≡ Menu

Keunggulan dan kelemahan sistem kamera DSLR : Canon, Nikon, Sony, Pentax dan Olympus

Banyak yang menanyakan apa keunggulan dan kelemahan suatu sistem kamera DSLR. Pada umumnya, semua kamera DSLR hampir sama: memiliki sensor berukuran besar lebih besar dari kamera saku/ponsel, memiliki fungsi manual dan otomatis. Yang membedakan biasanya adalah desain, fitur dan koleksi lensa dan aksesorisnya.

Sulit mengatakan sistem mana yang terbaik karena masing-masing punya keunggulan dan kelemahan. Selain itu juga tiap model berbeda-beda dan punya keunggulan-kelemahan sendiri pula.

Menurut pengamatan saya selama dua tiga terakhir ini, saya akan ulas secara singkat beberapa keunikan sistem kamera DSLR yang populer.

canon-1000d

Canon 1000D, salah satu kamera pemula termurah saat ini

Canon: Salah satu sistem kamera DSLR kamera yang paling populer di dunia. Canon memiliki koleksi lensa yang lengkap dari yang berkualitas rendah sampai tinggi. Kamera-kameranya juga lengkap dari untuk pemula sampai yang sangat canggih untuk profesional kelas atas.

Saya menyukai kamera-kamera pemula merek Canon dibandingkan dengan merek lainnya karena kamera pemula Canon seperti 1100D, 600D dan 650D saya pikir mudah digunakan, antar muka dan menunya juga sangat rapi dan terorganisasi dengan baik. Kekurangan kamera pemula Canon yaitu bahannya agak murahan dan tidak begitu enak gengamannya.

Satu-dua tahun terakhir ini, Canon lebih fokus dalam pengembangan kamera DSLR yang bisa merekam video clip. Sampai saat ini, hampir semua kamera DSLR Canon melampaui pesaingnya dalam urusan merekam video. Link pembelian kamera Canon : Bukalapak | Lazada

Nikon D3S, kamera canggih idaman fotografer, terutama yang untuk event atau photojournalistik

Nikon D3S, kamera canggih idaman fotografer, terutama yang untuk event atau photojournalistik

Nikon: Sama seperti Canon, sistem Nikon bisa dibilang cukup komplit. Banyak lensa Nikon yang berkualitas tinggi dan lebih mahal dari Canon. Saya menyukai kamera Nikon terutama yang canggih (D700, D3s) karena auto fokusnya bekerja sangat baik, mungkin yang terbaik dibandingkan merek lain. Pengendalian noise di ISO tinggi juga sekelas diatas merek lain, sehingga cocok digunakan untuk foto di kondisi ruangan yang gelap.

Tidak seperti Canon, saya tidak begitu menyukai kamera pemula Nikon (D40, D60, D3000, D3100) karena antar mukanya saya pikir kurang baik. Contohnya menu yang susunannya kurang rapi dan juga tombol-tombol yang tersedia kurang untuk mengakses settingan yang sering dipakai. Selain itu, kamera pemula Nikon tidak memiliki motor auto fokus sehingga untuk beberapa lensa lama, tidak bisa mengunakan auto fokus (hanya manual). Bukalapak | Lazada

Sony: Sony adalah pendatang yang relatif baru, tapi teknologinya mengunakan teknologi Konica Minolta yang di akuisisi Sony beberapa tahun yang lalu. Sony cukup agresif dan banyak mengeluarkan model-model baru setiap tahunnya, tapi model-model kamera tersebut mirip-mirip. Sony juga memiliki deretan model kamera dari yang untuk pemula sampai untuk yang profesional, meski yang untuk profesional tidak secanggih dan sebanyak Canon & Nikon.

sony-nex-5

Sony NEX-5, kamera mirip SLR yang dikembangkan Sony satu tahun terakhir ini

Ada beberapa keunikan di kamera-kamera Sony dibanding Canon dan Nikon. Misalnya kamera-kameranya ada fitur built-in steady shot yang membantu mencegah foto blur karena getaran tangan kita (kalau Canon & Nikon fitur ini terletak di lensa). Lalu banyak kamera Sony juga memiliki dua sensor auto fokus sehingga auto fokus saat mode live view (seperti kamera saku) jauh lebih cepat daripada kamera merek lain. Selain itu, banyak model kamera Sony yang memiliki layar LCD yang bisa di putar sehingga memudahkan komposisi foto diatas kepala atau dibawah kaki.

Dalam perkembangannya, kamera pemula Sony tidak begitu berubah dalam fiturnya, paling hanya desain yang sedikit berubah. Untuk pilihan kamera canggihnya, Sony tidak menawarkan banyak, A700 dan A900 sudah cukup lama belum di perbaharui.

Di pihak lain, Sony gencar dalam memproduksi kamera-kamera mirip DSLR seperti Sony A55, A33, dan Sony NEX-5, NEX-3 dst.  Bukalapak | Lazada

Pentax: Pentax bisa dibilang pemain kecil di kancah kamera DSLR, tapi desain kamera Pentax sebenarnya cukup baik. Fokus Pentax dalam beberapa tahun terakhir adalah tampil beda (Be Different). Kamera DSLR Pentax seperti km, kx kecil tapi kokoh dengan fitur yang cukup bersaing. Keunikan kamera ini adalah memakai batere AAA universal, sehingga kalau kehabisan batere, bisa langsung membeli di toko terdekat. Pentax k-x juga tersedia dalam berbagai warna seperti putih dan merah.

Warna warni Pentax k-x hanya tersedia di Jepang

Warna warni Pentax k-x. Sebagian besar hanya tersedia di Jepang

Lalu Pentax juga memiliki K5, yaitu kamera SLR canggih yang berukuran tidak begitu besar, tapi tahan di cuaca yang buruk, termasuk di kondisi sangat dingin. Secara sistem, koleksi lensa Pentax tidak sebanyak the big three (Canon, Nikon, Sony) tapi Pentax memiliki lensa – lensa prime/fixed yang sangat kecil dan berkualitas tinggi seperti Pentax 70mm f/2.4, 31mm f/1.4 dan sebagainya. Seperti Sony, semua model kamera Pentax juga terdapat built-in peredam getar. Bukalapak

Olympus: Keunikan sistem DSLR Olympus terletak pada ukuran kamera dan lensa yang relatif lebih kecil dan kurus. Hal ini karena Olympus memakai sensor 4:3 (four thirds), yang lebih kecil dari DSLR yang ada diatas. Akibatnya kualitas foto maksimal dari sensor 4:3 ini agak kurang terutama di ISO tinggi. Namun demikian, kualitas foto Olympus jauh lebih baik dari kamera saku. Meski kecil, kamera Olympus kecuali model E-420, juga terdapat fitur built-in peredam getar.

Olympus E-620 termasuk salah satu kamera DSLR termungil

Olympus E-620 termasuk salah satu kamera DSLR termungil

Tahun lalu adalah tahun yang kurang menggembirakan dalam perkembangan sistem DSLR Olympus. Di tahun itu, Olympus mengumumkan akan mengkonsentrasikan diri ke pengembangan micro four thirds (kamera mirip DSLR yang berukuran lebih kecil) dan menghentikan pembaharuan lensa untuk DSLR.

Demikianlah sekilas pandang sistem kamera yang ada di pasaran saat ini, semoga bisa jelas dan membantu. Bukalapak

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 895 comments… add one }
  • Nisa March 14, 2014, 8:38 pm

    saya mau nanya.Saya pake canon 1110d,dulu kalo ngerekam video masih lancar-lancar aja.Tapi sekarang kalo ngerekam jd sering berhenti sendiri padahal belum sampe 1 menit.Itu kenapa ya? Terima kasih.

    • Enche Tjin March 14, 2014, 10:14 pm

      @Nisa mungkin memory card yang dipakai berkecepatan rendah atau rusak.

  • evans March 5, 2014, 4:31 pm

    gan numpang nanyak ni
    pentax k30 dgn nikon d3200 bagusan mana?
    terus sparepart nya lbh gampang cari pentax or nikon?

    • Enche Tjin March 5, 2014, 5:58 pm

      @evans Pentax K30, tapi sparepart mudahan Nikon

  • ozi February 22, 2014, 2:54 pm

    Mas bagusan pake canon 600D at Nikon D5100,, mhon saran nya?

  • Dito February 10, 2014, 2:59 pm

    Tulisan2 di infofotografi keren..saya pemula, pakai canon 1100D..apakah semua lensa bisa cocok dipakai ? Atau ada lensa2 yg kalau dipakai di 1100D hasilnya malah kurang bagus ? Lalu saran utk penggunaan lensa, seperti apa ? Terima kasih.

    • Enche Tjin February 10, 2014, 8:42 pm

      @Dito Semua lensa Canon EOS cocok dipakai. Kualitas lensa bervariasi ada yang bagus ada yang standar. Kualitas biasanya bisa dilihat dari harga lensa.

  • indra February 2, 2014, 8:20 pm

    Kalo sony a57 sama nikon d3200 buat foto indor enakan yang mana? Denger denger review dari web lain katanya a57 noisenya parah di indor? Saya membandingkan a57 karena fpsnya tinggi buat foto olahraga. Ada saran?

    • Enche Tjin February 3, 2014, 11:27 am

      @indra kalau untuk sport memang bagusan sony a57 karena kecepatan foto berturut-turut. Noisenya memang sedikit lebih sibuk dari d3200

  • galang January 14, 2014, 9:43 am

    kalo nikon D5200 gmn? suka ga? trus kelemahanya ap?

    • Enche Tjin January 14, 2014, 3:31 pm

      @galang Tergantung dibanding dengan kamera apa dulu dong?

  • faizal December 24, 2013, 7:14 pm

    kalo sama fujifilm HS50EXR bagus mana omm??!!

  • Enche Tjin December 24, 2013, 6:34 pm

    @faizal saya lebih cenderung merekomendasikan Nikon D3200, kalau layar lipat penting Nikon D5200

  • faizal December 24, 2013, 5:38 pm

    kalo saya memilih sony karena harganya murah, layarnya bisa dilekuk2 dan pixelsnya lumayan . trus enaknya milih apa omm??
    nikon D3200?? / sony SLT A58K-Q .???
    tolong dijawab omm, soalnya perlu pertimbangan!!! 🙂

  • faizal December 24, 2013, 12:41 pm

    om, mau tanya !!
    bagi pemula pilih yang mana???:
    1)sony SLT A58K-Q
    2)nikon D3200
    3)fujifilm HS50EXR
    4)pentax K-500
    tapi saya lebih tertarik sama sony .
    pilih yang mana sebaiknya bagi pemula omm???
    tolong dibalas om

    • Enche Tjin December 24, 2013, 3:47 pm

      @faizal Ada alasan khusus suka Sony? Saya lebih cenderung ke Nikon D3200 karena ekosistemnya lebih bagus. (baca kriteria kamera yang bagus)

  • fahmi December 24, 2013, 7:39 am

    Kira2 buat buat pemula seperti saya yg hobby sekali photografer cocoknya camera seperti apaa bang ? Saya suka sekali mengambil objek yg bergerak terimakasih 😉

    • Enche Tjin December 24, 2013, 3:44 pm

      @fahmi budgetnya sekitar berapa ya?

  • rico December 23, 2013, 11:20 pm

    Bagusan mana canon eos 1100d ama sony H300 mohon penjelasannya

    • Enche Tjin December 24, 2013, 3:41 pm

      @rico beda jenis kameranya, kalau dari hasil gambar yang 1100D lebih baik karena sensor gambarnya jauh lebih besar, bisa bikin blur latar belakang dan bisa ganti lensa. Tapi kalau soal zoom, Sony H300 lebih jauh jangkauannya.

  • manroe December 23, 2013, 7:47 am

    Mas, saya mau tanya’
    Saya pakai nikon D3200 dan sudah 2 x rusak auto fokus
    Itu penyebabnya apa ya?

    • Enche Tjin December 24, 2013, 11:20 pm

      @manroe lensanya pakai apa?

  • Nurwan December 18, 2013, 10:08 am

    Om,diatas pada Kolom Nikon anda menyebutkan tdk terlalu suka pada kamera Nikon yg pemula tp tdk menyebutkan 5100.pdhl itu mirip2 3100,ada alasannya om?

    • Enche Tjin December 18, 2013, 5:25 pm

      @Nurwan kualitas gambar D5100 sudah ada peningkatan cukup baik, sama dengan Nikon D7000 dikelas menengah. Tapi Anda benar, secara antarmuka, kamera pemula Nikon masih perlu ditingkatkan.

  • arief December 18, 2013, 1:00 am

    bg mau minta saran, lebih baik beli kamera canon 1100 d / 1000 d ya,. soalnya saya pemula jadi cari yang biasa aja dulu

    • Enche Tjin December 18, 2013, 6:40 am

      @Arief saran saya Canon 1100D

  • Ali December 14, 2013, 8:06 pm

    Hi..
    Mau minta saran.. camera + lensa mana yang memberi kualitas foto (landscape , tele, pantai,aksi seperti volly , basket dll) yang lebih baik?
    -Canon EOS 60D + 24-105mm L-series and SIGMA 150-500mm OS HSM
    or
    -Nikon D7100 + 18-105 ( kit) and SIGMA 150-500mm OS,HSM

    Terima kasih sebelumnya… 😀

  • kkwang December 10, 2013, 2:28 pm

    untuk pemula ,, bagusan [CANON]**DIGITAL CAMERA PRO SHOT A2500** ,,, tow Sony DSC-W710 Cyber-shot 16.1 Mega Pixel W Series ,,, plisssssss

  • Rara December 9, 2013, 8:07 pm

    saya mau bli dslr pemula dan sekedar buat hobby

    sudah searching2 pengen yg rotating screen dan bingung antara nikon d5200, canon 700d, atau sony alpha a58k (paling murah heheh tp ngga rotating screen)

    mohon rekomendasinya ^^

    • Enche Tjin December 10, 2013, 10:21 am

      @Rara tergantung prioritasnya apa, kalau kualitas gambar D5200 paling tajam, 700D unggul di fitur touchscreen dan wireless flash dan cocok ke semua lensa Canon. Sony Alpha gak saya sarankan karena kedepannya Sony akan fokus ke sistem mirrorless jadi akan sulit cari lensa, aksesoris atau spare partnya.

  • john ven November 30, 2013, 11:58 am

    saya masih pemula om, mau belajar potret.
    kira-kira jenis camera dan type apa yang cocok??

    harga minimalis tapi ya,,, hehhehee
    maklum pemula,,
    =D
    thx ,,

    • Enche Tjin December 1, 2013, 5:54 am

      @john ven kira2 budgetnya berapa ven?

  • ryan November 18, 2013, 12:22 am

    Mas canon 1000d bisa Ъќ>:/ di hack spot matering

    • Enche Tjin November 18, 2013, 8:59 am

      @ryan kurang tau ya

  • adeline chong November 3, 2013, 4:26 pm

    Ko, boleh minta saran nya tak ? Sy lg bingung nih, mau beli kamera canon 1100D vs nikon 5100d, 3100d ? Sy baru pemula ko dgn kamera dsrl. Bgs nya sy beli yg mn ya ?? Thanks.

    • Enche Tjin November 3, 2013, 9:24 pm

      @adeline kalau dana mencukup, saran saya Nikon D5100

  • ganjar October 7, 2013, 10:03 am

    untuk pemula, canon sx500 bagus gak.? Terima kasih

  • ardo October 1, 2013, 11:49 pm

    Saya mau nanya mana lebih tajam hasil foto dslr canon atau dslr Sony ?
    Dan mana lebih unggul kalau hasil foto nya yang bagus antara dslr canon 60D dan 550D?
    Dan satu lagi ,bagaimana kalau kita baru/pemula memakai kamera dslr professional ?

    • Enche Tjin October 2, 2013, 8:48 pm

      @ardo Mirip-mirip, banyak tergantung lensa yang dipakai dan kondisi pencahayaan juga. Boleh saja pakai kamera DSLR pro, tapi perlu belajar lebih giat karena menu dan tombolnya lebih banyak dari kamera pemula.

  • @aat September 30, 2013, 1:29 pm

    Mas saya tanya, antara canon 600d atau nikon 3200d, lebih baik mana untuk pemula?

    • Enche Tjin October 2, 2013, 9:33 am

      @aat Rekomendasi saya Canon 600D

  • abu September 21, 2013, 8:43 am

    Maaf sy mw tanya,,menurut anda bagusan canon 650d apa nikon d5100??mksh

    • Enche Tjin September 24, 2013, 8:55 pm

      @abu menurut saya Canon 650D lebih baik secara fitur teknologinya (touchscreen, modul autofokus, kecepatan fokus di live view, video)

  • Deasy September 17, 2013, 9:41 am

    kak mau tanya.,
    inisial KIT, VR, IS, STM itu apa ya.,?
    contoh : Canon 650D KIT, 18-105mm VR, 18-55 IS II, 18-135 STM.,
    itu maksud pengertiannya apa ya kak.,?

    makasih.

    • Enche Tjin September 17, 2013, 11:12 am

      @Deasy coba baca tulisan ini tentang kode lensa

  • frendy wonda September 16, 2013, 2:53 pm

    saran saya pentax d ßilang kecil tpi fitur.a canggi dan kokoh d banding( canon,nikon,sony dan alympus ) klho bilang dri sege batre.a hbs bsa bli d tokoh terdekat dan tahan terhadap cuaca yg buruk dan memiliki lensa” primer/fixed yg sangat kecil dan berkualitas…..

  • pertamax7.com August 31, 2013, 3:56 pm

    waw, nyimak suhu
    indoor outdoornya gimana?

    • Enche Tjin September 2, 2013, 8:04 pm

      @pertamax7 gimana gimana? hehe

  • jova August 1, 2013, 6:22 am

    Om, mau tanya nih. Lensa menengah yg bagus tuk D3100 yg fokusnya lebih besar dr bawaannya apa aja Om? yg da AF-Snya skalian. Tu dikisaran harga brapa Om? Trimsss

    • Enche Tjin September 2, 2013, 8:04 pm

      @jova Nikkor 50mm f/1.8G maksudnya? sekitar 2-3 juta.

  • Vinz August 1, 2013, 12:27 am

    Hmm.. setelah baca penjelasan om Enche dan membaca komentar temen” juga, entah kenapa saya tetep lebih suka Sony Alpha yah heheheh.. Meskipun banyak yg bilang Nikon or Canon lebih baik 😀

    Menurut saya Sony ga kalah mantep di banding 2 itu, mungkin kalah pamor dan Brand aja (pendapat saya) Saya memang bukan photographer PRO seperti om Enche yg mungkin itu yg membuat saya lebih memilih Sony ketimbang 2 Brand lain..

    Saya Menggunakan a580 dan a700 dan so far i always Love it
    Proud to be Alpharian
    Sony Make Believe 😀

    • Enche Tjin September 2, 2013, 8:03 pm

      @Vinz kalau bukan untuk pro, sebenarnya kamera apa saja yang digunakan bisa membuat foto yang bagus, asal bisa setting aperture, iso dan shutter speed. Kenapa saya bilang bukan pro? Karena pro itu perlu kebutuhan khusus misalnya servisnya harus cepat, sparepart dan lensa-lensanya harus lengkap dan mudah ditemukan dimana saja.

  • whisnu July 28, 2013, 3:01 am

    Mas, permisi mau minta saran…heheh
    Sbnernya sya lbih like ke nikon 3100D, tpi motor auto fokusnya itu loh…kan katanya hrus ganti lensa biar nanti auto fokusnya bisa bekerja, tpi kalau belum ganti lensa, itu gimana dengan auto fokusnya ??

    • Enche Tjin July 28, 2013, 8:49 am

      @whisnu asal kita pakai lensa yang ada kode AF-S nya bisa autofokus. Banyak lensa Nikon sekarang yang AF-S.

  • ROMA July 24, 2013, 3:48 pm

    mas saya mau tanya nih. saya adalah pemula kamera apa yg harus sy beli ? nikon ato canon. katanya nikon hasilx lebih tajam sedangkan canon lebih soft tp gampang pemakaiannnya. n kamera tipe berapa yg sebaiknya sy beli? trims

    • Enche Tjin July 24, 2013, 9:24 pm

      @ROMA Tergantung sukanya tajam atau soft? untuk pemula saya usulkan Canon 650D, kalau Nikon D5200. 🙂

  • Probo Rulianto July 22, 2013, 2:08 pm

    Om Enche maaf mau tanya, saya masih baru di dunia fothographer…
    kalo misal mau pilih-plih kamera yg udah agak pofesional itu mending pake yg type apa ya?
    makasih…

    • Enche July 22, 2013, 3:12 pm

      @Probo mungkin kelas menengah, contoh Canon 60D, 70D atau Nikon D7000 dan D7100

  • Dicky July 15, 2013, 10:04 pm

    mas enche, saya lagi bingung nih. saya tertarik banget dgn sistem kamera Pentax K-30, terutama kualitas foto dan warnanya, sudah weather sealed, body tangguh, dan kecepatan yg baik. body sudah ada stabilizer. tetapi gimana nih dengan sistemnya. kan klo membeli kamera berarti membangun sistem. untuk koleksi lensa sih gk perlu banyak. lensa kit dan tele. paling butuh flash. gmna nih saran mas enche ?

    • Enche July 16, 2013, 12:01 am

      @Dicky Secara sistem lensa Pentax tidak sebanyak lensa pesaingnya seperti Canon dan Nikon, tapi kalau cuma butuh lensa zoom praktis, 18-135mm WR, beberapa lensa fix bukaan besar dan tele, semuanya tersedia. Untuk flashnya teknologi Pentax memang agak ketinggalan, tapi banyak alternatif flash buatan pihak ketiga.

  • Pitra July 10, 2013, 12:02 pm

    Om saya mau tanya pendapatnya, menurut om bagusan mana Nikon D60 sama Nikon D3100 dari segi fitur maupun pengoperasiannya, makasih 😀

    • Enche July 10, 2013, 1:06 pm

      @Pitra Nikon D3100 lebih baik dari segi kualitas foto, pengoperasian dan fitur.

  • era July 10, 2013, 4:39 am

    Koh, aku baru pemula yg ingin memiliki kamera DSLR, klo aku butuh kamera hanya untuk travelling, lbh baik pilih canon eos 1100d atau nikon 3100 yaa.. makasii

    • Enche July 10, 2013, 1:05 pm

      @era saran saya Nikon D3100 kualitas fotonya lebih baik dan fiturnya lebih lengkap.

  • Enche July 9, 2013, 1:17 am

    Rachel, canon 7d paling cepat 🙂

  • Rachel July 9, 2013, 12:52 am

    Om pertanyaan sy mohon di jawab yaa 🙁

  • bella July 8, 2013, 9:00 pm

    permisi, mau tanya, saya pemula banget dan pingin banget kamera, kamera yang cocok untuk pemula itu SLR atau DSLR? dan kalo DSLR canon itu yang buat pemula banget yang apa? makasih 🙂

  • inaira July 8, 2013, 12:38 am

    om bagusan mana nikon d90 atau d3200? bagi infonya

    • Enche July 8, 2013, 1:04 am

      @inaira Nikon D90 bagusnya tombol-tombolnya lebih lengkap, badan kamera lebih kokoh, ada lcd tambahan. Tapi kalau pemula, D3200 lebih ringan, lebih mudah dipelajari, dan keuntungan lain yaitu lebih baru dan lebih besar ukuran dan detil gambar yang dihasilkan (24MP).

  • sodexs July 6, 2013, 10:22 am

    kalau nikon 5100 and canon 650D lebih bagus yg mana om enche???

    • Enche July 6, 2013, 8:18 pm

      @sodexs Dari kualitas foto D5100 lebih bagus, tapi kalau fitur lebih lengkap 650D

  • agus July 3, 2013, 1:09 pm

    bagus mana lah kamera olympus dengan kamera nikon,trus kamera cenon

  • Rachel July 2, 2013, 9:16 pm

    Buat hoby aja om, kebanyakan sy pakek buat motret balapan seperti road race dan hunting2 model aja, ukuran dan berat gak masalah om, pengennya sih kamera yg fokusnya bisa cepat, krn kan motor balapan, mohon masukannya im, terimakasih

  • Fiani Minda June 30, 2013, 2:04 pm

    Pak mau tanya, kalo DSLR nikon yg D3000 ada Aquamarine-nya ga? Terimakasih. Mohon dijawab yaa

  • GITA June 29, 2013, 5:13 pm

    om kalau nikon D3000 bagus gak? terus bisa merekam atau tidak?

  • GITA June 28, 2013, 9:31 am

    om mau nanya, untuk pemula bagus canon 1100D apa nikon D3100 om?

    • Enche June 28, 2013, 11:45 pm

      @GITA bagusan Nikon D3100

  • Rachel June 27, 2013, 10:48 pm

    Om enche mau tanya, dalam waktu dekat ini sy ingin membeli kamera, budgetnya sekitar 20 jtan, itupun kl bisa pengen sekalian sama lensa tele 70-200, nah sy bingung antara d7100, d600, dg 7d, 5d m ii, atau om enche bisa kasih masukan laen, second gak masalah. Terimakasih sebelumnya om, salam jepret

    • Enche June 28, 2013, 11:52 pm

      @Rachel Butuhnya motret apa? dan apa fitur yang penting? ukuran/berat penting gak? dll perlu lebih banyak informasi si supaya masukan saya lebih tepat.

  • Syaifi June 27, 2013, 8:38 pm

    Mas, sudah hampir dua bulan sih saya pakai nikon D3200.. mas saya mau nanya untuk mengambil foto Bokeh biasanya pakai lensa apa yang bagus,…….?

    • Enche June 28, 2013, 11:53 pm

      @Syaifi, saran saya Nikon AF-S 50mm f/1.8G atau 85mm f/1.8G, yang disebut terakhir lebih bokeh

  • Lenny June 10, 2013, 8:44 pm

    om aku mau tanya bagusan kamera NIkon 5100d atau kamera Canon 650d ?

    • Enche June 11, 2013, 12:27 pm

      @Lenny kalau dari kualitas fotonya Nikon D5100 unggul sedikit, kalau dari teknologi, kecepatan dan kelengkapan fiturnya, Canon 650D

  • Hanindito June 10, 2013, 6:35 pm

    Kelebihan Canon EOS 650 D dari segi megapixel kan lebih kecil dari pada Nikon D3200, mengapa om lebih memilih EOS 650 D? Terima kasih.

    • Enche June 10, 2013, 7:02 pm

      @Hanindito kamera gak hanya dinilai dari jumlah megapixel saja, dari keseluruhannya misalnya fitur, kecepatan, autofokus, kecepatan kinerja dan lain lain.

  • jaya June 10, 2013, 11:13 am

    Selamat siang, mau tanya untuk harga kamera DSLR Nikon D3000 second berkisar brp ya?

    Saya ditawari harga second 1,5jt, terimakasih.

    • Enche June 10, 2013, 11:15 am

      @jaya maaf saya kurang tau pasaran harga kamera bekas, karena bervariasi sesuai dengan kondisi kameranya. Menurut saya 1.5 juta itu cukup murah 🙂

  • marista June 9, 2013, 10:07 pm

    aku mw beli kamera dslr bwt pemula sama sparepartnya mudah didpt…service centernya jg bnyk dan oke…bingung antara nikon vs canon…mnta sarannya donk,,,,

    • Enche June 9, 2013, 11:43 pm

      @marista kedua merek kamera baik Nikon maupun Canon oke, servis dan sparepartnya juga banyak dan cepat.

  • ulik June 7, 2013, 11:01 pm

    Ko, aku mau beli kamera. Cuma untuk foto-foto aja. Tapi bingung mau beli prosumer atau dslr.. Bagusnya yg mana ko ??

    • Enche June 10, 2013, 11:58 am

      @ulik sesuaikan dengan keinginan dan juga kantong 🙂 Secara umum, kamera DSLR yang bersensor besar menghasilkan kualitas foto yang lebih baik. Coba baca artikel ini.

  • widi June 4, 2013, 2:05 pm

    mau tanya dong, saya maw beli dslr nih,
    antara 600d ama d3200 mending beli mana ya?
    makasih

    • Enche June 4, 2013, 8:17 pm

      @widi Kecuali kalau perlu layar lipat, Nikon D3200 lebih oke

  • fais May 24, 2013, 11:07 am

    pak aq lg bingung ni boleh minta saran gak??
    mending beli kamera canon sx 160 is, canon sx 500 is atau nikon d3000
    budget saya 2-3 jutaan. thanks

    • Enche May 24, 2013, 2:09 pm

      @fais Kamera diatas kelasnya beda-beda, tapi dengan budget 2-3 juta sepertinya SX160 oke. Murah dan kualitasnya bagus di kelasnya.

  • Agung May 21, 2013, 9:00 pm

    oke om , makasih banyak nih 😉

  • Agung Prasetyo May 21, 2013, 8:10 pm

    kalau canon 1110D itu harga berapa ya ? dan kualitas video untuk malam hari yang minim penerangan bagus ga ya?

    dimohon infonya ya om

    • Enche May 21, 2013, 8:16 pm

      @Agung, wah langsung ke toko aja ya, soalnya saya gak tau harga pastinya :). Untuk videonya lebih bagus dari camcorder lah asalkan pakai lensa yang bagus, videonya oke.

  • naufal May 20, 2013, 4:26 pm

    kalau l820 itu harganya kisaran berapa dibulan ini? soalnya di internet harga nya berbeda-beda.. dan kalau dibandung tempat kamera selain dibec dimana? terima kasih.
    terus antara l820/l610/l310 itu mana yang lebih baik??
    maaf tanya terus om 😀

  • Dody Setiawan May 20, 2013, 9:29 am

    Canon PowerShot SX500 IS harga Rp.2.9 juta..
    ini bagus gak ya pak?

  • ricky May 19, 2013, 9:47 pm

    ko kalau nikon d3200 sama canon 650d bagus mana ko atau kalu ko pilih mana saya rada bingung mau beli

    • Enche May 20, 2013, 9:59 am

      @ricky Canon EOS 650D dong

  • naufal May 19, 2013, 4:10 pm

    oh terima kasih om..
    kalau l820 itu harganya kisaran berapa dibulan ini? soalnya di internet harga nya berbeda-beda.. dan kalau dibandung tempat kamera selain dibec dimana? terima kasih

  • naufal May 17, 2013, 7:51 am

    selamat pagi, saya mau tanya kalau kamera nikon l810 dengan kamera nikon l820 itu lebih bagus mana om? terima kasih sebelumnya

    • Enche May 17, 2013, 9:18 am

      @naufal Pagi, lebih baik yang l820 dari sisi kecepatan foto berturut-turut, kemampuan merekam video slow motion, sedikit lebih zoom, dan max shutter speed lebih cepat (1/4000 detik vs 1/1500 detik)

  • Enche May 15, 2013, 5:33 pm

    Kursusnya belum buka Sri

  • sri May 15, 2013, 1:40 pm

    makasih Om penjelasannya, saya sech masih pemula jadi masih awam sama kamera, kalau kursusnya buka di Bandung juga ga Om?

  • sri May 15, 2013, 1:21 pm

    lam kenal Om Enche,saya baru baca article diatas dan saya mau tanya? apakan Nikon D3100 itu kurang baik? padahal saya baru beli kamera tipe itu 2 minggu yg lalu, apakah banyak kelemahannya atau bagaimana? terima kasih.

    • Enche May 15, 2013, 1:29 pm

      @sri baik tidaknya relatif, tergantung dibandingkan apa. Misalnya, kalau dibandingkan kamera compact misalnya, D3100 menghasilkan gambar dengan kualitas yang lebih baik (jika teknik fotonya bagus). Lalu juga tergantung dari kecocokannya. Misalnya kalau kameranya canggih tapi terlalu berat, juga gak cocok. Menurut saya kalau memang sudah punya kamera DSLR, tinggal dipelajari dan dimanfaatkan sebaik mungkin.

  • hardi kopiah April 21, 2013, 9:33 pm

    om enche , saya mau numpang tanya kalo saya pnya badget 3 jutaan cocoknya saya beli kamera apa ya? tp saya maunya nikon atau canon aja,
    soalnya saya mau blajar jd kang poto, trimakasih

    • Enche April 22, 2013, 12:26 am

      @hardi jarang ada kamera dslr baru yg harganya 3jutaan. Saran saya coba cari yg bekas

  • Yan April 19, 2013, 8:07 am

    Omm mau tanya kalo buat foto landscape pilih mana antara canon 600D/sony alpha 58/nikon D600?? buat pemula sihh 😀
    Mohon saranya, Terimakasih

    • Enche April 20, 2013, 11:21 pm

      @Yan Nikon D600 menggiurkan untuk landscape karena full frame (banyak pilihan lensa lebar yang bagus) dan juga resolusinya besar (oke buat cetak besar)

  • syifa April 13, 2013, 2:24 pm

    mav kang ,,
    ada nomor kontak yang bisa dihubungin ga ? untuk nanti saya berkonsultasi??

  • aliza April 5, 2013, 1:54 pm

    Mas,,klo yang Canon 1100D,,
    untuk pengambilan gambar di ruangan yang kurang cahaya gmana?
    bagus gx?

    • Enche April 5, 2013, 10:58 pm

      @aliza bagus, tapi baik tidaknya tergantung teknik foto, kondisi pencahayaan dan juga apakah pakai tripod tidak.

  • ridwan March 27, 2013, 2:35 am

    om kalo buat outdoor bagus mana? nikon apa canon?
    kalo menurut om, klo 60D saya diganti sama D7000 gmn om? mohon informasinya + saranya om hehe

    • Enche March 27, 2013, 9:12 am

      @ridwan keduanya oke buat outdoor sih, asal memang tekniknya oke juga hehe.. Menurut saya tidak terlalu signifikan peningkatan dari 60D ke D7000

  • ratno March 20, 2013, 12:08 pm

    mas aku mau tanya…
    bagus gak kamera fujifilm HS20EXR?
    mhon infonya mas???

    • Enche March 21, 2013, 11:40 am

      @ratno ini pertanyaan yang sulit dijawab. Bagus enggaknya dibandingkan kamera apa dulu? 🙂

  • Kuerniawan March 3, 2013, 10:19 pm

    Mas Enche sy minta pencerahan, sy punya butged 5jt , lebih bagus mana canon vs nikon dengn butged sgtu , pilihannya apa ? sy ditawari NIKON D3100 , mnurut mas Enche gimana ? thx 🙂

    • Enche March 4, 2013, 7:04 am

      @kurniawan Untuk budget 5 jutaan boleh lah D3100 🙂

  • masboy February 21, 2013, 4:20 pm

    mas aq pengen beli camera tp masih bingung pilih nikon D3200 atau cannon 650D ?tolong saranya ya

    • Enche February 23, 2013, 8:07 am

      @masboy Canon 650D saja

  • KARTONO February 18, 2013, 10:04 pm

    Atau Ada Saran Lain Dgn Budget 10 jt. dengan lensa mas

    • Enche February 24, 2013, 9:43 pm

      @Kartono kalau budget tipis mendingan kamera yang lebih murah, tapi lensa yang lebih berkualitas/bervariasi. Saran saya untuk lensa yang murmer adalah Canon 50mm f/1.8

  • KARTONO February 18, 2013, 9:54 pm

    truss , lensanya yg mana dan berapa? Budget nipis …

  • KARTONO February 18, 2013, 9:24 pm

    Mas, Tanya Yach, Saya ingin beli canon 60D , Tujuan Untuk Shooting Video, Gimana Saran mas?

  • muhammadyulianto February 5, 2013, 2:26 pm

    lam knl mas enche…
    kalaw mas enche punya kamera pa???
    kalaw boleh pendapat’a mendingan eos 600D atau Nikon D3200???
    thx..

    • Enche February 5, 2013, 3:38 pm

      @yulianto kamera saya banyak, dari canon, nikon, sony sampai ricoh. Saram saya canon 600d

  • Randy February 5, 2013, 2:01 pm

    Mas mau tanya kalo penilaian buat kamera Olympus double lens EPL 1 Mirrorless gmn ? Bagusan mana sama canon 60D ..

    • Enche February 5, 2013, 2:03 pm

      @Randy Canon 60D jika tidak keberatan agak besar dan beratnya

  • rudi January 16, 2013, 1:18 pm

    salam kenal om enche, kalo cara memfoto taburan bintang (galaksi), bagaimana tuch rumusnya om?. saya memakai Nikon D3100. hatur nuhun….

    • Enche January 23, 2013, 8:01 pm

      @rudi memakai shutter speed yang lambat seperti 30 detik atau lebih, dan kamera didudukan di tripod

  • qori January 13, 2013, 11:48 pm

    kak, uang saya hanya cukup untuk 600d, d3200, d5100. bagus yang mana kualitasnya, trus kelemahan masing2 apa? makasih

    • Enche January 14, 2013, 4:18 pm

      @qori Semua diatas termasuk kamera kelas pemula, masing-masing punya kelemahan di kinerja dan bodi kamera yang terbuat dari plastik. Dari ketiganya, saya menyarankan Canon 600D alasannya karena kompatibilitas pilihan lensa lebih banyak dan murah, lebih banyak tombol-tombol akses langsung sehingga mempercepat untuk mengubah setting di lapangan.

  • fardy January 11, 2013, 10:36 am

    mas saya punya uang skitar 5 jutaan, saya mau beli DSLR mas. menurut mas DSLR mana yg harus saya beli yg memeiliki kualitas lebih bagus mas …???

    • Enche January 12, 2013, 12:02 am

      @fardy coba cari Canon 1100D

  • Denny December 31, 2012, 12:05 pm

    saya ingin beli kamera DLSR yang harganya berkisar 8-9 jutaan, kira-kira merk apa yang terbagus/terbaik dari segi fitu dll, antara Sony, Canon dan Nikon…
    terima kasih

  • diah i December 28, 2012, 1:12 am

    mhon masukan , sony nex 5n atau canon eos 600D yg ok untuk pemula. trims.

    • Enche December 28, 2012, 9:25 am

      @diah keduanya cocok untuk pemula. Bedanya cuma satu jauh lebih kecil (NEX 5N), satu lagi lebih besar, punya jendela bidik dan dudukan flash (600D). Secara kualitas foto hampir sama.

  • julwisnu December 27, 2012, 3:07 pm

    Saya punya kamera cannon 1000D, tp auto fokusnya rusak. Kira2 kalau di perbaiki bisa gak ya? Minta info dong

    • Enche December 28, 2012, 9:32 am

      @jul mestinya bisa, bawa saja ke pusat servis

  • ary December 25, 2012, 10:51 pm

    mohon petunjuk,saya pengen beli kamera DSLR untuk pemula tapi fitur yang lengkap makenya apa ya yang bagus…kisaran harga 5 jutaan.
    thanks.

    • Enche December 27, 2012, 1:15 am

      @ary Coba cari Canon 550D

  • lala December 9, 2012, 2:18 pm

    kak,aku bingung memilih camera canon EOS 60D / NIKON D90,,,Menurut anda mana yg lebih bagus,,,???

    • Enche December 15, 2012, 10:10 pm

      @lala Menurut saya Canon 60D lebih baik

  • tara November 18, 2012, 10:31 am

    mas saya kepengen beli kamera prosumer tapi sarankan lgsg beli dslr aja…saya pikir kn saya masih pemula, kamrea yg cocok kira2 apa ya??? thanx

  • rvi October 27, 2012, 6:42 pm

    mas kemarin saya main ketoko kamera
    dan penjualnya bilang perawatan yang dibutuhkan dalam perawatan kamera itu hanya pakai filter lensa yang seharga 1.4 juta agar lensa aman dari debu dan air serta disimpan ditempat yang teduh
    apakah itu benar???
    apa resiko yang akan timbul jika saya tidak memakai filter lensa tersebut dilensa saya???

    • Enche October 28, 2012, 10:19 pm

      @rvi filter bisa mencegah debu dan air langsung masuk ke lensa, tapi filter juga bisa jamuran kalau tidak dirawan dan disimpan dengan baik.

  • rvi October 26, 2012, 5:30 pm

    mas apa saja yang kita perlukan untuk merawat kamera kita supaya tidak berjamur dan kotor
    dan adakah tips untuk merawat kamera DSLR?????

  • Bhayoe October 16, 2012, 10:46 pm

    tpi kata temen saya yg udh semi profesional dlam urusan ftografi, tingkatan produk DSLR yg canggih itu :
    1. Olympus
    2. Nikon
    3. Canon
    4. Sony
    gmna tu mas bro pendapatnya??

    • Enche October 16, 2012, 11:06 pm

      @Bhayoe temenmu pakai kamera merek apa Bhayoe?

  • azz September 20, 2012, 11:12 am

    mantab boss infonye

  • yudi September 8, 2012, 4:06 am

    owh begitu yaaa
    terimakasih yaa bang
    oia bang sebenernya harga olympus xz-1 itu sekarang berapa an bang
    soalnya saya search beda beda ada yang bilang 288 USD ada juga 499 USD
    yang bener yang mana???
    oia denger denger olympus mau mengganti xz-1 dengan xz-2 ya bang?

  • yudi September 7, 2012, 3:45 am

    owh begitu yaaa
    terimakasih yaa bang
    oia bang sebenernya harga olympus xz-1 itu sekarang berapa an bang
    soalnya saya search beda beda ada yang bilang 288 USD ada juga 499 USD
    yang bener yang mana???
    oia denger denger olympus mau mengganti xz-1 dengan xz-2 ya bang????

  • Enche September 7, 2012, 3:41 am

    Tergantung ukurannya juga. Kalau ccd tapi ukurannya besar ya lebih bagus dong.

    Dipraktekknya gak ada bedanya. Fungsinya untuk mencegah blur karena tangankta goyang

  • yudi September 7, 2012, 2:19 am

    dan IS nya itu xz-1 pergeseran sensor dan p310 di lensa
    maksud dan perbedaannya apa bang

  • yudi September 7, 2012, 2:14 am

    tapikan olympus itu sensornya masih CCD bang dan belum full HD pula……..
    bukannya sensor CMOS itu lebih bagus ya bang??

  • Enche September 7, 2012, 2:10 am

    @Yudi alasan saya karena P300 di toko sudah gak ada, sudah discontinue, jadi beli P310 deh he he he

    Olympus XZ-1 masih lebih bagus karena ukuran sensornya lebih besar. Jadinya kualitas fotonya lebih bagus.

  • yudi September 7, 2012, 12:33 am

    tadi saya melihat artikel abang tentang kamera compact canggih terbaik 2011
    disana ada olympus xz-1
    fitur-fiturnya bagus tapi sayang masih CCD sensor dan belum full HD
    gimana menurut abang bila dibandingkan dengan nikon p300 dan nikon p310???
    pilih mana antara olympus xz-1, nikon p300, dan nikon p310
    beserta alasannya yaa bang

  • yudi September 6, 2012, 10:57 pm

    oia alasan abang untuk memilih p310 dibanding p300 apa saja bang???

  • yudi September 6, 2012, 10:51 pm

    karena p300 masih apa bang??????

Leave a Comment