mslnya video konser musik).. Tetap berkualitas tp harganya lumayan terjangkau..
    Ataukah ada referensi kamera non DSLR (kamera saku) yg ‘rasa’ dan hasilnya kualitasnya hampir seperti DSLR, ga terlalu bermasalah pd tempat yg krg cahaya & bisa ngerekam video jg..
    Makasih sblmnya utk jawabannya..

    • Enche November 19, 2011, 6:58 pm

      Tergantung budget sih, salah satu kamera DSLR yang cukup baik dinilai kualitas foto dan harganya adalah Nikon D5100.

  • hendi November 17, 2011, 9:09 pm

    Pak Enche,

    Mohon masukannya, saya sebelumnya pakai 1000d + kit, mau upgrade body itu sebaiknya baik pilih mana antara nikon d5100 + kit + nikkor 35mm f1.8 atau canon 60d plus kit ? saya kebanyakan foto untuk acara keluarga indoor.. Terima kasih..

    • Enche November 18, 2011, 1:08 pm

      Pilihan saya jatuh di Nikon D5100, kit dan 35mm f/1.8

  • Wandi Yansen Saragih November 15, 2011, 10:57 am

    mas, kalo nikon D7000 itu bisa di bilang setara ma canon 550D ga sih untuk pemula.
    trz kalo di buat untuk merekam video lebih baik mana ya?
    dan lensa itu sangat berpengaruh besar kan, sebagus apapun atau standar kamera nya? misalnya kamera Nikon D7000 dan Canon 550D itu reso nya berbeda, atau yang sejenis Nikon D7000 dgn D300s. tapi lensa lebih canggih yang D7000 dan D300s masih stndar. lebih bagus D7000 kah?
    sebelumnya terimakasih nih atas infomasi nya ya ? 😀

    • Enche November 18, 2011, 1:23 pm

      Nikon D7000 biasanya dibandingkan dengan Canon 60D. Biasanya yang disukai videografer kamera dSLR Canon, karena outputnya lebih mudah diolah dan punya mode manual murni jadi memudahkan kreatifitas. Selain kamera, lensa memang berpengaruh besar terhadap kualitas foto.

  • adhitya November 6, 2011, 5:10 am

    haloow mas Enche, menarik nih ulasan2 blognya, informatif buat pemula. Skarang aq jd lbih paham dunia SLR, skalian tanya nih. rencana mau belajar fotografi. Budgetku skitar 10jt an, buat level belajar awal sampe menengah, enaknya beli SLR entry level misal 1100D + lensa yg agak bagus, atau bli medium class kayak 60D + lensa kit ya? Trims ya mas penjelasannya… Salam 🙂

    • Enche November 7, 2011, 12:36 am

      Untuk belajar enak yang pemula dulu lalu setelah menguasai teknik dan konsep fotografi dengan baik, baru ke yang lebih canggih. Selain itu karena dana terbatas, bisa manfaatkan untuk lensa dan aksesoris lain seperti lampu kilat.

  • Mohd Zakri November 4, 2011, 6:06 pm

    Boleh saudara beri pandangan tentang DSLR Sony Nex 5.KEKUATAN dan KELEMAHAN.

    • Enche November 5, 2011, 11:16 am

      Kekuatannya di badan kamera yang sangat mungil (dibanding DSLR) tapi kualitas fotonya setara kamera DSLR. Kelemahannya, tidak banyak tombol sehingga jika ingin ganti setting kamera harus masuk dan cari-cari di menu, lensanya agak besar sehingga kadang kurang nyaman pegangnya dan koleksi aksesorisnya masih sedikit.

  • kasyful November 4, 2011, 6:31 am

    harga & tipe kamera DSLR yg bersahabat buat anak sekolah apa ya?

    • Enche November 5, 2011, 11:12 am

      Canon 1100D

  • ilham October 29, 2011, 10:23 pm

    om saya mau beli kamera canon eos 1100d atau nikon d3000 atau d3100.
    keunggulannya apa ?
    lebih baik saya memilih yg mana ?
    maklum masih newbie d fotografi

    • Enche October 31, 2011, 4:08 am

      Kelebihan Canon 1100D adalah cocok dengan semua lensa Canon, desainnya lebih mudah dipelajari, D3100 keunggulannya di kualitas gambar dan LCDnya lebih besar sedikit. Video dari D3100 juga sudah full HD.

      Yang baik yang mana tergantung dari apa yang diprioritaskan. Kalau kualitas foto, maka Nikon D3100, kalau kemudahan operasi dan kompabilitas lensa, Canon 1100D

  • ibun October 23, 2011, 2:20 pm

    kok kalau dilihat2, nikon foto2nya, warnanya lebih keluar dibanding canon yah. khususnya foto2 pemandangan.

    foto canon cenderung agar pucat, warnanya gak keluar gitu.

    saya yang salah lihat atau gimana ?

  • Andrey October 22, 2011, 12:41 pm

    bang enche, mw nanya.. sony nex 5/nex 3 klo dipake foto tanpa lens-nya (16mm/18-55 mm) alias bodinya aja masi bisa di pake foto sprti biasa gak ya?? maklum saya nubie..mohon pncerahannya..

    • Enche October 22, 2011, 1:13 pm

      Ga bisa, harus ada lensanya baru bisa dipakai untuk foto.

  • iqbal October 21, 2011, 6:56 am

    bang enche kamera yg buat pemula lebih mudah canon 550D atau nikon D3100?

    • Enche October 21, 2011, 7:14 am

      Canon 550d saya rasa lebih mudah

  • insan October 18, 2011, 8:17 am

    klo buat pemula lbih baik pke yg mna bang, tp klo bsa biar tuk berkala k’langkah lbh srius ??

    • Enche October 18, 2011, 2:21 pm

      merek apa san?

  • emadeus October 15, 2011, 2:56 pm

    tidak semua kamera sesimpel penjelasan yagn disampaikan TS. semua merek memiliki tendensi masing2 dan setiap review pun memiliki tendensi masing2 untuk mengunggulkan produk2 tertenu di banding produk lainnya.

    lebih sulit lagi kalau bertanya e keompok pengguna sebuah merek tertentu, jawaban yang kita dpat lebih banyak di level fanatisme yang berlebihan. (banyak orang yang memang ingin memiliki kamrea yang berbeda, sehingga memilih suatu merek)

  • zulfa October 7, 2011, 8:30 pm

    mau tanya bang
    kualitas lensa pentax dengan canon bagus mana ya??

    • Enche October 8, 2011, 12:40 am

      Tergantung lensa yang mana vs yang mana zul. Masing2 merek ada 2 tipe lensa, yang standar dan yang berkualitas tinggi.

  • diny October 6, 2011, 3:58 am

    trima kasih bang atas jwabanyya …
    mau tnya 1 lagi untuk sony a290 punya fiture FUUL HD juga ga sprti di nikon d3100 ??

    • Enche October 6, 2011, 4:08 am

      Sony A290 gak bisa rekam video, kualitas foto di ISO tinggi (kondisi gelap) tidak sebaik Nikon D3100. Keunggulan tipis lainnya seperti layar LCD D3100 itu sedikit lebih besar, kualitas bodi kamera sedikit lebih kokoh. Keunggulan Sony A290 terletak di peredam getar di dalam kamera, sedangkan di Nikon D3100 tidak semua lensa punya peredam getar.

  • diiny October 5, 2011, 9:33 pm

    terima kasih bang atas jawabanya …
    kalau nikon D3100 unggul tipis dari segi mana ?? tlong djlskan ya bang , untuk a290 nya apkah ada FULL HD nya juga sperti D3100 ?? trima kasih

  • abah October 5, 2011, 6:46 am

    Mas Enche, apa yang dimaksud dengan paralax pada kamera rangefinder seperti finepix 100? finepix100 itu keren ya kelihatgannya dengan lensa 35mm. Apakah finepix100 dengan lensa 35mm dapat digunakan sebagai perangkat street photography? mohon pencerahannya Mas Enche….xie-xie….

    • Enche October 5, 2011, 6:58 am

      Artinya apa yang dilihat oleh mata tidak seperti hasil fotonya. Ini karena apa yang dilihat di jendela bidik tidak sama dengan apa yang dilihat lensa. Beda dengan kamera DSLR dimana jendela bidik langsung berhubungan dengan lensa via cermin sehingga hasil foto = apa yang dilihat di jendela bidik.

      Fujifilm X100 menarik karena desainnya yang klasik seperti jaman kamera film/analog. Untuk street photography tentu saja bisa. Tapi untuk kebutuhan yang lebih khusus seperti fotografi olahraga, satwa liar atau makro, kamera ini terbatas karena tidak bisa ganti lensa.

  • diny October 5, 2011, 4:51 am

    bang enche …
    mohon penjelasannya .. saya baru dibelikan dslr SONY A290 menurut bang enche , kalau untuk pemula sprti saya coco ga ya ??? kalau dibandingkan dengan D3100 , bagusan mana ?? trima kasih …

    • Enche October 5, 2011, 5:10 am

      Cocok, memang Sony A290 dirancang untuk pemula. Secara garis besar, Nikon D3100 unggul tipis dari Sony A290 karena lebih baru. Tapi ini tidak terlalu signifikan, sehingga saya pikir kalau nyaman pakai A290 lebih baik dilanjutkan. Selamat belajar.

  • puji October 4, 2011, 8:26 pm

    bang enche…
    saya binggung pilih Canon 1100d atau Nikon d3100 y?
    saya lebih suka pake canon tapi ko kayaknya kualitasnya bagusan nikon.

    • Enche October 4, 2011, 10:00 pm

      Iya kamu benar Puji

  • qone October 3, 2011, 8:37 am

    bang enche,,
    tolong nh..sya lgi tertarik camera DSLR canon eos 60D ,7D dan sony a77…dri ktiga itu mna yg lebih bagus?
    tolong pencerahannya bang..maksih.

    • Enche October 3, 2011, 11:32 pm

      Yang bersaing ketat adalah Canon 7D, dan Sony A77, secara umum Sony A77 lebih baik kualitasnya.

  • emot guava September 29, 2011, 2:18 am

    gw baru beberapa hari kerja di toko kamera. w bingung buangett. gw nol besar dech kalo urusan kamera.
    blog ni sangat2 membantu gw
    thanks.,

  • rangga September 23, 2011, 3:10 pm

    setelah sya beli dan baca2 buku Bang enche, menurut Abang kalo punya budget 10jt’an bgusnya Camera apa ya..?? tolong Usulin bwt sya dong Bang?!!
    saya bingung nih mn camera yg cocok bwt sya?
    saya itu anknya tipe petualang, suka poto2 orang \ model, trus suka poto2 pemandangan gitu deh..??
    Oya kalo bs sdh sma Lensanya gtu deh..
    makasih ya bang??
    bls ke email sya ya bang? rangga_momotaro@yahoo.co.id

    • Enche September 28, 2011, 1:30 am

      @rangga: bagaimana dengan Nikon D5100 dengan lensa 18-55mm VR dan 50-200mm VR ?

  • fotogenic September 19, 2011, 7:39 pm

    aku sudah beli Nikon D3100, mantapp, bagus bodinya, tajam wambarnya, natural dibanding canon 1100D yg jelek bodinya spt mainan, serta kualitas gambarnya yg trlalu exposure dan kurang natural, Nikon D3100 dg menu yg simpel, kualitas video full HD (1080) dibanding Canon 1100D (720), susunan tombol yg smart dari Nikon, Thanks Nikon utk kamera entry level yg murah dan bagus!

Leave a Comment