≡ Menu

Nikon Z9 : Terobosan baru di dunia kamera digital

Setelah ditunggu-tunggu, kamera profesional Nikon Z9 akhirnya tiba di tanah air. Kamera Z9 ini memiliki sensor full frame dengan arsitektur stacked sensor yang memungkinkan kecepatan foto berturut-turut yang cepat sekali dan mendukung video 8K. Yang unik dari Z9 adalah tiadanya shutter mekanik sehingga saat memotret kamera tidak bersuara sama sekali. Bagi fotografer yang membutuhkan feedback setelah memotret, ada pilihan untuk menyalakan sound effect yang dapat diatur di dalam menu.

Kamera ini berukuran cukup besar karena memiliki vertical/battery grip yang terpadu. Dengan desain seperti ini, fotografer dapat memotret dengan orientasi landscape (horizontal) dan portrait (vertical). Monitor LCD punya 4 axis, dimana kita bisa menekuk layar ke atas untuk low angle di posisi horizontal dan vertical.

Kamera ini memiliki dua slot memory card berjenis CF Express type B dan juga mendukung kartu XQD, tapi tidak memiliki slot untuk SD Card.

Berkat kecepatan baca tulis kamera yang sangat cepat, tidak ditemukan adanya masalah rolling shutter dan banding pada gambar untuk subjek bergerak cepat. Flash sync speed 1/250 detik, dan mendukung HSS (High sync speed) sampai 1/8000 detik.

Seperti kamera Nikon Z6 dan Z7, Z9 juga memiliki stabilizer di kamera yang efektivitasnya tercatat 5.5 stop. Saat kami uji, kami bisa mendapatkan foto yang tajam dengan shutter 1/4 detik saat mengunakan lensa 24-70mm f/4 di jarak fokal 70mm.

Kualitas gambar di berbagai ISO cukup bagus, di ISO 1600-3200 kita akan mulai melihat sedikit noise di bagian yang gelap, tapi secara keseluruhan foto masih terlihat baik. Untuk fotojurnalis, ISO 12800-25600 bisa digunakan, tapi ISO Hi sebaiknya hanya digunakan di kondisi yang darurat saja karena kualitas gambarnya sudah banyak menurun.

Sistem autofokus Z9 mengandalkan 459 area fokus yang dapat mengenali wajah, hewan peliharaan dan burung. Kondisi gelap juga bukan menjadi kendala karena Z9 bisa fokus sampai -8.5 EV atau di malam hari tanpa cahaya bulan sekalipun.

Nikon Z9 ini adalah terobosan baru dalam kamera digital yang mengunakan teknologi sensor dan desain body yang cocok untuk fotografer profesional untuk memotret subjek apa saja dan dalam berbagai kondisi.

Saat artikel ini ditulis, Nikon Z sudah dijual di Indonesia dengan harga pre-order Rp89.999.000 dengan bonus adapter Nikon FTZ II untuk memasang lensa SLR Nikon.

Saksikan pembahasan Nikon Z9 di YouTube Infofotografi

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment