≡ Menu

Memakai lensa DSLR di kamera mirrorless

Saat ini kamera mirrorless semakin berjaya, penggunanya pun kini semakin banyak. Ukuran yang lebih kecil dari DSLR dibarengi peningkatan fitur membuat mulai banyak yang tertarik mencobanya. Sebagian besar penggunanya tentu akan memakai lensa yang sesuai mount-nya, misal Sony Alpha dengan lensa-lensa E mount atau Olympus dengan lensa Micro 4/3 mount. Tapi ada juga sebagian pengguna mirrorless yang justru memasang lensa DSLR di kamera mirrorless mereka. Mengapa hal ini bisa dilakukan? Kita bahas sama-sama yuk..

Pertama kita mesti melihat dulu lensa DSLR seperti apa yang dipasang di kamera mirrorless. Sebagian besar ternyata adalah lensa lama, alias lensa manual, seperti Canon FD, Nikon AFD atau bahkan lensa lama dengan mount M42. Lensa-lensa ini bisa jadi adalah koleksi lawas yang selama ini disimpan di lemari, atau baru saja didapat di pasaran lensa bekas, yang kemudian dipakai di mirrorless. Walau begitu ada juga lensa modern yang dipasang di mirrorless seperti lensa Canon EOS atau Nikon AF-S seperti gambar di bawah ini :

Kamera mirrorless dengan lensa DSLR

Kamera mirrorless dengan lensa DSLR

Apa alasan dibalik semua ini? Tentu jawabannya bisa beragam, misal ingin nostalgia dengan lensa lamanya, atau cari lensa yang terjangkau, atau memang lensa yang diinginkan belum tersedia sehingga terpaksa memasang lensa DSLR. Ingat kalau sistem mirrorless masih tergolong baru, pilihan lensa yang ada memang belum sebanyak sistem DSLR yang sudah berpuluh-puluh tahun ada.

DSLR vs mirrorless

Bagaimana penjelasan teknis dari semua ini? Untuk bisa memahami itu kita perlu tahu dulu desain teknis kamera dan lensa, bahwa setiap lensa dirancang untuk mengirim gambar ke sensor di kamera. Perhatikan ilustrasi di atas, garis warna magenta itu menunjukkan jarak dari mount (dudukan) lensa ke sensor, namanya flange back distance. Di sistem DSLR kira-kira jaraknya 4-5 cm, dan itu sudah sejak jaman SLR film memang begitu. Alasannya karena di DSLR ada cermin yang membuat sensor jadi harus agak mundur ke belakang, sehingga semua lensa harus dirancang untuk punya jarak flange back sekitar 4 cm. Di mirrorless yang tentunya tanpa cermin, jarak flange back ini bisa dibuat lebih pendek, sekitar 1-2 cm. Perancang lensa mirroless harus mendesain ulang rancangan lensa karena menyesuaikan flange back yang jauh lebih pendek.

Flange back lensa DSLR sepanjang 4,5 cm dirancang pas mencapai sensor DSLR

Flange back lensa DSLR sepanjang 4,5 cm dirancang pas mencapai sensor DSLR

Selisih jarak ini yang membuka peluang memasang lensa DSLR di mirrorless, tentunya dengan memasang adapter. Fungsi dari adapter memang simpel yaitu hanya merubah desain mount, misal mount lensa Nikon supaya bisa masuk ke E-mount di bodi Sony Alpha/NEX. Tapi kegunaan penting lain dari adapter adalah menambah jarak flange back kamera yang tadinya pendek jadi panjang sehingga memungkinkan dipasang lensa DSLR. Bila jarak flange ini tidak dipanjangkan, maka fokus dari lensa DSLR akan jatuh dibelakang sensor dan itu artinya kamera tidak akan bisa fokus.

Di mirrorless, fungsi adapter juga menambah jarak flange back supaya pas dengan sensor mirrorless

Di mirrorless, fungsi adapter juga menambah jarak flange back supaya pas dengan sensor mirrorless

Memasang adapter tentunya punya kompromi sendiri. Pertama adalah mayoritas adapter dibuat simpel tanpa chip atau kontak elektronik. Artinya jangan harap lensanya bisa auto fokus, maka itu adapter yang simpel memang dirancang untuk lensa-lensa lama yang manual fokus dan manual aperture. Di kamera pun harus pakai mode M, dan perlu pakai kamera yang ada opsi untuk bisa memotret tanpa lensa. Tidak ada bantuan light meter di kamera, kita harus andalkan histogram untuk akurasi eksposur dan memakai focus peaking (bila ada) untuk manual fokus.

Adapter modern dengan pin kontak data dan chip didalamnya

Adapter modern dengan pin kontak data dan chip didalamnya

Tapi untuk anda yang tidak suka cara lama, ada juga adapter yang canggih dengan kemampuan menterjemahkan perintah AF dari kamera (misal kamera Sony E-mount) dan mengkode ulang perintahnya dan dikirimkan ke lensa (misal lensa Canon EF) sehingga auto fokusnya tetap berfungsi. Tapi adapter semacam ini harganya mahal, pilihannya lebih sedikit dan kadang AF-nya terasa lebih lambat.

Pembaca juga boleh share pengalaman apa kamera mirrorless yang dipakai, apa lensa DSLR yang anda pasang, dan adakah kendala yang dialami melalui kolom komentar di bawah ini.

Ikuti kelas Kupas Tuntas DSLR dan mirrorless bersama saya untuk belajar tentang fitur kamera digital terbaru.

About the author: Erwin Mulyadi, penulis dan pengajar yang hobi fotografi, videografi dan travelling. Sempat berkarir cukup lama sebagai Broadcast Network TV engineer, kini Erwin bergabung menjadi instruktur tetap untuk kursus dan tour yang dikelola oleh infofotografi. Temui dan ikuti Erwin di LinkedIn dan instagram.

{ 220 comments… add one }
  • Edy Slamet July 23, 2018, 6:19 pm

    Selamat malam… kamera saya Nikon 1 J3, dan lensa Canon EFS 50-250. saya ada adapter EFS to Nikon 1 (Yohen), tetapi yang tanpa konektor elektronik, jadi tidak bisa berfungsi. Bagaimana cara agar berfungsi? Apakah harus pakai adapter yang ada konektor nya? (Catatan : Saya lebih suka manual focus)
    Terima kasih

    • Edy Slamet July 24, 2018, 6:23 am

      koreksi : Adapter merk Yehon

  • Alexander CFP July 10, 2018, 8:55 am

    Ikut bertanya..

    Saya baru punya mirorrless Eos M5, baru beli juga adapter comlite, saat saya coba pasang dengan lensa canon 50mm 1,8 dan saya hidupkan kamera langsung didisplay kanan atas tercantum MF dan AF ga jalan sehingga ga bisa ambil foto. Saya coba ganti lensa dengan Tamron 17-50mm non VC eee sama juga ga berfungsi juga AF nya, itu kenapa ya ? sedangkan informasi penjual adapter comlite support AF, mohon pencerahan, terima kasih..

  • Surya July 8, 2018, 1:12 pm

    Ko..mau tanya
    Aku pakai kamera nikon d3100 dan aku ingin beli lensa sony..apakah harus memakai adapter juga ta..?dan adapter type apa yang cocok buat d3100..?

    • Erwin Mulyadi July 9, 2018, 1:37 pm

      Pengguna DSLR tidak bisa pasang lensa lain, misal Sony. Jadi D3100 cuma bisa pasang lensa dengan F mount saja.

  • Peter Lee June 25, 2018, 10:15 am

    Ko nanya dong.

    Jika saya pakai kamera Fuji XT-100 lalu ingin memakai Lensa Nikkor 35mm f/1.8 DX bisa tidak ya ? Jika bisa,harus memakai adapter apa ya ko ? Dan ada kekurangan nya ga ya dari segi gambar yg dihasilkan ?

    Many thanks before

  • Suya June 25, 2018, 3:11 am

    Permisi.. maaf saya mo tanya, jika saya menggunakan kamera sony A7ii, kemudian saya ingin menggunakan lensa Tele canon 70-200 atau Fix 50mm f1.8 STM, adapter apa yg cocok dan apakah ada pengaruh terhadap kinerja lensa ataupun hasil photo..?
    Terima kasih..

    • Enche Tjin June 25, 2018, 7:43 am

      Macam-macam merk adaptor tersedia seperti commlite, viltrox, metabones dll. Kinerja autofokus biasanya menurun (agak lambat). Hasil foto biasanya tetap oke, tapi ada beberapa lensa yang memang agak menurun misalnya warnanya agak pudar.

  • fahri amri June 20, 2018, 9:46 pm

    ko mau tanya lensa sony slt a33 (DT 4-5,6/55-200 SAM pakai ke sony a6000 apa harus menggunakan adapter ya?

  • Hafiludin Sanjaya June 11, 2018, 4:04 pm

    Ko saya mau tanya apakah di miroles nikon 1 j5 ada pengaturan diafragma, iso, dan shuterspeed nya??

  • Hafiludin Sanjaya June 11, 2018, 3:50 pm

    Ko saya mau tanya, saya mau beralih ke nikon 1 j5, dam saya punya lensa youngnuo 50mm fot nikon, apakah bisa saya gunakan nantinya di miroles nikon 1 j5

  • Lexi May 6, 2018, 5:50 pm

    Hello salam kenal…
    Mau nanya nih, aku kan baru beli Olympus OM-D EM10 mkii, aku pengen kasi adapter buat lensa 50mm 1.4 ku.. Liat2 online sih ada yg menarik, merk Fotga, all metal. Pernah tau ngga? Layak beli ngga? Berhubung online sy ngga bs coba, jd butuh info mungkin pernah dnger/ punya pengalaman. Thanks b4.

    • Enche Tjin May 8, 2018, 5:03 am

      Saya belum pernah pengalaman pakai Fotga, tapi sepertinya cukup baik.

  • Shenda April 17, 2018, 7:04 pm

    Mau tanya om..
    Saya bru pke mirrolles sony a7ii pke adafter comix CM-EF-NEXT trus saya pke lensa canon EF135 L
    Pas d coba hasil ukuran size foto nya kecil…apa dri settingan nya apa ngga cocok sama adafter nya…

    • Erwin Mulyadi April 18, 2018, 12:12 pm

      Ukuran kan ditentukan dari setting image size bukan akibat adapter.

  • panca February 7, 2018, 10:59 am

    saya pengguna lumix g85. sudah mencoba menggunakan adapter EF to M4/3, tanpa merek, buatan china, murah meriah ( sekitar 250rb). manual fokus & aperture bisa manual ada ring aperture di adoternya. hasilnya, crop faktor jadi sekitar 2x ( lensa 50 mm jadi 100 mm). untuk lensa2 canon tertentu ada vignet jika bukaan adapternya menengah ke sempit. jadi terbatas menggunakan aperturnya. manual fokus, hanya bisa mengandalkan peak fokus lumix g85, karena saya banyak gunakan utk videography tidak masalah. utk foto ya harus sabar dan mencocokkan moment supaya sempat fokud manual.
    stabiliser sensor g85 tetap berfungsi. keuntungannya jadi lensa manual tetap bisa stabil, utk pengguna videography sangat membantu. untuk hasil karena tidak ada optikal jadi tidak ada pengaruh. hanya di beberapa bukaan adapter ada vignetnya.

  • Reza February 1, 2018, 9:50 pm

    Jika saya menggunakan adapter untuk lensa fix Nikon 50 mm yang manual focus itu ke mirrorless Lumix G85 apakah focal length-nya akan bertambah menjadi 100 mm atau tetap di 50 mm?
    Jika focal length bertambah berarti area motret akan menjadi sempit ya.. cmiiw.

  • agri January 12, 2018, 12:34 am

    koh masa mau tanya kamera saya kan sony a6000, mau coba beli lensa yongnuo 85mm f1.8 berikut dengan adapternya.
    kira2 support atau tidak? soalnya saya browsing belom pernah ada yang pakai lensa 85mm yongnuo di sony mirrorless.
    mohon pencerahan koh

    • Enche Tjin January 12, 2018, 12:50 pm

      Bisa digunakan, tapi autofokus akan pelan sekali dan bersuara.

  • Rahmat wijaya January 11, 2018, 8:03 pm

    Maksudnya background biar blur mas

    • Enche Tjin January 11, 2018, 8:52 pm

      Yang mm nya panjang dan bukaannya besar (angka f kecil) contohnya 35mm f/1.4, atau 50mm f/2 atau 50-140mm f/2.8.

  • Rahmat wijaya January 11, 2018, 8:02 pm

    Mas mau nanya saya kan punya kamera mirrorless fujifilm x a10 lensa bawaan trus yang pengen saya tanyain lensa apa yang cocok buat foto background dengan kamera yang saya punya

  • Arjuna January 4, 2018, 1:03 pm

    Saya skrg menggunakan kamera canon 500d, sy mau beralih ke mirrorless canon m10, bisa gak saya gunakan lensa fix 50mm dan 24mm yg dari dslr ke mirrorless canon m10? Kalau mau pke adaptor merek apa dn type ap?
    Terima kasih

    • Enche Tjin January 5, 2018, 9:07 am

      Untuk adaptor dari Canon sendiri ada bikin, namanya Canon EF-EOS M Adapter

  • Hanif December 26, 2017, 6:32 am

    Koh, saya punya adapter canon EF – EOS M bisa gk ya dipake di kamera sony ?

  • Ivnu December 15, 2017, 9:05 pm

    Ko saya punya lensa nikkor afs 50mm f 1.8. Apakah bisa di pasang di fujifilm xa3? Mohon petunjuk nya.

  • Tito December 11, 2017, 9:29 am

    Salam kenal koh.. Saya punya lensa canon EF-S 50 mm dan 100 mm. Tapi ketika dipakai di Canon M3 dengan adapter merk Meike, motornya bergerak terus kecuali AF dimatikan dan memakai Manual Focus.. Penyebabnya apa ya? ada tips biar bisa Auto Focus? Makasi Koh

  • Yerru November 17, 2017, 4:09 pm

    Kalau kamera olympus ep 1 pakai lensa kit nikon bisa kah koh. . . .
    Makasih

  • Stevian November 11, 2017, 8:48 pm

    Ko nanya rekomen adapter utk canon eos to samsung nx3000 yg bs autofokus apa ya ko?

  • Willis October 9, 2017, 11:45 pm

    Mas, Lensa Fujinon saya pengait ke Body lensanya patah, kirakira lensa pengganti untuk Fujifilm XM1 selain lensa fujinon yg rekomended apa yaa ? Apakah adapter dengan lensa yongnuo rekomended? Mohon sarannya. terima kasih 🙂

  • Hestie October 8, 2017, 7:31 pm

    Koh,
    Saya punya mirrorless nikon j5..jenis adapter dan lensa 50mm apa yg cocok ya?
    Mohon pencerahannya ya koh..masih pemula banget ni..

    • Enche Tjin October 9, 2017, 9:32 am

      Kalau lensa 50mm yang cocok sebenarnya Nikon 1 juga ada, yaitu 18.5mm f/1.8, itu compatible dengan J5, tanpa harus pakai adaptor.

      • lia December 16, 2017, 11:50 am

        koh, maaf saya continue nih pertanyaannya.
        jika saya terlanjur memilikin lensa canon fix 50mm, F/1.8 dan kamera Nikon J5, ada adaptor jenis apa ya yg bias dipakai?
        mohon pencerahannya.

  • Rullive September 28, 2017, 6:49 pm

    Sebelumnya terimakasih atas info / konten webnya sangat bermanfaat menanbah wawasan ilmu fotografi terutama sekarang ini saya lagi mencari tutorial atau cata memasang lensa..
    Hanya saja saya ingin memasang lensa DSLR seperti Nikon Nikor fixed atau lensa lainnya ke Smartphone, hp saya Lumia 1020 dengan bukaan f/2.2..
    Pertanyaan apa mungkin lensa DSLR bisa digunakan di smartphone..?
    Apa diperlukan adapter dan adapter seperti apa..?

  • eka wahyuni September 26, 2017, 9:47 am

    Ahjushi…. aku mau tanya kalau kamera sony A5000 mau pakai lensa yongnuo / canon 50mm harus pake adapter dulu atau langsung bisa tanpa adapter ?
    adapun kalau mesti pake adapter yang merk apa yaa ? yang supprot juga pastinya. terima kasih 🙂

  • Fergus September 22, 2017, 10:20 am

    Sekarang saya pakai kamera sony a6000 pakai lensa canon 18-135 dengan bantuan adapter pastinya. Kendalanya yg sangat terasa itu di autofocus nya. Sedikit hunting sekitar 3-5 detik. Lebih susah kalau low light. Mesti belajar manual focus kayanya hahaha

    • Enche Tjin September 22, 2017, 10:23 am

      Iya lambat kalau lensanya tidak memiliki motor stepper motor yang seperti lensa-lensa baru, juga gak semerk jg.

      • REY MATA HINE July 6, 2022, 8:15 am

        Kalo lensa sama kamera gak semerk juga mempengaruhi hasil kah ko?

  • Banuarly September 20, 2017, 11:17 am

    Kemarin saya coba pasangkan canon m3 dengan menggunakan adapter dengan lensa canon 67mm. Awalnya berjalan normal, sampai suatu ketika m3 tiba2 mati, mungkin saya kira baterai habis. Tp ketika saya charge, ternyata masih penuh, dan ketika saya coba nyalakan tidak ada respon sama sekali, hanya lampu indikator on off yg hanya berkedip sekali. Terima kasih

  • Hartono September 13, 2017, 6:04 am

    Mohon petunjuk. Saya punya lensa nikkor 18-105 mm (bawaan dr nikon D7000). Apakah bisa dipasang pada sony A 6000 ? Perlu adaptor yg spt apa ? Apa kekurangan dan kelebihannya. Brp harga adaptor tsb ? Tks

    • Enche Tjin September 13, 2017, 8:49 am

      Bisa tapi repot, karena jadi manual fokus, dan bukaan lensa juga akan dicungkil manual dengan adaptornya. Cari adaptor Nikon dengan adaptor Ring ke Sony E-mount. Harganya bervariasi tapi biasanya tidak sampai 500rb.

  • Opang August 26, 2017, 9:35 am

    Kalo fujifilm pake lensa canon ef, utk color tone ngikut ke film simulasinya fuji ato karater lensa canonnya ikut mempengaruhi ya? Mana yg lbh mendominasi? Tks

  • Ainul July 25, 2017, 5:20 pm

    Saya punya lensa EF-S 17-50 f2.8, apakah ketika dipasangkan dengan canom m3 + adapter terjadi penurunan kualitas, seperti autofokusnya jadi lambat dll? terima kasih

  • Oki July 25, 2017, 1:53 pm

    Mas, bisa minta tolong sharing infonya utk adapter lensa canon eos ke nx yg bisa AF? karna saya googling hanya ada yg manual saja

  • Danny July 13, 2017, 11:16 pm

    Rekomendasi adapter buat fuji biar bisa pakai lensa nikon apa saja ya ?

  • Kia kia July 8, 2017, 9:39 am

    Om saya mau nnya nih kan saya pnya kamera fujifilm xa-2 trus jga pnya lens efs 18-55mm dan kmaren udh bli adaptornya.trus kamera saya g bsa dipakai itu knapa ya om?

  • Viddy July 7, 2017, 12:22 am

    Mas saya mau tanya..
    Saya ada kamera lumix g7 mw pasang lens-lens dri DSLR, yg saya mw tanyakan, apakah semua jenis adapter bisa kita gunakan ke jenis kamera saya .?? Lumix g7. Walau it misal untuk eos M3 kita gunakan di Lumix g7.

    • Enche Tjin July 7, 2017, 9:05 am

      Gak semuanya, kalau lensa DSLR sebagian besar bisa, kalau mirrorless belum tentu, sebagian besar tidak bisa.

  • Fajar Sidiq Fansur July 6, 2017, 12:09 pm

    Saya pakai Mirrorless Samsung NX300M dan baru-baru ini membeli lensa Canon 24mm f 2.8 tapi setelah saya coba dengan adapter foto saya blur semua, mohon solusi pengaturan nya harus seperti apa ya ? Terimakasih

    • Erwin Mulyadi July 6, 2017, 12:50 pm

      Adapternya bisa auto fokus atau manual fokus? Canon EF-S 24mm f/2.8 itu lensa STM jadi saya tidak tahu apa ada issue auto fokus kalau pakai adapter ke sistem Samsung NX.

  • tessa June 26, 2017, 5:53 pm

    mau tanya, saya pengguna eos m10 rencananya mau beli lens 50mm f 1.8 canon jg. kalau saya beli adapter merk lain (non-canon) yang tidak terlalu mahal apakah bakal berpengaruh sama kinerja kamera? atau lebih baik saya beli fix lens ef-m?

    • Erwin Mulyadi June 27, 2017, 9:48 am

      Mending ambil lensa fix EF-M, kecuali udah punya lensa DSLR spt 10-18mm, 15-85mm dll baru pertimbangkan beli adapter ori

  • Nosep June 16, 2017, 9:45 pm

    Mas.. Saya punya M10 memakai adafter tanpa chip, dan memakai lensa helios, knp g bisa di shoot pada saat foto, mohon beri masukan karena saya masih awam. Terimakasih

  • Gasiga arba June 1, 2017, 10:38 am

    Mas, saya punya lensa canon EF-S, tp kemaren sy salah beli adapter buat mirrorless yg EF… apakah tetep bisa dipadukan ya???

    • Erwin Mulyadi June 1, 2017, 10:50 am

      Maksudnya gimana? Kalo adapter misal sony ke canon EF ya itu artinya bisa utk kamera sony ke lensa canon EF, dan otomatis lensa EF-S juga bisa.

  • Herpin May 4, 2017, 6:50 pm

    Kalau omd 10 Mark ii utk makai lensa Canon sigma itu harus menggunakan apa

    • Enche Tjin May 6, 2017, 7:04 am

      Perlu adaptor untuk memasang lensa Sigma for Canon EF.

  • Dody April 26, 2017, 11:15 pm

    nanya mas, saya pemakai Canon DSLR (sejak masih SLR pake film ). Saya pengen punya Mirrorless. Kalo saya beli Mirrorless Apa bisa lensa DSLR saya dipasang di Mirrorless?
    Terimakasih

  • nanang April 25, 2017, 1:58 pm

    Koh mau tanya..kamera saya sony a5100 trus saya pasang lensa canon ef..
    Kemaren” sich normal” aja semuanya…tpi sekarang kog g bisa auto fkus…
    Sebabnya apa za koh…
    Tlong pnjelasannya…makasih

  • Eni April 13, 2017, 7:55 pm

    Selamat malam mas, mau tanya nih. Saya kan punya fujifilm X-A2 dan lensa canon 50mm f/1.8 STM, udah aku beliin adapter juga untuk eos-fx, setting kamera dan lensa udah manual, dan udah di setting juga shoot without lens tapi kenapa gambar nge blur dan f di angka 0 ya. Apa lensa canon nya harus di setting dulu di body eos? Mohon pencerahaannya mas. Terimakasih

    • Enche Tjin April 14, 2017, 4:05 am

      Koneksi antara adaptor ke kamera, dan adaptor ke lensa coba dieratkan kembali.

      • Hasan Ashari October 4, 2017, 7:34 pm

        Mas saya juga punya masalah yang sama. Saya pakai XT-10 dan lensa canon 50mm f/1.8 STM. Saya beliin adapter eos-fx juga. Sudah di bongkar pasang erat tapi tetep blur semua. Apakah lensa ini sebenarnya compatible atau tidak? Mohon pencerahannya mas. thanks

        • ELEANOR IRTAPUTRI October 13, 2017, 4:46 pm

          sudah di coba utk di setting ke 50mm? kemungkinan krn apperturenya belum dibuka lebar. apa skrg sudah bisa?

  • Isna April 12, 2017, 2:00 pm

    untuk lensa third party seperti laowa/samyang for canon, apakah masih bisa digunakan untuk eos m?

    • Erwin Mulyadi April 12, 2017, 2:11 pm

      Prinsipnya selama ada adapternya, lensa lama seperti Canon FD bisa aja dipakai di EOS M, dan pasti manual fokus ya..

  • FX. Bambang Santoso March 31, 2017, 10:05 am

    Mas Erwin, baru saja saya beli camera Canon Mirrorless M 10. Sementara saya juga punya kamera Canon EOS D40 dengan lensa lingkaran merah merah yang wide 17-40 mm. Adapter apakah yang cocok dan kisaran harganya sampai berapa? Terima kasih.

    • Erwin Mulyadi April 1, 2017, 12:38 pm

      Adapter resmi canon ada, yg buatan pihak ketiga juga ada. Lensa 17-40mmL itu termasuk lensa wide untuk full frame, kalo di pasang di EOS M10 jadi mirip lensa kit karena kena crop factor.

      • fauzi April 8, 2017, 1:58 am

        Mau nanya bg, kalau pakai canon m10 bisa pasa fix 50mm f1.8 gak? Kalau bisa , apakah harus pakai adabter? Atau pangsung pasang.

        Terimakasih.

  • deni kriswantoro March 30, 2017, 2:52 pm

    kalo pake adapter di sony a6000 yang bagus apa ko…terus apakah ada penurunan kualitas dan speed af jika saya make lensa L series punya canon

    • Enche Tjin March 31, 2017, 6:08 am

      Commlite bagus, kinerja autofokus akan berkurang biasanya.

      • Fergus September 22, 2017, 10:25 am

        Commlite kisaran harga brp ?

  • Zani March 5, 2017, 11:30 am

    Ko
    Sy baru beli fuji xa3
    Bisa gak pakai lensa canon fix 50?
    Terima kasih sebelumnya ko..
    Salam kenal

  • fepy julio hidayay March 3, 2017, 6:20 pm

    maaf ya koh saya mau tanya,
    saya pemula, saya punya olympus mirorrles EP-3 ,
    bisa gak ya saya pakai lensa Slr atau Dslr?
    dan apa saja alat yang harus diganti di mirrorles saya ?

    • Enche Tjin March 3, 2017, 11:45 pm

      Bisa tapi mesti pakai adapter, ada fungsi yang tidak bisa digunakan seperti autofocus.

  • Farel Ammar February 15, 2017, 3:33 pm

    Koh ada ga adapter lensa nikon ke canon eos?? Klo ada kira kira harganya brp?

  • dika February 5, 2017, 10:17 am

    Apakah terjadi penurunan nilai f (aperture) jika lensa DSLR dipasang di kamera mirroless?

  • Amron Baitarrizaq February 4, 2017, 10:10 am

    Kalau mau upgrade lensa eos m3. Mending beli lensa ef m, atau ef s plus adapter… mengingat lensa ef m masih terbatas, dan blm tahu kualitasnya..

    • Enche Tjin February 4, 2017, 12:01 pm

      Bisa keduanya, dan masing2 ada plus minusnya, misalnya kalau tambah adaptor dan lensa DSLR, ukurannya jadi gak compact lagi dan agak berat kedepan keseimbangannya. Saran saya lebih baik dan cocok lensa EF-M. Sedangkan kalau untuk lensa yang gak ada di EF-M, baru pakai adaptor.

  • musa February 3, 2017, 8:40 pm

    Saya pengguna canon eos m3, saya mempunyai lensa nikkon ai manual, kemudian lensa ini saya pasang di canon eos m3 megunakan adapter. Tetapi camera tidak bisa shot… bagaimana caranya agar bisa digunakan? Mohon petunjuknya…

    • Enche Tjin February 4, 2017, 12:07 pm

      Coba cari di menu, ada gak release shutter without lens? Coba di On kan.

  • osa January 23, 2017, 12:02 am

    ko mau tanya…kamera a6000 mau beli lensa wide canon. ada ngga rekomendasi lensa wide canon?untuk adapter nya bagus comlite apa procore?
    makasih

    • Erwin Mulyadi January 23, 2017, 11:56 am

      biasanya orang ambil 10-18mm dan adapternya sama aja, yg penting ada elektronik chip nya

  • elvinnoer January 14, 2017, 1:52 pm

    kak kalo mau upgrade lensa canon eos m10 ,yang bagus dan g terlalu mahal apa ya ??

  • wijayanto December 17, 2016, 11:44 pm

    kamera saya lumix gf 5.. rencana mau saya pasang LENSA OLYMPUS DIGITAL 40-150MM F/3.5-4.5, apakah bisa jika dipasang dg ADAPTER LENSA OLYMPUS KE M 4/3 merk KERNEL?
    katanya jk dipasang gak bisa auto focus? maksud nya bgm?
    thks sebelunnya

  • Andre December 17, 2016, 9:06 am

    Pagi om, saya lagi mau beli sony a7ii, kira-kira kalo di pakein lensa canon 24-70 f2.8L bagus ga ya? dan kira2 bagusnya pakai adaptor mere apa ya om? terimakasih

    • Enche Tjin December 17, 2016, 9:40 pm

      Bagus-bagus saja, tapi jadi besar dan berat di bagian depan (lensanya). Adaptor bisa pakai Commlite yang murah tapi bisa autofokus atau Metabone kalau ingin yang lebih cepat autofokusnya.

  • Dendy December 7, 2016, 11:10 pm

    Om saya mau tanya, saya kn punya kamera mirrorless lumix dmc g3k, sy pasang adapter m4/3 to canon lens, tp kenapa tidak mau fokus ya, sy pake lensa canon 50mm f1.8 stm, sedangkan kalau pake lensa canon yang no stm bisa fokus

    • Erwin Mulyadi December 8, 2016, 11:53 am

      mungkin adapternya tidak kompatibel dengan lensa canon yg versi STM

      • Rachadian January 4, 2017, 12:46 am

        Sama nih gan ane kejadian kagak begini 🙁 trus agan gimana jadinya ?

    • Glen January 31, 2017, 5:51 am

      Om sya mau nanya klo mau upgrade lensa untuk mirrorles canon eos m3 bagusnya lensa yg mana yah? Terima kasih sebelumnya untuk sarannya..

      • Enche Tjin January 31, 2017, 6:33 am

        Untuk kebutuhan apa? untuk traveling zoom yang praktis EF-M 18-150mm.

  • Kenny December 4, 2016, 12:56 pm

    om saya mau nanya
    saya pny mirrorless lumix dmc gx85
    mau saya pasang kan lensa fix canon 50mm
    kira2 bisa g ya

  • Edwin Gunawan November 29, 2016, 2:29 am

    Ko mau nanya,mohon petunjuk nya ko.
    Kalau lensa sigma 30mm f/1.4 for sony a6000 bisa di pakai di nikon D5500?
    Apakah harus pakai adaptor?
    Jika harus pakai, adaptor apa yg recommended ko?
    Terimakasih banyak.

    • Enche Tjin November 29, 2016, 11:21 am

      Sigma 30mm f/1.4 DN for Sony tidak bisa dipasang di kamera dSLR seperti Nikon D5500 meski pakai adaptor.

      • Edwin Gunawan January 1, 2017, 7:04 pm

        Kalau sebalik nya ko?
        Sigma 30mm f/1.4 for nikon d5500 bisa di pakai di camera mirrorles a6000 tidak ko?
        Kalau bisa, pakai adaptor apa ko ya recomend?
        Terimakasih banyak ko..

  • ardian November 21, 2016, 12:13 am

    Permisi mau nanya om, untuk Sony a6000 jika dipasang lensa canon dslr cocoknya Jenis apa ya untuk adaptornya?

  • zd management November 19, 2016, 2:47 pm

    MAS MOHON BANTUAN ILMUNYA MAS,,,,, LENSA FUJI(X-FUJINON.Z) BISA NGAK DI PASANG KE BODI CAMERA DSLR NIKON 5100, MAKASIH MAS

  • vickry aldi November 18, 2016, 11:31 pm

    om saya mau nanya, saya punya mirolles canon eos m3 + lensa fix 50 mm f1.8, jadi adapter apa yang bagus buat lensa sama camera canon eos m3 tersebut om?

    • Enche Tjin November 19, 2016, 10:01 am

      Canon EOS M mount adaptor yang resmi dari Canon bagus.

  • ano, October 13, 2016, 12:03 pm

    siang om
    sy mau nanya om. sy pengguna sony alpha 7. selama ini oke2 ajj. dan sy punya niat untuk masang lensa canon di sony alpha 7 sy. minta saran om lensa canon mana yg lebih cocok di sony sy..mohon rekomend nya om..thx

    • Enche Tjin October 13, 2016, 5:33 pm

      Hehe kalau belum punya lensa Canon-nya sebaiknya cari yang memang buat Sony supaya autofokus dan kinerjanya lebih maksimal.

  • irsal syahri October 5, 2016, 8:01 pm

    Nikon j1 apa bisa pake lensa Dslr? Lensa Dslr yg cocok pake apa ya.. Trims

    • Enche Tjin October 5, 2016, 9:38 pm

      Gak bisa langsung, harus pakai adaptor dan setelah dipasang kena faktor pengali 2.7X sehingga jadi lebih telefoto.

  • Ardhi September 12, 2016, 4:19 pm

    Saya pengguna baru kamera mirrorless Sony alpha 6000, sebelumnya pake Canon EOS 550D. Minta pendapatnya apakah bisa Sony Alpha 6000 dipasang Lensa Canon 18-55mm, ? Kalau pun bisa apakah bisa berjalan sebagaimana mestinya lensanya,,,

  • fajar September 11, 2016, 11:30 am

    lensa apa yang cocok untuk fuji xt10 ? trims

  • Ghea September 8, 2016, 9:59 am

    Om saya mau tanya, kalau lensa fix canon 50mm f1.8 bisa dipake buat mirrorless canonnya jg ga ya? Trims.

    • Enche Tjin September 9, 2016, 10:08 pm

      Gak bisa dipasang langsung, harus pakai adaptor.

  • Roll media 2 September 4, 2016, 1:50 pm

    lensa canon dslr kalo dipakein di kamera mirroless canon seperti canon M3 apa auto focusnya berjalan normal???

    • Enche Tjin September 6, 2016, 8:46 am

      Kalau dengan adaptor bisa autofocus, tapi kecepatannya agak lambat dibanding kalau dipasang di DSLR.

  • fajar August 21, 2016, 5:17 pm

    Saya punya nikon d5300 .saya dikasih lensa canon 17-40 apa bisa dipasang di nikon d5300

  • Hartono July 31, 2016, 6:59 am

    Pak Enche mungkinkah lensa nikon 18 -105 ( bawaan nikon D7000) dipasangkan pada kamera sony A6000 ? Gimana kemungkinan hasilnya ? Tq

    • wira October 9, 2016, 7:54 pm

      ini persis seperti pertanyaan yg saya mau tanyakan, apakah bisa pasti jawabanya bisa karna harus menggunakan adaptor. tapi pertanyaan saya lebih awam karna kamera D7000 menggunakan format DX, apakah mungkin bisa bisa digunakan pada kamera sony alpha 7r ? dan dari segi ketajaman gambar dengan menggunakan lensa tersebut lebih baik dipakai oleh kamera bawaan Nikon atau Sony ?

      Terima kasih

      • Erwin Mulyadi October 10, 2016, 9:07 am

        lensa DX pasti akan vignetting bila dipasang di sensor full frame

  • Maman Hidayat July 29, 2016, 7:03 pm

    Malam ko
    sy mau tanya lensa type apa ya yang cocok buat canon M2,dan apakah harus tambah pasang adafter

    • Enche Tjin July 30, 2016, 8:38 am

      Ada beberapa lensa yang tidak perlu pasang adaptor. Bisa dilihat di halaman Canon EF-M.

  • jaarwo July 25, 2016, 2:08 pm

    permisi om mau tanya…
    saya menggunakan lensa sony DSLR ke sony mirrorless menggunakan adapter sony LA-EA2, awal2 penggunaan lancar tetapi sekarang lensanya tidak bisa dilepas dari adapter (nyangkut), gimana solusinya? terimakasih

  • Kameziwara June 22, 2016, 4:59 am

    Permisi admin mau tanya, untuk lensa Canon to body leica R3 bisa menggunakan adaptor ukuran berapa ya?? Terima kasih. 🙂 tolong Reapon cepatnya 🙂

    • Kameziwara June 22, 2016, 5:02 am

      Apakah bisa dengan menggunakan mount m39-m4/3? Kalau tidak bisa harus menggunakan adaptor apa ya? Terima kasih admin 🙂

    • Enche Tjin June 22, 2016, 8:53 am

      Sorry, saya kurang tau soal adaptor tsb ya.

      • noviandre June 28, 2016, 10:10 pm

        mas enche saya mau nanya gimana cara pasang lensa samyang 85mm f1.4 di fujifilm xm1 ?? itu lensa pavorit saya untuk portrait, atau adakah opsi lain ?? truss installnya gimana ?? apa perlu adapter?? trus adapter apa yang harus saya gunakan ?? makasi atas jawabannya

  • Dony Saputra May 16, 2016, 7:46 pm

    Ko. Saya mau nanya. Saya Pengguna Canon. Saya Berencana Pindah lain hati ke Fuji XT 10. Kalo Adapter nya, itu ada Aperture blade? Madsudnya apa ya? Ga ngerti saya

  • Topan May 16, 2016, 12:20 am

    koh, sony a7s wajib pake adapter klo mau pake lensa Canon 17-40 ya ? terimakasih koh

    • Enche Tjin May 16, 2016, 8:42 am

      Iya

  • Gallan Andhika April 28, 2016, 9:25 pm

    Permisi ko, saya mau tanya apakah penggunaan adapter mempengaruhi ketajaman lensa ?

    • Enche Tjin April 29, 2016, 3:45 am

      Setau saya tidak

  • Aditya Alan April 28, 2016, 8:56 pm

    Selamat malam pak, saya pengguna camera mirrorless pemula.
    Saya menggunakan body fuji XM-1 apakah bisa saya pakaei dengan lensa Canon EF Lens 50mm 1 :1.8 STM?

    Terima kasih.

    • Enche Tjin April 29, 2016, 3:46 am

      Gak bisa langsung, tapi bisa pakai adaptor.

  • Verry Susanto April 21, 2016, 3:44 pm

    sore Pak,

    saya pengguna kamera Nikon DSLR, saya berencana beli kamera Mirrorless untuk jalan – jalan biar ga berat, nah maksud saya mau beli Nikon J5 dengan alasan lensa DSLR Nikon saya bisa di pakai di Nikon J5 tersebut. yang mau saya tanyakan,
    1.apakah lensa DSLR Nikon bisa di pasang di Kamera Nikon J5?
    2.untuk memasang lensa tersebut pastinya dengan adaptor,Nikon ada ga jual adaptornya?
    3. apabila bisa di pasang, untuk fungsi autofocus, metering, dll Apakah berfungsi semua?

    terima kasih

  • leonardo April 20, 2016, 6:34 pm

    sore om, saya mau tanya kamera sony a6000 bisa di pasang menggunakan lensa canon kan? saya bingung om hehhe

    • Enche Tjin April 20, 2016, 10:06 pm

      Gak bisa langsung, tapi bisa dipasang dan digunakan jika mengunakan adaptor.

  • Syahran April 12, 2016, 6:44 pm

    Ko, saya punya eos m apa bisa pake lensa dslr? Makasih ko

  • jhonny April 10, 2016, 9:24 am

    Mau nanya ko,bisakah lensa Sony SEL 55-210mm dipakai pada kamera sony a5100?

    • Enche Tjin April 12, 2016, 8:07 pm

      Bisa

      • Melysa September 25, 2016, 5:05 pm

        Ko.. saya pakai sony A5100, lensa bawaan pecah karena jatoh. Sekarang diganti lensa 1.8/35 cocok gag ko? Lensa itu lebih bagus gag dari lensa bawaan? Lensa 1.8/35 artinya apa ya? Maaf saya newbie

  • Tirangga ansori March 28, 2016, 9:50 pm

    Ko mau nnya saya pengguna mirrorles sony a5100 mau nnya untuk adapter yang dari eos k e mount it apakah jenis lensa af aja yg bisa di pake atau af-s juga bisa kok makasih sebelumnya mohon di respon ya ko

    • Enche Tjin March 28, 2016, 11:48 pm

      Bisa pakai kedua jenis lensanya, EF ataupun EF-S.

    • Abednego May 14, 2016, 5:20 pm

      Maaf, saya pengguna sony a3000, apakah adapter yg digunakan sama dgn sony lainnya? Dmna saya bs dapatkan yah?

      • Enche Tjin May 16, 2016, 8:57 am

        A3000 bisa pasang lensa E dan FE mount langsung tanpa adaptor. Yang harus pakai adaptor adalah lensa SAL (DSLR/SLT).

  • adnan ibrahim March 27, 2016, 10:11 am

    permisi om,saya mau tanya
    kalo canon powershot sx400is bisa diganti lensanya dengan lensa dslr?
    thx sebelumnya

    • Enche Tjin March 28, 2016, 9:24 am

      Gak bisa tukar lensa

  • zainuddin March 10, 2016, 8:09 pm

    Pak begini ,saya mau pake lensa nikon di body kamera saya sony nex 3 ntar di beliin adapter nikon buat body sony nex ,apakah saya punya itu bisa jepret lagi pak karna saya takut nanti lensa nya ga terbaca yg biasa muncul tidak mengenali lensa,tolong bantuan nya pak

    • Enche Tjin March 11, 2016, 8:18 am

      Bisa digunakan, tapi biasanya lensanya tidak dikenali (tidak ada data di gambar pakai lensa apa).

  • Mega March 9, 2016, 11:51 pm

    Halo, lalu untuk sebaliknya. Apakah lensa mirrorless canon bisa dipakai untuk dslr?

    • Erwin Mulyadi March 10, 2016, 3:40 pm

      Tidak bisa. Flange back lensa mirrorless itu pendek, jadi titik api lensanya tidak mencapai sensor.

  • hengky February 22, 2016, 11:41 pm

    mau tanya ko, untuk sony a7II ingin menggunakan lensa dslr lbh recommend canon atau nikon?
    kebanyakan review lensa canon lbh mudah auto fokus drpd lensa nikon jika digunakan di sony.
    terima kasih atas perhatiannya ☺☺

  • irsyadpromaska February 16, 2016, 12:19 am

    Mau nanya nih, samsung nx mini. Apa bisa pake lensa Dslr jga?

    • Enche Tjin February 16, 2016, 8:00 am

      Gak bisa

  • arif February 4, 2016, 12:20 pm

    om saya mau nanya-nanya
    saya mulai kepincrut dann jatuh cinta sama mirrorless yang berbody simple. Kira-kira jenis dan type mirrorless apa ya om yang lensanya bisa di pasangi lensa DSLR ? Yang harganya agak miring..thx

    • Enche Tjin February 5, 2016, 12:50 am

      Banyak sekali pilihannya, ngomong2 kira2 budgetnya berapa?

  • Hernawan February 2, 2016, 6:10 am

    saya pengguna samsung NX300, pake lensa dengan mount m42 karna banyak lensa tua dengan mount tersebut yang dijual dipasaran dengan harga yg murah, untuk lensa saya pake lensa pentax 50mm f1,4 buat foto potrait asyik bgt, tone warna kulit yg menurut saya bagus dan kualitas optic yg baik juga, kalo untuk bikin video lensa ini sangat nyaman karena memiliki bobot yg pas ditambah bobot kamera yg kecil saat digunakan tanpa tripodpun terasa nyaman dan tidak mudah shake, fokus peaking di NX300 juga sangat membantu sekali.
    saya jd ketagihan pengen nyoba terus lensa manual hehee, ada yg mau kasih pinjem mungkin hehee

    • Erwin Mulyadi February 2, 2016, 12:44 pm

      Terima kasih share infonya

    • Awing March 10, 2016, 2:51 pm

      Saya pemakai samsung nx300m jg, itu beli mount sama lensa dimana ya om? Saya lagi nyari juga

  • wahyu January 30, 2016, 3:04 am

    OM CANON 18-135 VS 18-200 KUALITAS GAMBARNYA LEBIH BAGUS MANA??

    THANKZ

  • Leka November 29, 2015, 2:06 pm

    Ko enche mau nanya nih, saya punya camera canon 60d saya butuh lensa untuk ptrait model menghasilkan foto bokeh, dan setelah saya baca beberapa artikel ternyata kebanyakan lensa nikonlah yg menghasilkan gambar paling tajam, salah satunya nikon 50mm f/ 1.4G , bisakah lensa tsb dipasang dicamera say, atau munhkin ada rekomendasi lain? Thx suhu.

    • Enche Tjin November 29, 2015, 9:26 pm

      Lensa Nikon gak bisa dipasang di Canon langsung, karena mountingnya beda. Untuk Canon saran saya Canon EF-S 50mm f/1.8 STM

      • Erlangga Aldhyantara April 13, 2016, 1:27 am

        Saya ingin bertanya,kalau lensa ef 50mm f/1.8 cocoknya untuk do pasangkan di camra canon apa saja ya? Tq

        • Enche Tjin April 13, 2016, 5:07 am

          Apa saja oke kok.

  • Eko yuli November 13, 2015, 7:06 pm

    Selamat malam om… Saya pake olympus OMD EM-10 + lensa manual Canon Fd 50 f1.4 ssc… Nah…yang menurut saya aga aneh… Sudut pandangnya jadi sempit banget ya…. Itu karna sensor micro 43 atau karna adaptor… Ato memang seperti itu kalo sensor micro 43 di kasih lensa manual….

    Bisa tolong di beri pencerahan om…

    Terimakasih sebelumnya

    • Enche Tjin November 14, 2015, 2:46 am

      Iya, sudut pandangnya jadi seperti 100mm di kamera fullframe, jadi sudah termasuk telefoto/sempit.

      • Eko yuli November 14, 2015, 5:25 am

        Ooo gitu ya om…. Jadi pake yg 28mm mungkin y.. Biar aga lebar… Hehehe

        Ok terimakasih om pencerahannya…

  • young October 27, 2015, 1:16 pm

    mau tanya pak,saya mempunyai lensa jadul canon tv lens
    50mm f0.95.adapter apa yang cocok untuk dipasangkan ke body camera sony nex A5000.thanks

  • Robi October 27, 2015, 10:23 am

    Saya pengguna Sony a5100 + Lensa Nikkor 50mm f1.8 D + adapter. Selama ini puas dengan hasilnya, karena dg fitur focus peaking bisa lebih memudahkan saya utk mendapatkan titik fokus. Oiya, light metering pun masih berfungsi lancar. Masih ada lensa incaran, yaitu Samyang 85mm f1.4, tp masih dalam tahap menabung, hehe.

    • Efanny Ghifari October 29, 2015, 8:21 pm

      adapternya merk apa?

    • Ivan September 12, 2016, 7:46 am

      Harga adaptornya brp,?

  • Irwan October 25, 2015, 3:16 pm

    Mau tanya Pak, saya punya Fuji X-T10 kl adapter untuk lensa canon ada yg bisa adjust aperturenya gak ya, kebanyakan kok saya liat di pasaran Indonesia pada gak bisa.
    Apakah jika menggunakan adapter hasil jepretanannya masih tetap seperti yg terlihat di live view kah ? Saya pernah coba Canon 70D pakai lensa Samyang hasil jepretan gak sama dengan yg dilihat di Live View, cenderung lebih gelap.

  • Efanny Ghifari October 23, 2015, 7:59 pm

    Pak saya mau tanya, kalau kamera sony a6000 kira2 bisa tidak dipasangkan dengan lensa canon ef-s 55-250mm ?

    kalau bisa, pakai adapter apa?

    dan apa ada efeknya terhadap lensa autofocus, image stabilizer, dll ?

    • Erwin Mulyadi October 27, 2015, 2:27 pm

      Ada adapter yg auto fokus tapi mahal spt metabone, procore dll. Fitur IS sepertinya tidak berfungsi dgn adapter, saya kurang tahu juga.

      Untuk solusi murah meriah pakai adapter manual tapi bukaan tidak bisa diatur hanya bisa bukaan maksimum.

      • Efanny Ghifari October 29, 2015, 7:49 pm

        Ohh gitu, Terima kasih atas pencerahannya.

  • Kosasih October 23, 2015, 11:24 am

    Saya pengguna Sony a5000 yg baru belajar fotografi, nubie bangat terutama tentang lensa, tolong dong min dibahas lensa -lensa yang compatible dengan sony a5000 beserta adpternya. thanks

  • Yamin October 23, 2015, 10:58 am

    Maaf pak sekedar menambahkan, berbagi pengalaman karena saya menggunakan kamera mirrorless sony dan bbrp lensa slr.
    Saat memakai lensa dengan adapter, selain mode M, mode A jg bisa dipakai, kemudian lightmeter jg masih terbaca n cukup bisa diandalkan, moga2 bs membantu teman2 yg memakai / tertarik menggunakan lensa dengan adapter.. 😉

  • Paul Yahya October 22, 2015, 9:25 pm

    Saya ngefans berat lensa manual, karena keterbatasan dana beli lensa2 mutakhir, memiliki warisan lensa2 manual ex SLR dan RF dulu, merasa kepuasan tersendiri bisa ngatur semau2nya sendiri tanpa “merasa dibodohi /di atur kamera”, lbh challenging jepretnya.
    Sony A7, EOS 7D, NEX7. Salam

  • Siswanto October 22, 2015, 3:54 pm

    Sore pak,
    saya pakai Sony A7, tapi belum beli lensa Sony, sekarang ini saya menggunakan lensa2 Canon EF, apakah dengan menggunakan lensa tersebut akan ada factor cropping? mengingat kamera dan lensa sama2 full frame.
    lensa sony type E apakah bisa dipakai di A7? krn saya lihat yg FE cukup mahal2 ya, kalau bisa lensa yg cocok.

    Terima kasih.

    • Enche Tjin October 23, 2015, 5:02 am

      Tidak ada faktor krop utk lensa Canon EF karena sama-sama dirancang untuk full frame, kecuali kalau pasang lensa EF-S.

      Lensa Sony E bisa langsung dipasang di A7, namun ujung2nya gelap, sehingga perlu di krop, setelah di krop, resolusinya tinggal 10 megapixel.

  • Yudas October 22, 2015, 11:35 am

    Saya pengguna sony a5000 dan lensa manual auto chinon 50mm f1.7, paduan yg pas karna murah meriah dan beratnya pas untuk saya (tidak terlalu berat). lensa sangat tajam untuk rangka harga 500rb-1,5jt (lensa saya dulu beli 600rb sudah sama adapter pk to nex). Kesulitan saya memang kalo objek bergerak… Ngunci fokusnya susah.. Hahaha

Leave a Comment