≡ Menu

Mencari inspirasi kreatif

Bagi orang yang berkecimpung di bidang kreatif, termasuk fotografi mencari inspirasi (semangat yang luar biasa untuk melakukan hal yang kreatif) susah-susah gampang. Seringkali, inspirasi dicari-cari malah tidak ketemu-ketemu. Menurut pengalaman saya, inspirasi memang makin dikejar makin jauh. Tapi kalau kita tenang, nyantai, kita bisa membuat kondisi untuk mendapatkan inspirasi. Inspirasi justru bisa didapatkan saat kita tidak terobsesi untuk mendapatkannya. Ironis bukan? Seperti cari jodoh saja ya hehe..

Inspirasi sering timbul saat tubuh dan pikiran santai seperti saat mandi, berjalan-jalan, mengucapkan mantra, bermeditasi. Saat yang santai membuat pikiran bebas dan mengurangi gangguan.

Dulu saat kuliah di AS, saya sering sekali jalan-jalan terutama ke taman yang kira-kira 30 menit dari tempat kos saya. Dari jalan-jalan dan mengamati pemandangan kota dan bangunan tua otak saya terasa segar dan penuh ide kreatif. Setelah pulang dan menetap di Jakarta, agak sulit untuk bisa berjalan-jalan dengan bebas tanpa kekuatiran keserempet motor dan mobil yang semakin banyak dan trotoar yang penuh dengan pedagang kaki lima atau kendaraan yang sedang parkir.

Taman Rittenhouse Square, hanya 30 menit dari tempat kosku, 2009-2010

Maka itu biasanya saya menjadwalkan diri untuk keluar dari kota, mencari angin segar diluar Jakarta baik dalam rangka survei lokasi maupun mengadakan tur fotografi. Pergi ke tempat yang baru dan sangat berbeda juga merupakan ide yang bagus. Mengenal budaya yang berbeda, mengamati orang-orang, berkomunikasi dengan mereka, sering membuat inspirasi muncul.

Kalau ingin berhemat, kita bisa belajar banyak dari menonton film. Amatilah warna, framing, sudut pandang, pencahayaan dan sebagainya. Kadang-kadang inspirasi terbuka saat membaca hal-hal yang tidak berkaitan langsung dengan fotografi. Membaca buku, menonton ceramah atau pidato di YouTube jarang tidak memunculkan inspirasi dan ide baru. Beberapa pidato favorit saya adalah oleh Alm. Steve Jobs dan Presiden AS Barrack Obama. Ada juga beberapa seniman dan fotografer yang sering berbagi ide inspiratifnya di TED Talk.

Setelah mendapatkan inspirasi, jangan lupa bahwa inspirasi itu bisa kadaluarsa jika tidak ditangkap, disimpan dan ditindaklanjuti. Maka itu biasanya saya mencatatnya ke dalam ponsel saya atau buku catatan. Selamat mencoba 🙂

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 2 comments… add one }
  • Michael May 8, 2013, 4:14 pm

    wahh benar sekali yg produsen tas kamera blg.. bermanfaat bgt.. mmg trkdg di wkt kita lgi di TKP mau foto inspirasi tidak dpt”.. malah di paksa malah tmbh gak kepikiran.. bagusnya di catat agar bisa di lakukan di lain harinya..

  • Produsen Tas Kamera March 8, 2013, 3:43 pm

    Kadang-kadang inspirasi datang disaat yang ngga tepat
    pas kita butuh inspirasi malah suka mentok hehee
    salah satu jalan keluarnya adalah mencatat setiap inspirasi yang muncul untuk dilakukan dikemudian hari.
    Semoga tips nya bermanfaat

Leave a Comment