≡ Menu

Tentang Kami

Infofotografi.com pada awalnya adalah media informasi berupa Blog tentang dunia fotografi yang hadir sejak tahun 2009. Blog ini ditujukan untuk pencinta fotografi Indonesia karena pada saat itu masih sedikit blog dalam bahasa Indonesia yang membahas alat fotografi, teknik fotografi, filosofi dan berita seputar industri fotografi. Blog ini kini telah menjadi media informasi fotografi dan kamera yang kredibel karena sampai saat ini tetap mempertahankan konsistensi, kualitas dan variasi artikel baik untuk pemula, tips-trik, review alat hingga membahas foto.

Pengajar dan pengelola web infofotografi : Enche Tjin (kanan) dan Erwin M. (kiri)

Seiring perkembangan jaman, infofotografi.com telah bertransformasi menjadi sebuah multi-platform media yang mensinergikan website yang ada dengan media sosial instagram dan juga kanal Youtube yang memiliki jangkauan pemirsa yang luas, beragam dan memiliki minat terhadap kamera dan fotografi. Maka itu kini kami juga rutin bekerjasama sebagai media partner dalam publikasi informasi seperti peluncuran produk (new camera launching), event perusahaan terkait fotografi (lomba foto/video) dan review produk secara in-depth dan kredibel.

Aktivitas dan pelatihan yang telah kami lakukan diantaranya :

  • Menerbitkan buku-buku fotografi sejak tahun 2011.
  • Membuat ebook panduan ringkas untuk berbagai jenis kamera.
  • Rutin mengadakan kelas/workshop fotografi dan tur/mentoring fotografi baik di dalam maupun luar negeri. Jadwal pelatihannya ada di halaman ini.
  • Dipercaya mengisi pelatihan dan training korporat (Bakrie, BNI Life, Pertamina, ANZ bank, KPK, Astra Graphia, Bawaslu, Amarta Karya).

Tentang para penulis dan pengajar :

Enche Tjin

Saya pertama kali belajar fotografi sekitar tahun 1998, saat itu, saya mengunakan kamera film dan full manual. Saat itu, saya tidak menyukai fotografi karena biaya cetak dan film yang relatif mahal, dan juga teknologi kamera yang tidak semaju sekarang.

Dengan perkembangan teknologi digital kamera yang pesat, maka pemula tidak perlu direpotkan dengan berbagai masalah teknis dan bisa lebih fokus di dalam komposisi dan waktu dalam pengambilan foto. Selain itu, karena perkembangan teknologi produksi massal yang canggih dan efisien, harga kamera digital semakin lama semakin terjangkau.

Saya mulai belajar fotografi digital pada tahun 2007. Ceritanya, saat saya transfer ke Bucknell University, saya ingin berpartisipasi dalam menulis Koran mahasiswa yang bernama The Bucknellian. Saat itu saya ingin menjadi layout designer, tapi sayangnya posisi tersebut telah penuh. Satu-satunya posisi yang terbuka adalah fotografi. Singkat cerita saya mengambil kesempatan tersebut.

Kamera yang saya gunakan pada saat itu adalah kamera DSLR Pentax K100. Satu semester kemudian saya membeli Canon 40D. Di musim gugur 2008, saya membeli Canon Rebel XSi (450D) untuk cadangan, dan kemudian pada awal tahun 2009, saya aktif mengunakan kamera Nikon D700 dan Nikon D600. Periode Agustus 2016 hingga Maret 2021, saya dipercaya untuk menjadi Leica Ambassador, khususnya ke kamera Leica SL. Sejak saat itu saya melakukan banyak kegiatan baik workshop maupun photo trip bersama Leica Store Indonesia. Selain itu, saya juga termasuk konsultan fotografi di detikinet.com sejak tahun 2013.

Saat ini, saya menggunakan sebagian besar waktu saya untuk mengajar fotografi, dan menulis buku. Sampai saat ini, buku yang sudah terbit yaitu Kamera DSLR itu Mudah!,  Lighting itu Mudah! , Fotografi itu Mudah!Panduan memilih kamera dan lensa, Kamus fotografi, Smart Guide for camera and lenses, Buku belajar editing dan manajemen foto Adobe Lightroom dan Street Photography.

Prinsip utama saya adalah membantu memberikan kesempatan setiap orang yang ingin belajar fotografi dan pengalaman memotret lewat tour fotografi. Dalam menerima murid dan peserta, saya terbuka untuk semua kalangan.

Enche Tjin
enche.zein@gmail.com

Peralatan fotografi Enche dan tinjauan singkat bisa dibaca disini.

Erwin Mulyadi

Penghobi fotografi yang berdomisili di Tangerang ini pernah berkarir sebagai karyawan di sebuah TV swasta di Jakarta dan sejak tahun 2013 Erwin memfokuskan kegiatan sehari-harinya di infofotografi sebagai penulis artikel, mengajar kursus, membimbing tur/mentoring fotografi hingga membuat review untuk berbagai peralatan fotografi seperti kamera dan lensa.

Erwin yang lulus dari Fisika Unpad (Instrumentasi Elektronika) tahun 1999 ini kemudian melanjutkan studinya pada Magister Ilmu Komunikasi (Industri Media) di UMB Jakarta dan hingga kini aktif mengajar sebagai dosen di Akademi Televisi Indonesia (ATVI) Jakarta. Pada tahun 2017 Erwin telah memperoleh sertifikat kompetensi KKNI level III di bidang fotografi yang diterbitkan oleh Leskofi.

Foto-foto karya Erwin Mulyadi bisa dilihat disini atau di Instagram.

Pengajar lainnya

Untuk memberikan pengajaran yang maksimal maka infofotografi.com juga pernah bekerja sama dengan para fotografer berpengalaman untuk mengajar workshop khusus yang spesifik seperti :

  • Iesan Liang : Videografi, Editing Lightroom dan Photoshop
  • Momi Poernomo : Workshop Foto dan editing Black and White
  • Bisma Santabudi : Editing Photoshop for Photographer
  • Wira Siahaan : Workshop Komposisi Foto
  • Eko Adianto : Workshop Foto Makro

Adapun para penulis yang pernah menulis artikel di infofotografi.com :

  • Iesan Liang
  • Momi Poernomo
  • Agus Syafiudin
  • Pradipta Yudha
  • Adi Setyo
  • Wisnu Yudhanto
  • Sefanya Prasetyo
  • Paul Yahya
  • Radityo Widiatmojo
  • Purnawan Hadi
  • Yoese Mariam

Lokasi kami :

Infofotografi, Rukan Sentra Niaga Blok N-05, Green Lake City, Duri Kosambi, Jakarta Barat.

GPS : 6.1794S 106.7115E