≡ Menu

Testimonial

Kumpulan testimonial, silahkan layangkan ke infofotografi@gmail.com. Terima kasih, Enche Tjin.

Untuk Training video untuk media sosial

info yang diberikan sangat bermanfaat bu,
kami banyak banget dapet pelajaran terutama diajarkan tentang teori foto & videografi yang sebelumnya kami kurang terlalu memperhatikan, juga banyak tips2 yang diberikan seputar pengambilan gambar, dimensi background, lighting. Next nya mau coba kami terapkan di video2 kami berikutnya
Terima kasih banyak ya Bu Iesan, Pak Enche, Pak Erwin dan Pak Irwan

Mustika, IW Academy

Untuk Kursus Online Fotografi

Selamat pagi pak Erwin, Terimakasih untuk materi2nya.
Dan juga makasih untk cara penyampaian materinya.
Jelas dan enak untuk diikuti.

Novita

Mantap om Erwin. suka dengan penjelasannya. mudah dimengerti

Pangky

Untuk Infofotografi.com

Selamat buat infofotografi 🤗🤗 Tau gak koh, saya dari mulai ga tau tentang camera sampe bisa jadikan camera sebagai penghasilan utama saya, saya pertama kali dan sering membaca blog infofotografi,, tepatnya di tahun 2016 silam😭 Terima kasih infofotografi, koh enche Tjin dan pak Erwin Mulyadi 🤗🤗😊 Dan dulu hanya sekedar membaca dari blognya, dan sekarang udah mulai banyak video pelajaran dan tutorial dari infofotografi di Youtube

boodee offc – Youtube

Mulai mengenal kamera Sampek jadi fotografer wedding udah tw infotografi Sampek skrg udah bikin akun YouTube…walaupun dipastikan koh entje gak kenal sama aq tapi saya ucapkan ribuan terimakasih udah menjadi patokan dalam belajar ilmu fotografi…semoga koh entje sehat selalu dan menginspirasi selalu…pasti banya orang seperti saya yang slalu melihat infotografi…terimakasih ya koh suatu saat saya pengen maen kerumah Koko….

Bayu Notosegoro

Semoga di youtube isi nya makin banyak yg berkualitas kaya gini. (Youtube)

Fizdhafizd

Saya suka blog ini karena ringkas, padat dan bermanfaat. Dalam durasi yg pas banyak informasi yg saya dapat

El Praso (via Youtube)

Sebagai salah satu orang yang menyukai fotografi saya sangat mengapresiasi infofotografi yang selalu memberikan ilmu gratis tentang dunia perfotografian dan juga memberikan tips² yang sangat mudah dicerna bahkan oleh orang awam sekalipun, saya selalu merasa excited untuk terus mengikuti perkembangan infofotografi dan saya merasa senang dengan apa yang telah saya pelajari , semoga kedepannya infofotografi semakin maju dan terima kasih telah memberikan ilmu yang bermanfaat selama ini.

Untung

Sy belajar fotografi dgn searching google & baca buku tapi sy lihat di infofotografi yg bhs penjelasannya plg enak dimengerti. Mudah2an bisa lbh menekuni dgn infofotografi. Thks

Sukotjo Justinus.

Selamat malam, saya adalah salah satu orang yg suka membaca tips” fotografi dari Anda. Saya minta terus tetap memberi tips” untuk para pemula seperti saya karena saya mulai suka dengan dunia fotografi walau hanya untuk sekedar hobby. terima kasi dan terus berkarya!!

Theo Siagian.

Saya suka lihat dan baca penuturan Infofotografi….. semua real…. apa adanya, dan tidak memihak pada produk tertentu….salam jepret…

Muljadi Tjandrawinata.

Buat yg mau beli kamera silahkan di baca baca dulu, ini reviewernya open minded dan ga fanatik jd ini review yang bener.

Wang Aykuo.

Bener2 luar biasa om @enchetjin, meski ilmunya tinggi tp humble bgt dan semua pertanyaan selalu direspon dgn baik, salut.

terrytirta, via instagram.

Salam kenal dan terima kasih sudah meng approval , Saya adalah pembaca buku setia Pa ‘Enche, semua bukanya saya punya dan terasa sangat mudah dipahami kata katanya, baru beberapa hari ini saya ketemu dg website bp, dan saya sangat tertarik untuk belajar, boleh tau kapan ada lagi yg basic, sy ingin mulai dari awal tks

Ferry Sutrisno via Facebook.

Salam mas enche… Sy slh satu penggemar blog http://www.infofotografi.com krn padat ilmu & inspirasi. Jarang di Indo ada blog fotografi ky gini.

Harman.

Terima kasih gan, artikel nya sangat membangun semangat untuk jiwa seni fotografi khusus nya,.
sangat menyenangkan memainkan hoby sekalian berpenghasilan, saya yang berpenghasilan sangat kecil di dunia fotografi, membaca artikel agan saya merasa tertantang untuk terus berkembang, penghasilan yg kecil adalah tantangan untuk ke penghasilan yg lebih besar tentu nya, hehe, salam jebret teman2 fotografi.

RZ Photography.

Mantab tour (fotografi) Medan ini , semua jenis foto dapat terakomodasi oleh infofotografi , terus yang gak nahan kulinernya ,hehehehehe.. saya lengkap mulai dari hi, hi concept, abstrak, wild life, budaya, macro bunga, architektur , landscape, sampe prewed dan foto narsis, hehehehe

Ridwan.

Terima kasih Mas Enche karena review-review dan cara membalas comment-comment-nya selalu objektif dan tidak menjatuhkan merk tertentu…jadi saya yang baca tulisan-tulisan Mas Enche jadi ikut berpikir untuk “mendalami sebelum berkesimpulan”… sukses terus untuk Mas Enche ^_^

Robby Atmaja.

Thank u pak udah accept…suka banget artikel2 bapak di infofotografi.com dan sangat terinspirasi utk mulai belajar dunia fotografi…salam kenal pak dan semoga artikel2 ke depannya lebih bermanfaat….

Kemala Ang.

Tulisan Anda luar biasa bagi kami yang awam. Terima kasih dan teruslah menulis….

Afnal Chaniago.

Kemarin iseng2 baca comment di forum-forum sebelah. Ternyata nama Ko Enche ini cukup terkenal. Sadar atau tdk waktu kita jalan bareng pergi tour fotografi atau sekedar workshop di Kota Tua bareng Ko Enche, sebenarnya kita sedang jalan dgn salah seorang pesohor di tanah air, hehehe . Tp terlepas dr itu semua, kita perlu lebih banyak orang spt Ko Enche Tjin, mas Erwin Mulyadi, dll, yg mau membagi ilmu nya secara gratis melalui website2 online. Bukan cuma dlm bidang fotografi, tp dlm segala bidang. Biar negeri ini semakin banyak menelurkan pribadi2 yg berprestasi!!!

Andi Kurniadi.

Saya salut Pak Enche Tjin, pas pertama artikel ini dibuat saya baca dengan gegap gempita (+/- 6 Bulan yang lalu), dan komentar masih sedikit hingga saya cek lagi sudah banyak, pak Enche Tjin menjawab pertanyaan semua padahal biasanya web lain tidak tamat begini endingnya.

Intinya saya suka Profile pak Enche Tjin ramah terhadap FG yang masih belajar seperti saya, benar – benar Dekan Photography yg bersahaja, terima kasih sudah menerangkan FujiFilm, mata saya pun terbuka aka pengetahuan dari artikel yg pak Enche Tjin

Erwin Rianto.

Saya Lebih Nyaman tanya apa saja tentang Photography dgn Enche Tjin. Orangnya Gak Sombong dan Angkuh ,Enak Diajak Diskusi, dan satu hal lagi Gak Merasa Senior meski Beliau sudah Expert …
Tks Bro, jgn bosen2 ya bimbing junior2nya yg masih awam di Dunia Photography

Alam Yusuf.

Dengan segala hormat, website anda membuka mata saya terhadap beberapa pandangan tentang kamera. Terutama bagi para pemula seperti saya.
Berguna??? Sangat!
Terimakasih.

Buan Yohanda.

Eitt, Ko Enche adalah orang pertama yg bikin aku berani pegang camera.
Dia “cuma” ngajarin gak perlu takut dengan fg yg punya gear bagus.
Jadi ya..gitu deh

Icha Syakur.

Terimakasih Om Entje. Kapan2 kl mau beli barang saya consult ke infofotografi deh….yg gak sekedar jualan tapi layanan info bagus. Maklum alat fotografi rentang harga dari relatif murah hingga mahal. Tanpa info yg memadai bisa salah beli…nyesel.

Trims Om Enche!

Mardjoko.

Untuk kursus kilat dan workshop fotografi

Thanks koh Enche Tjin atas ilmunya, sangat bermanfaat sekali buat aku yang masih awam soal fotografi. Semoga aku gak lupa sama ilmu-ilmunya dan bisa aku praktikkan dalam kehidupan berfotografi

Erlangga – Lampung

Saya merasa lebih yakin mengunakan kamera DSLR dan lebih memahami tombol dan fungsi utamanya. Satu-dua minggu kedepan saya aakan pelajari dan telusuri lagi sekaligus berusaha untuk praktik di rumah. Besar harapan saya bisa ikut kelas Basic Photography bulan depan.

Sonam Dodani.

Terimakasih atas semua ilmunya selama 6 bulan ini, bahagia rasanya bisa menjadi bagian dari infofotografi, serasa semakin dekat walaupun belum pernah bertatap muka. Semoga Tuhan mengizinkan saya untuk bisa bertemu secara langsung dengan keluarga infofotografi.

Eris Risnoto, peserta kursus online fotografi

Kemarin pertama kali gw ikut workshop lapangan. Awalnya deg2an gimana kalo gw paling bloon dan fotonya gak ada yang bagus.. Maklumlah baru bulan lalu selesai ikut kelas basic di Infofotografi. Tapi ternyata kegiatannya menyenangkan, mentornya sabar, arahannya jelas dan banyak masukan serta ilmu yang berharga. Langsung gak sabar mau ikutan workshop berikutnya. Terima kasih Wira dan Enche buat bimbingannya.. You are definitely great teachers.

Vara Deliasani.

Terimakasih Pak Enche atas masukkannya, Senang sekali saya dapat banyak ilmu selama kursus ini, dan sangat bermanfaat untuk semakin menaikkan skill saya, kalau berkunjung ke Belitung info ya Pak, biar saya temenin Pak. Sekali lagi Terimakasih telah berbagi ilmu dengan saya

Agus Syafiudin, peserta kursus online fotografi.

Terimakasih banyak atas bimbingan & masukan yg sangat berarti selama 6bln ini. Sebuah kehormatan bagi saya bisa belajar dari para ahli & bisa dipublish di web juga hehe.. Ada harapan utk bisa join tur Infofotografi ke depannya, sehingga bisa berinteraksi langsung dg para mentor. Semoga terkabul.

Jenvendes, peserta kursus online fotografi.

Tak terasa 2 tahun berjalan saya menyukai photography.
Berawal dari bertemunya dengan Infofotografi.com, disinilah saya mendapatkan ilmu photography yang menanamkan dasar photography yang benar. Special thanks for My Master Enche Tjin, Erwin Mulyadi utk ilmunya..
Tks utk rekan-rekan photographer Alumni Infofotografi.com, utk sharing canda, tawa dan ilmunya

Wahyu Nata.

Buat yg mau belajar editing bisa ikut workshop pak Enche nih materinya bagus buat fotografer. saya sendiri pernah ikut workshopnya. Sukses Selalu Pak Enche Tjin!

Puja Wijaksono.

Thanks, foto2 b&w saya bisa lebih maksimal setelah belajar LR dengan Enche Tjin

Momi Hendro Poernomo.

“Di bawah bimbingan mentor pak Enche Tjin dan Pak Erwin Mulyadi .. orang awam tentang fotografi pun rasa rasanya mampu menjadi Mahir.. Modul 1 s.d. 10 (kursus jarak jauh) sudah merupakan modal berharga bagi awam yang berminat untuk menjadi fotografer Professional…. setelah ikut kursus ini saya jadi ingin Upgrade Kamera ke semi Pro….. dijamin tidak menyesal bagi yang ingin ikut kursus di infofotografi.com”

Liwatul Haq, peserta kursus online.

Selamat Pagi, maaf kalau saya mau mengabari bahwa saya sudah sampai di Aceh kemarin siang, terima kasih atas segalanya terutama ilmunya, sungguh banyak sekali manfaat yang saya dapatkan dari teman-teman infofotografi.com dan mohon dikonfirmasi facebook saya.

Zaini, Lhoksemauwe.

Thank you so much koh Enche Tjin & koh Roe for great session yesterday! indeed, it’s fun, gained lot of knowledge about tips, technics & approaches of street photography.

Adis Dewi.

Selesai Workshop portrait model, lumayan capek. Tapi sangat menyenangkan, suasana yg hangat gak bikin kita canggung satu sama lain. Dpt banyak ilmu dan pengalaman juga. Thankyou smua nya… ^,^

Chairunissa.

– Trainer sangat menguasai bahan
– Trainingnya tidak monoton (kaku)
– Bisa sharing pengetahuan di luar materi seperti kamera, lensa, dll
– Contoh-contoh memadai

Muh. Akbar.

Thanks ilmu kupas tuntasnya…sangat bermanfaat dan mudah di cerna bos….kl saya ngga ada acara ke luar kota sabtu depan saya ikut lagi……….ilmu dari bos mudah di cerna, Bos dan pak Erwin bahasanya sangat mudah di mengerti tx alot……………

Rons Njo.

Makasih buat brow Enche, Erwin Adi Setyo dan team yang sudah dengan sabar, telaten memberikan bekal “cara memotret dan melihat dengan intuisi yang pada akhirnya kami semua bisa mendapatkan perspektif yang berbeda dengna subjek foto yang sama. Kebersamaan, ikhlas untuk berbagi dengan tingkat kedewasaan nomor satu. Saam hormat buat semua termasuk saudaraku yang baru…

Thomas Sebastianus.

Alhamdulliah Setelah mengikuti materi photographer pemula ini, banyak dapat pengetahuan dan informasi tentang fotografi. Materi yang disampaikan cukup padat dan praktek juga cukup baik. Untuk kelanjutan mohon Pak Enche pantau kami ini dan bimbing kami.

Sharizal – Ambon.

Untuk Buku Kamera DSLR itu Mudah

Mas saya udh baca buku yang fotografi itu mudah, bukunya bagus sekali mas.

Muh. Rifki.

Ketemulah dengan sebuah buku Kamera DSLR itu Mudah karangan Enche Tjin dari sekian banyak buku yang bisa kita pilih. Alasan saya memilih buku ini karena dalam resumenya lebih fokus untuk memilih sebuah kamera dan lensa serta asesorisnya.

Setelah membaca buku dan menonton videonya, diterangkan dengan jelas selain cara memilih kamera untuk pemula juga kita memperoleh tentang tips-tips dasar fotografi, pengenalan dan setting kamera, lensa, pengaturan pencahayaan, hingga komposisi. Disampaikan juga dalam bentuk video sehingga apa yang ditunjukkan dalam buku diperkuat lagi penjelasannya dalam video. Lain hal tentu saja buku ini sangat murah, kurang dari Rp 50.000,- saya sudah bisa mendapatkan buku ini berikut videonya sebagai bonus.

Blogger Pemula.

Hanya sekedar saran, “Kamera DSLR Itu Mudah” wajib di jual di setiap toko2 yang menjual kamera, karena tahun lalu sewaktu saya pusing di toko kamera mau beli kamera apa ya yang cocok untuk saya ? Accessories apa ya yang saya perlukan untuk kebutuhan saya moto ? susah cari info yang sangat membantu malah kebanyakan tanya2 ke temen2 bikin pusing, hehehe bukan promo loh….. buat rekan2 yang mau beli kamera & accessoriasnya, beli buku ini dulu. Pasti sangat membantu & penjelansanya lengkap untuk belajar moto yang benar, jangan baca buku manual si kamera yang di beli dulu bikin stress (pengalaman saya).

Nina Scmidth.

Saya sudah baca bukunya dan putar cd-nya…makasih banyak om ilmunya, sekarang ilmu fotografi saya bertambah..

Junaedi – Belitung.

Buku Enche Tjin memang selalu menjadi buku rekomendasi saya bila ada orang bertanya…Buku fotography mana sih yg bagus diantara begitu banyak buku2 fotography di Gramedia? Maka saya akan jawab buku karangan Enche Tjin, alasannya bukan karna Enche guru saya…tapi memang tulisan atau bahasa di buku Enche lebih gampang di cerna (Saya sudah bandingkan dgn buku2 fotography lainnya yg saya punya) Oleh krn itu, utk pemula yg sgt ingin belajar fotography, saya rasa buku Enche adalah buku wajib yg sangat layak utk di koleksi dan dibaca tentunya… 🙂 *Saya gak dapat persenan lho dari Enche..hanya ingin sekedar berbagi aja… 🙂

Khimberly Tjin.

Sangat bermanfaat, tulisannya detil, mengalir, dan tulus tanpa ada yang ditutupi.. saya sudah beli 2 buku karya Koh Enche Tjin.. dibaca berulang-ulang dan jujur saya berani belajar settingan manual dari buku tersebut.. Hasil foto lebih bagus dan memotret jadi kegiatan yang mengasikan.. Tks atas karya-karyanya…

B. Santoso

Untuk tour fotografi

Terima kasih untuk Enche dan semua teman-teman atas kebersamaannya selama tour. Kami sangat puas untuk itinearay, spot dan kulinernya. Mudah-mudahan bisa bertemu lagi di acara lain.

Hasandi & Istri

Terima kasih untuk Mas Erwin dan Koh Enche yang telah memberikan pembelajaan dan mentoring kepada saya sehingga saya bisa fotografi. SAya sangat senang karena guru-gurunya pinter dan komunikatif. Mudah-mudahn saya bisa ikut di pelajaran/foto trip lainnya.

Dian C.

Perjalanan ke India ini seru banget, pertama yang gw takutin tentang makanan, karena selama ini kesan gw gasuka dengan makanan India, ternyata enak atau enak banget, kecuali dessert, yang manis buanget. Gw pikir New Delhi panas udara nya, ternyata waktu gw kesana karena winter, jadi dingin banget.  Yang gw ga paham juga lalulintas nya, klakson ga berhenti bunyi. Tapi mengenai peninggalan seperti Tajmahal dan mesjid Jamaa itu keren buanget dan masih banyak lagi yang keren.  Jadi tour kali ini seru dan asik, extreme adventure 😂😂, kalau kata gw…

Rieke D. Riyanti.

Terima kasih semuanya… baru pertama kali ikutan.. but surely not the last.. looking forward untuk ikutan di acara-acara selanjutnya.. sharing ilmunya bermanfaat banget buat newbie kaya saya. Kerenlah pokoknya

Syara D.

Good morning and thanks for trip yg menyenangkan. Tks untuk bimbingan pak Enche n pak Erwin… Buat aku pertama kali trip fotografi dimana semua bawa tripod… 🙂 🙂

Sita Gramich.

Thanks untuk p Enche dan p Erwin untuk bimbingannya. Ii trip fotografi pertama juga ntk sy dan Felicia … sungguh2 sangat menyenangkan .. sampai-sampai trip ini sangat berkesan sekali buat anak saya (jempol)

Fitri Nanindra & Felicia.

Makasih Ko Enche Tjin, Cie Iesan Liang & Tante Felicia Limida dah mengajak kami sampai Sawarna serta mengurus kami semua selama di sana. Makasih juga pada teman2 peserta tur….meskipun menempuh waktu cukup lama disertai pengalaman2 yang cukup memacu adrenalin, namun hal itu menjadikan trip menjadi sangat berkesan n kami semua menjadi akrab, happy & penuh canda. Sampai bertemu di trip berikutnya & salam sukses untuk semuanya 🙂

Enrico – Berlin.

Jadi semangat deh belajar motonya.. Hehe.. Makasih juga buat ko Enche dan mas Adi yang udah sabar ngajarin aku selaam trip dan semua temen-temen seperjalanan yang sudah banyak kasih aku masukan dan sharing ilmunya.

Miranti – Jakarta.

Trm ksh sdh buat acara tour ini, sdkt kendala ga masalah itu normal dlm sebuah gawe besaar dan melibatkan orang banyak dengan berbagai prilaku. sukses buat Enche Tjin, Iesan Liang, Felicia Limida,Erwin Mulyadi, dan kami semua tentunya. kapan ngadain lagi, ditunggu infonya.

Nurdin Abdul Rivai – Samarinda.

Wahh masih bangun ko? maaf ganggu malam-malam, foto panorma/ tujuan wisata Indonesia mau dijadikan untuk kalendar katanya, yang ditawar foto-foto tour Jokja kemarin sama Bali yang saya pergi setelahnya, kirim message ini sekalian untuk bilang terima kasih tidak mungkin sampe bisa ada yang mau beli foto-foto “aneh” itu jika bukan dari ilmu ko Enche XD

Hanna Nabila – Jakarta.

Terimakasih mas Erwin Mulyadi kesabarannya membimbingkuu 🙂 See u … (Dalam rangka tour Subang – Purwakarta)

Sylvia C – Jakarta.

Tempat yang didatangi bagus semua berkat yang bawa kita yaitu Enche Tjin (Dalam rangka tour Jiuzhaigou, Sichuan, China 2015)

Hartono Ang, Semarang.

Selamat pagi semua, terus terang perjalanan kemaren sangat mengesankan, terimakasih pak Erwin yg sudah susah payah membawa kita2, dan terimakasih rekan2 semua. Terimakasih juga buat infofotografi.

Eko Dewanto.

Thank’s mas Erwin, Sawarna merupakan kenangan yang sangat mengesankan

Wijaya Khoe.

Tq buat mas Erwin yang sudah mentoring saya karena lupa lama gak motret dan akomodasi yang nyaman

Toosy.

Untuk buku Fotografi itu Mudah: 100+ Tip dan trik dunia fotografi

Trims sangat berkesan sekali membaca bukunya bapak Enche Tjin judul fotografi itu mudah. Trims telah berbagi informasi krn dari buku itu dunia semakin bewarna salam kenal bapak guru.

Adnan Ary.

Untuk buku Lighting itu Mudah

Buku ini membantu banget buat saya dalam belajar dasar2 lighting, thanx’s!

Gus Budha.

Pak enche…saya ada baca buku anda tentang lighting amat membantu skali, trimakasih.

Jimmy.

Saya telah membaca buku anda yg lighting itu mudah, abis baca tuh buku saya langsung mengerti soal lighting..Terus berkarya….

Pak Enche saya punya buku bapak., “lighting itu mudah”. Saya suka buku itu, uraiannya membuat yang teknis menjadi lebih mudah difahami.

Untuk buku travel photography itu Mudah

Sangat menarik karena disajikan dengan bahasa yang mudah dimengerti dan ‘mengalir’, disertai contoh2 serta tambahan penting. Banyak pengetahuan yang diperoleh. Itu pengalaman pribadi saya.

Santy C.

Testimonial wedding photography

Dear Enche Tjin Photography, First I chose ko enche photography because my brother budi recommend me and steve, when we looked to his website… I instantly fell in love with his dance shots, I was so amazed and said ‘wow’ I definitely want him to be my wedding photographer and also ko benz.. On my wedding day, I was so surprised that ci lesan also wants to help, ‘wohooo I got additional photographer’ awesome, they are so kind, humorous, helpful, punctual and easy to work with.. The photos are awesome, both candid, and formal, beyond our imagination. We also got another surprise, we are sent our wedding photo slideshow made by ci lesan, so beautiful, best gift ever. Ko enche, Ko benz, and ci lesan thank you, you made our special day memorable and unforgettable, thank u for make it in time, so we can see and bring our wedding picture to singapore. We are fully satisfied and blessed. God bless and love always,

Steve and Liana.

Hi, thank you much for the great photos of our wedding. They are nice. U are very talented and have good sense of art.

Michael & Iin.