≡ Menu

Bahas foto : Membuat foto berkesan tiga dimensi

Dunia yang kita lihat berbentuk tiga dimensi, tapi foto hanya punya dua dimensi, panjang dan lebar. Lantas bagaimana membuat foto yang memberikan kesan tiga dimensi?

river-forest-color
Pernah dengar istilah foreground, background? Itu salah satu cara fotografer untuk memisahkan antara bidang foto, sehingga yang melihat foto dapat merasakan dimensi di dalam foto. Supaya fotonya sukses, perlu beberapa hal. Salah satunya adalah membuat elemen foreground (dalam contoh foto ini adalah pohon tua) jauh lebih gelap dari belakang.  Istilah kerennya adalah membuat siluet, dan mudah dibuat saat matahari terbenam di pantai.

Untuk membuat foto semacam itu, pencahayaan dan posisi saat memotret sangat penting supaya tonal pohon lebih gelap daripada latar belakangnya (background) yang berupa pemandangan sungai, batu dan dedaunan.

Menurut saya, foto semacam ini menarik karena komposisinya tidak lazim, pohon tua yang hitam berada di ditengah dan menutupi pemandangan dibelakangnya. Saya sendiri mengganggap kedua bidang foto: pohon dan latar belakang sama menariknya, maka saya masukkan keduanya dan membuat keduanya sama tajamnya.

Data teknis foto ini  : ISO 100, f/8, 1/2 detik.

river-forest-bw

Foto diatas dalam hitam putih dengan Adobe Lightroom, versi mana yang lebih Anda sukai?

——

Infofotografi secara rutin mengadakan kursus kilat dasar fotografi, komposisi, lighting, editing, dan menyelenggarakan tour foto dan mentor series. Periksa jadwalnya di halaman ini.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment