≡ Menu

Kursus Kilat Dasar Fotografi

Kursus kilat Dasar Fotografi dua hari ini dirancang khusus untuk pemula.

Sejak pandemi Maret 2020, kursus Dasar Fotografi yang sudah diadakan tiap bulan sejak tahun 2011 dan sudah mencapai 133 angkatan, harus berganti konsep menjadi kursus online dengan Zoom. Untuk itu ada perubahan materi kursus disesuaikan dengan metode pengajaran online, yaitu :

Kursus Dasar sesi pertama akan membahas tentang eksposur, yaitu cara mengendalikan gelap terang gambar. Lalu kita akan mempelajari berbagai teknik fotografi dan pengaturan-pengaturan untuk jenis fotografi populer: landscape, portrait, sports/wildlife, dan event. Selanjutnya kita akan mempelajari jenis-jenis lensa dan bagaimana mengunakannya untuk menghasilkan foto sesuai dengan visi kreatif.

Di Kursus Dasar sesi kedua, kita akan belajar tentang aspek seni dalam fotografi dan lighting. Aspek seni antara lain bagaimana membuat foto dengan komposisi yang menarik. Lalu kursus dilanjutkan dengan membahas pencahayaan (lighting). Kita akan mempelajari sifat cahaya, belajar mengenal dan mengunakan lampu kilat baik built-in flash ataupun speedlite/external flash.

Dengan penugasan dan pembahasan foto secara komprehensif pada hari ke-3, diharapkan setelah kursus peserta dapat membuat komposisi foto yang baik dan menyadari sifat dan arah cahaya dan mengunakannya untuk membuat karya foto yang kreatif.en.

Instruktur: Enche Tjin
Alat: Kamera digital dengan mode M/manual
Jumlah peserta: maksimum 12 orang

Materi yang akan dipelajari

  • Cara mengendalikan gelap terang foto (Exposure)
  • Teknik fotografi: Latar belakang blur, panning, low light, dll
  • Belajar pengaturan kamera dan lensa untuk landscape, portrait, sports/wildlife, event (family, wedding, dll)
  • Memahami jenis lensa dan memahami bagaimana jarak fokus mempengaruhi hasil foto
  • Memahami dan membuat komposisi fotografi yang bagus
  • Cara mengunakan lampu kilat baik yang di kamera maupun yang eksternal.

Cara Mendaftar

  1. Transfer bank atas nama Enche Tjin via Bank BCA: 4081218557 via Bank Mandiri: 1680000667780
  2. Konfirmasi melalui e-mail (email: infofotografi@gmail.com), sms atau telepon (085813183069 / 085883006769) dengan menyertakan nama peserta dan nama penyetor.
  3. Join/login di hari H sesuai dengan zoom invitation.
  4. E-Sertifikat akan diberikan kepada peserta yang telah mengikuti kursus Dasar I dan II serta menyelesaikan penugasan yang telah diberikan dengan baik dan dalam tenggat waktu yang diberikan.

Testimonial

” Mudah dimengerti, asyik, singkat, padat, cepat, bisa bertanya dikemudian hari ” – Ganna Kirawan

“Ilmu yang diajarkan cukup mudah dimengerti sehingga saya bisa belajar teknik fotografi agar menghasilkan foto yang berkualitas sesuai dengan keinginan saya” – Anonim

belajar-fotografi-pemula-foto-grup