≡ Menu

Review Tamron 28-75mm f/2.8 RXD

Lensa Tamron 28-75mm f/2.8 Di III RXD ini adalah lensa yang didesain untuk kamera Sony E-mount full frame, menjadi alternatif menarik dari lensa premium seperti Sony GM 24-70mm f/2.8 dengan bukaan yang sama-sama konstan f/2.8 namun sedikit kalah wide saja. Lensa ini ditujukan sebagai lensa harian, dengan rentang fokal yang cukup untuk banyak kebutuhan, namun bila kurang lebar tetap perlu beli lensa Tamron satu lagi yaitu Tamron 17-28mm f/2.8 yang bila punya keduanya maka akan saling melengkapi.

Saya mencoba lensa Tamron ini di bodi Sony A7 III dan tampak lensa ini mampu memberi ketajaman dan kualitas optik yang sangat baik, meski dari ukuran fisik lensa tampak cukup kecil tapi performanya mengesankan. Auto fokus RXD juga memberikan karakter yang lembut namun cepat, dan tidak ada issu di Sony termasuk saat AF-C atau mode DMF.

Hasil di fokal 28mm (paling wide) distorsi masih minim
Hasil foto di fokal 50mm
Hasil foto di fokal 75mm (paling tele)

Sebagai kesimpulan, lensa Tamron 28-75mm f/2.8 ini punya harga vs performance yang seimbang, dengan kualitas optik dan motor fokus yang mantap dan strategi Tamron melirik segmen Sony E-mount memang tepat karena jumlah penggunanya di seluruh dunia semakin banyak.

About the author: Erwin Mulyadi, penulis dan pengajar yang hobi fotografi, videografi dan travelling. Sempat berkarir cukup lama sebagai Broadcast Network TV engineer, kini Erwin bergabung menjadi instruktur tetap untuk kursus dan tour yang dikelola oleh infofotografi. Temui dan ikuti Erwin di LinkedIn dan instagram.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment