≡ Menu

Pemikiran terhadap Leica M11 dan harapan untuk Leica SL3

Setelah berkesempatan mencoba Leica M11 selama beberapa hari saya mendapatkan kesimpulan bahwa sensor 60MP di Leica M ini merupakan salah satu sensor yang terbaik di tahun 2021.

Enam puluh megapixel mungkin berlebih untuk berbagai orang, tapi Leica M11 memberikan pilihan beberapa pilihan resolusi lain yaitu 36MP dan 18MP, dalam bentuk DNG/RAW sehingga kualitas gambar tetap terjaga.

Dalam percobaan saya, kualitas detail 60MP adalah pilihan terbaik, tapi ada dua kondisi yang mana resolusi rendah mungkin akan lebih cocok.

  1. Saat memotret berturut-turut dengan cepat, 36MP menyediakan buffer (nafas) yang lebih panjang. 18MP menawarkan buffer yang tak terbatas
  2. Saat menggunakan lensa jadul, terutama yang dirancang di era kamera film, saya menemukan di bukaan terbesar, kamera tidak menangkap detail extra karena keterbatasan resolving power lensa. Lensa-lensa tahun 1950-1975 mungkin lebih baik mengunakan 18MP dan lensa buatan 2000-an lebih efisien dengan 36MP.

Tidak ada salahnya juga setiap foto mengunakan resolusi 60MP jika media penyimpanan dan spesifikasi komputer cukup tinggi untuk memproses file data yang besar. Saya pribadi merasa 36MP adalah “sweet spot” yang berimbang untuk berbagai jenis fotografi.

18MP di tahun 2022 sedikit terasa terlalu kecil, tapi cocok saat dokumentasi di kondisi yang sangat gelap atau butuh buffer yang tidak terbatas, dimana saat mengunakan ISO yang sangat tinggi, mengunakan resolusi yang besar seperti 36MP atau 60MP tidak akan menangkap detail ekstra karena jumlah noise yang sangat banyak.

Pilihan resolusi ini berbeda dengan digital zoom/cropping (yang pilihannya juga tersedia di M11 ini). Digital crop/zoom akan memotong sebagian dari gambar sehingga menurunkan resolusi dan memberikan gambar dengan sudut pandang yang lebih sempit/tele. Saat memilih resolusi yang lebih kecil, kamera tetap mengunakan semua permukaan sensor full frame ini dalam menangkap cahaya.

Kiri: Hasil RAW kamera, Kanan: Setelah di proses di Lightroom. Bagian yang terang dan gelap bisa diseimbangkan dengan mudah dan kualitasnya tetap terjaga.
Kiri: Hasil RAW kamera, Kanan: Setelah di proses di Lightroom. Bagian yang terang dan gelap bisa diseimbangkan dengan mudah dan kualitasnya tetap terjaga.
Crop dari foto diatas
Crop dari ISO 3200, noise mulai muncul di bagian yang gelap dari foto tapi secara umum masih bagus
Crop dari ISO 12500, noise makin terlihat. Untuk sebagian orang hasil ini masih sangat bisa diterima
ISO 50000 (maks ISO) kualitas foto banyak berkurang karena noise dan warna yang berubah

Soal kualitas gambar, saya senang basis ISO M11 ada di ISO 64 yang menghasilkan gambar yang jernih dan detail. Di ISO tinggi (3200-12500) di 60MP, kita akan melihat noise lebih banyak saat di zoom ke 100% tapi dalam ukuran penuh masih sangat baik. Hanya saat mengunakan ISO 25-50 ribu kualitas gambar menurun secara signifikan. Mengunakan resolusi rendah seperti 36 atau 18MP membuat noise lebih tersamar karena ukurannya lebih kecil, tapi tidak lebih bersih. Fotografer bisa mendapatkan foto yang terlihat lebih bersih dengan memotret 60MP dan mengecilkannya ke resolusi yang lebih rendah.

Leica SL3

Adanya generasi sensor baru Leica M11 ini memberikan sedikit petunjuk atas sensor yang akan digunakan di Leica SL3 yang akan datang jika Leica meneruskannya. Leica SL2 yang dirilis 2019 mungkin akan diperbaharui dalam bentuk SL3 di akhir tahun ini, atau satu dua tahun kedepan.

Leica SL3 kemungkinan akan mengunakan sensor yang sama dengan M11. Kandidat sensor lainnya yaitu stacked sensor 45-50MP yang lebih baik lagi untuk Sports dan Wildlife, tapi saya meragukan teknologi ini akan digunakan Leica dalam waktu dekat.

Dengan 60MP saya merasa akan lebih menarik bagi pengguna SL atau Q/Q2 yang ingin upgrade ke sistem yang bisa bertukar lensa. Dengan sensor dan processor baru di SL, Leica punya sistem kamera yang komplit dan fleksibel untuk berbagai kondisi pemotretan. Memang, ukurannya akan lebih besar dan berat dari M, tapi Kalau kita pasang kamera M dengan handgrip dan jendela bidik (visoflex), ukurannya menjadi tidak jauh berbeda.


Bila ingin belajar fotografi/belajar penggunaan kamera dan lensa atau ingin memesan kamera/lensa, silahkan hubungi kami di WA 0858 1318 3069 Trims!

Saksikan review kamera Leica M11 di YouTube Infofotografi

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 3 comments… add one }
  • Zainal firdaus February 10, 2022, 6:08 am

    Apakah dengan Mega pixel yang banyak akan mempengaruhi kualitas dynamic range nya?

    • Enche Tjin February 11, 2022, 10:31 am

      Menurut Leica, pilihan 36MP lebih baik 1 stop, tapi ada yang tes juga katanya sama saja. Sepertinya memang tidak signifikan perbedaannya.

Leave a Comment