≡ Menu

Tips fotografi menyongsong tahun 2013

Akhir tahun bagi saya merupakan waktu yang tepat untuk mengorganisasikan dan mengevaluasi foto-foto. Dengan demikian saya bisa memulai fresh & new di tahun 2013.

Berikut beberapa tips-tips “pembersihan” akhir tahun:

1. Periksalah foto-foto yang sudah dibuat
Hapus foto-foto yang tidak bagus, dobel, dan blur. Organisasikan foto dengan software khusus seperti Adobe Lightroom (yang saya gunakan), Aperture (software Apple), ACD see dsb. Berikan rating kepada foto dan kelompokkan berdasarkan tema. Kalau sempat, masukkan keterangan (description), dan tag untuk mempermudah pencarian foto di masa depan.

2. Mengedit foto
Sambil memeriksa, editlah foto yang belum sempat di edit, seperti melakukan kropping, membetulkan warna dan sebagainya. Ambil kesempatan untuk mengenal diri sendiri. Apa setting dan fokal lensa favoritmu? Renungkan dan tanyakan kepada diri sendiri: Apa kelemahan saya?, apa kekuatan saya? Apa yang bisa dilakukan supaya lebih baik? Jika ada kesempatan untuk memotret lagi, setting atau sikap apa yang harus saya lakukan. Jangan berkecil hati jika foto yang bagus tidak banyak. Semua membutuhkan proses.

3. Pikirkan kemungkinan membuat buku foto
Jika ada foto-foto yang berkesan dan bagus, jangan kesampingkan untuk mencetak foto dalam ukuran besar (jika dinding dirumah masih banyak yang kosong), dan jika kita memiliki banyak foto yang saling berkaitan, tidak ada salahnya membuat sebuah buku foto/photo book. Karena perkembangan percetakan digital saat ini, pembuatan buku foto relatif terjangkau.

4. Acara dan perjalanan tahun depan
Rencanakan perjalanan untuk tahun depan. Travel tidak selalu harus panjang, jauh dan lama. Alokasikan waktu untuk perjalanan pendek (2-3 hari) dan perjalanan panjang (5-7 hari). Pikirkan tema fotografi yang ingin dipelajari. Ikuti kelas atau acara fotografi untuk menambah ilmu dan pengalaman. Membuat rencana kedepan dapat membuat meningkatkan semangat kita untuk memasuki tahun baru.

5. Gears
Tidak usah terlalu terobsesi dengan peralatan foto. Daripada mengintip dan memeriksa review kamera, lensa dan aksesoris setiap waktu, kita bisa memanfaatkan kamera dan lensa yang ada dan terus mengembangkan ketrampilan dan jiwa seni dari dalam diri kita. Tanpa belanja hal-hal yang tidak perlu, kantong dan istri kita juga akan lebih senang 🙂

Semoga kita semua sukses di tahun depan dan Selamat tahun baru 2013!

Untuk kick-start tahun 2013, Infofotografi mengadakan:

Tanggal 5 Januari ini kita ada acara hunting bareng di taman burung TMII. Tanggal 6 ada kursus belajar Adobe Lightroom (untuk organisasi dan editing foto). Jangan lewatkan kedua acara ini 🙂

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 1 comment… add one }
  • rizal July 9, 2013, 9:47 pm

    Misi om mau tanya teknik camera tossing it gimana??
    Pke kamera ap??
    Makasih ^^

Leave a Comment