≡ Menu

Review Nikon Z6 II

Nikon Z6 II merupakan kamera mirrorless bersensor full frame 24 MP dari Nikon yang ditujukan untuk content creator yang membutuhkan kamera berkualitas profesional untuk foto maupun videografi.

Nikon Z6 II adalah pembaharuan dari Nikon Z6 diantaranya mengunakan Dual EXPEED 6 processor yang memungkinkan kecepatan foto berturut-turut sampai maksimum 14 fps dengan buffer 124 foto (9 detik). Dengan processor baru, sistem autofokus juga meningkat kecepatan dan keakuratannya. Pengguna dapat mengaktifkan eye dan animal detection autofocus di auto-area AF atau wide AF di foto maupun video.

Bagi yang bekerja akan senang dengan dual card slot (XQD/CF Express dan SD card UHS-II), juga adanya ketersediaan vertikal grip MB-N11 yang akan bekerja optimal dengan dua baterai EN-EL 15c. Dengan grip dan baterai tersebut, kapasitasnya 1.9x lebih panjang dan bisa di charge langsung dengan power bank.

Untuk fitur video, Z6 II bisa merekam video 4:2:2 N-Log, HLG dan RAW sampai dengan 12 bit RAW dengan external recorder Atomos Ninja V & Blackmagic Design. Untuk perekaman internal ke memory card, Z6 II mampu merekam 4K UHD 30p/60p dengan slow motion 120p di Full HD 1080.

Pengalaman memotret dan merekam video dengan Nikon Z6 II

Pengalaman mengunakan Nikon Z6 II ini sangat mirip dengan Nikon Z6, juga kualitas gambarnya, oleh sebab itu silahkan untuk membaca kembali review Nikon Z6 untuk desain dan kualitas gambarnya.

Sebagai ringkasannya, kualitas gambar yang dihasilkan masih cukup baik di ISO 6400-12800, warna yang dihasilkan netral sesuai apa aslinya baik untuk foto dan video.

Kinerja autofokus sudah lebih baik dari saat launching Nikon Z6 di tahun 2018 berkat pembaharuan firmware dan dual processor di Z6 II. Kini fotografer bisa memilih membatasi area / zona fokus untuk eye detection (tidak harus auto area yang mencakupi seluruh bidang layar) sehingga akurasi fokus menjadi sangat akurat.

Adanya 5 axis stabilizer yang disebut Vibration Reduction (VR) oleh Nikon juga membantu saat memotret di kondisi low-light dan merekam video tanpa tripod/gimbal. Untuk hasil foto dan video silahkan menonton review kami di Youtube Infofotografi.

Rekomendasi

Saat peluncuran Nikon Z6 dua tahun lalu (2018) dua hal yang paling dikritisi adalah tiadanya dual card slot dan kinerja autofokus, di Z6 II ini telah dilengkapi dengan dual card slot dan sistem autofokus dan kinerjanya telah ditingkatkan berkat penggunaan dual processor. Nikon Z6 II menjadi kamera full frame yang versatile untuk berbagai kebutuhan foto dan video baik untuk fotografer amatir maupun profesional.

Nikon Z6 II akan di-launching oleh Nikon Indonesia tanggal 28 November 2020 di Nikon Experience Hub di Grand Indonesia dan saat artikel ini ditulis masih dalam masa pre-order dan dijual dengan harga Rp 30.999.000 body only dan Rp 39.999.000 dengan lensa Nikon S 24-70mm f/4.

Saksikan juga pembahasan kami di Youtube Infofotografi

Spesifikasi Nikon Z6 II

  • 24.5 MP BSI Full frame (FX) sensor
  • 4K 30p video, N-Log, 10-bit HDMI out
  • Dual EXPEED 6 Processor
  • 273 phase detect autofocus
  • 3.2 juta titik LCD touchscreen
  • jendela bidik 3.6 juta titik
  • Dual memory card slot (CFexpress/XQD + SD UHS II)
  • maksimum 14fps foto kontinyu
  • 5 Axis built-in stabilizer (VR)

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 2 comments… add one }
  • Kevin Abram November 24, 2020, 7:37 pm

    Untuk kinerja AF saat tracking gimana ya? Apakah udah bisa keep up sama Canon atau Sony? Soalnya menurut saya kelemahan nikon Z selama ini di AF tracking yang belum semumpuni dua brand di atas.

Leave a Comment