≡ Menu

Travel atau gear?

Beberapa waktu yang lalu saya sempat melemparkan polling untuk fans Infofotografi.com di Facebook.

Hasilnya, dua pertiganya memilih membeli peralatan fotografi daripada sepertiganya untuk jalan-jalan. Hasil polling ini agak mengejutkan karena sebelumnya saya pikir lebiih banyak orang yang pilih jalan-jalan.

Sebenarnya, untuk membuat foto yang bagus tidak dibutuhkan alat fotografi yang sangat mahal. Jika punya kamera DSLR pemula dengan 1-2 lensa saja sebenarnya sudah cukup. Kamera saku canggih juga sudah cukup mumpuni terutama jika fotonya banyak yang outdoor.

Jalan-jalan memang kadang tidak nyaman karena harus repot berkemas, mengantri dan menunggu di airport dan nginap di tempat yang kurang nyaman dan sebagainya. Ada juga yang mungkin merasa traveling itu boros, mendingan uang buat ditabung atau buat beli kamera dan lensa baru.

Tapi hidup adalah kumpulan dari pengalaman. Hidup cukup pendek untuk dihabiskan hanya untuk bekerja, mencari uang atau mengerjakan rutinitas sehari-hari saja. Mengumpulkan harta itu tidak berujung. Demikian pula kalau kita mengikutin peralatan baru. Setiap bulan, ada saja produk fotografi baru yang diumumkan. Kalau ada sedikit uang, coba pertimbangkan untuk jalan-jalan supaya mendapatkan pengalaman-pengalaman baru. Apa gunanya mengumpulkan alat fotografi baru, tapi lebih sering di simpan di tas saja?

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 5 comments… add one }
  • dhody November 21, 2013, 9:26 am

    setuju banget dah sama om Enche Tjin

  • rotyyu April 25, 2012, 2:05 am

    Kalau saya pribadi pasti milih jalan2, kamera yg sekarang sudah cukup lah.

  • Yudi April 25, 2012, 1:55 am

    Menurut saya ada baiknya dalam membeli gear juga harus memperhitungkan dana untuk jalan2. melihat pemandangan di tempat baru dan mengabadikannya dengan gear yg kita miliki menurut saya adalah satu paket yang tidak dapat di pisahkan jika kita ingin menikmati liburan sekaligus menyalurkan hobi photografi.

  • Ben2 April 24, 2012, 8:45 am

    hahaha, diulas juga di sini.

  • Nanang Prestijono April 24, 2012, 12:34 am

    ada dana…..ternyata selama ini ada salah gear yg menjadi incaran dan prioritas yg harus dimiliki….tentu saja saya akan memilih gear tsb daripada jalan-jalan….dan kebalikannya krn sdh tdk ada keinginan lagi (saat ini) utk memiliki gear tertentu tentu saya akan memilih jalan-jalan….pilihan jawabannya tergantung situasi yg dihadapi masing2 individu…..

Leave a Comment