≡ Menu

Street photography 12/13 Maret 2016 : Pasar rel kereta & kampung Luar Batang

Jakarta sebagai ibu kota Negara memang menyimpan banyak kisah dan cerita. Setiap sisi dan sudutnya mempunyai keunikan cerita masing-masing. Workshop Street Fotografi & Human Interest kali ini akan mengunjungi sebuah pasar yang terletak di pinggir perlintasan kereta api yang sibuk di Jakarta. Lalu lalang kereta rupanya tidak menyurutkan penjual & pembeli di pasar ini untuk melakukan transaksi jual-beli. Tawar menawar harga dan riuh klakson kereta ramai terdengar bersahutan.

pasar-rel-ka-01

pasar-rel-ka-02 pasar-rel-ka-03

Setelah dari pasar pinggir rel, kita akan melanjutkan perjalanan ke pelabuhan Sunda Kelapa. Dari Sunda Kelapa, kita akan naik perahu menuju ke Kampung Luar Batang. Kampung yang mulai dibangun tahun 1630 an ini adalah kampung tertua di Jakarta (dulu Batavia). Kampung ini berdiri karena aturan ketat VOC waktu itu yang memberlakukan pemeriksaan ketat terhadap tukang perahu local ketika hendak memasuki pelabuhan VOC. Area pelabuhan VOC tidak mengijinkan tukang perahu local untuk masuk di malam hari, VOC memberi patok batang kayu untuk menjadi batas penanda area.

Banyaknya nelayan yang datang di malam hari dan belum boleh memasuki area pelabuhan VOC, membuat mereka membangun bengunan semi permanen untuk tempat tinggal, inilah yang melatar belakangi munculnya kampung Luar Batang.

pop-art-boat bw-high-grain anak-portrait

Maksimum peserta 8 orang

Biaya : Rp 550.000

Meeting point: Infofotografi basecamp Jl. Imam Mahbud / Moch. Mansyur No. 8B2 Jakarta Pusat. – Peta

Pukul 06.30 WIB – 15.00 WIB

Hari/Tanggal :

Kelompok I hari Sabtu, 12 Maret 2015.

Kelompok II hari Minggu, 13 Maret 2015.

Biaya termasuk:

  • Transportasi ke lokasi-lokasi foto, termasuk sewa perahu untuk ke kampung Luar Batang.
  • Bimbingan dan pengarahan fotografi oleh fotografer profesional Albertus Adi Setyo
  • Bahas/review foto instruktur dan peserta
  • Makan Siang di Infofotografi

Cara mendaftar:

  1. Hubungi 0858 1318 3069 atau infofotografi@gmail.com
  2. Transfer ke Enche Tjin via BCA 4081218557 atau Mandiri 1680000667780
  3. Kalau sudah transfer, tolong konfirmasi.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment