≡ Menu

Apa itu video editing?

Di era digital seperti sekarang ini perkembangan dunia digital begitu pesat terutama pada bidang media (baik itu berupa foto maupun berupa video). Mungkin banyak orang yg belum mengetahui tentang video editing, bahkan mungkin belum pernah mendengar tentang video editing.

pinnacle-video-editing-software

Pada artikel kali ini saya ingin menjelaskan apa yang dimaksud dengan proses video editing. Pada dasarnya terdapat dua tahapan utama dalam proses pembuatan suatu video sebelum siap untuk ditayangankan, tahap pertama adalah tahap perekaman video yang biasa dilakukan oleh seorang atau lebih kameramen, pada proses ini akan dihasilkan rekaman video mentah, dan tahap kedua adalah tahap pengeditan video yang biasa dilakukan oleh seorang atau lebih video editor.

Definisi video editing adalah suatu proses penseleksian, penambahan teks/judul, variasi, transisi, effect, lagu, sound effect, narasi, merubah tampilan warna, menu khusus untuk bentuk kepingan baik itu format DVD maupun Blue Ray dari video mentah (yang dimaksud dengan video mentah adalah video yang dihasilkan langsung dari alat perekam video seperti handycam, video kamera, handphone atau alat2 perekam video lainnya) menjadi video yang mempunyai tampilan dan format video seperti yang kita inginkan.

Tujuan dari proses video editing adalah membuat suatu rekaman video mentah menjadi suatu tampilan video yang menarik dan enak untuk dinikmati.

Pada proses video editing ini kita dapat memilah-milah bagian mana dari video mentah yang kita inginkan dan kita dapat membuang bagian-bagian dari video mentah yang tidak kita inginkan (seperti tayangan video yang tidak jelas, buram, tidak fokus, terlalu goyang, dll), kita juga dapat memperbaiki hasil rekaman video kita yang terlalu gelap atau terang, ataupun warnanya yang terlalu kuning/merah/biru. Selain itu dalam proses video editing kita juga dapat menggabungkan antara foto dengan video, serta mengambil foto dari video.

Dalam proses video editing kita juga dapat membuat slide show (tampilan foto yang digerakan) serta kita dapat mengambil hanya audionya saja yang dapat kita gunakan secara terpisah. Untuk menjadi seorang video editor yang handal di perlukan jiwa seni dan kreatifitas yang baik, untuk dapat merasakan apakah video yang telah siap ditayangkan itu sudah menarik atau belum.

Secara garis besar hal-hal tersebut diatas adalah proses yang bernama video editing. Sekian dahulu pembahasan singkat dari saya mengenai pengenalan dunia video editing.

Hardi Danusasmita
Video editor profesional

Jika Anda ingin belajar video editing, hubungi 0858 1318 3069 atau email infofotografi@gmail.com untuk mendapatan info pelatihan oleh video editor profesional.

{ 14 comments… add one }
  • jaenal arifki August 22, 2021, 2:34 am

    jika ingin belajar menjadi editor harus di mulai dari mana

  • agus sultoni April 22, 2015, 4:19 pm

    terima kasih ada tmpat/ruang buat baca khususnya buat saya pribadi. sehingga kami bisa mengerti kurang lbih ilmunya.

  • Niky January 21, 2015, 9:48 am

    Makasih infonya gan membantu banget 😉

Leave a Comment